Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil, Apakah Makan Pisang Aman Saat Hamil?

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil – Kehadiran buah hati yang sehat merupakan idaman setiap keluarga. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kehamilan agar nantinya ibu maupun bayi dalam kandungan tetap sehat sampai waktu melahirkan tiba. Salah satu caranya dengan memenuhi asupan gizi seperti dengan memperbanyak makan buah dan sayuran.

Bila Anda sedang mencari daftar buah-buahan yang baik dikonsumsi saat hamil, mungkin salah satu pilihan Anda adalah buah pisang. Wajar saja karena buah pisang ini termasuk buah yang murah, mudah didapat, memiliki rasa enak, namun tetap memiliki banyak manfaat kesehatan.

Walaupun banyak yang menyebutkan banyak manfaat pisang untuk ibu hamil, namun tetap saja mungkin muncul pertanyaan di benak Anda, apakah mengkonsumsi buah pisang saat hamil ini benar-benar aman dan sehat?

Untuk menjawab pertanyaan tsb, pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan mengulas mengenai aneka khasiat dan manfaat pisang untuk ibu hamil dan janinnya serta adakah bahaya memakan pisaang saat hamil.

manfaat pisang untuk ibu hamil

manfaat pisang untuk ibu hamil (image: hxcorp.com.vn)



Baca juga: Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil?

Buah pisang merupakan sumber makanan yang kaya kalsium, kalium dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh sehingga menjadikan buah pisang ini dapat Anda konsumsi kapan saja tanpa perlu rasa khawatir.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan khasiat makan pisang bagi ibu hamil yang perlu diketahui:

Buah Pisang Itu Kaya Asam Folat

Asam folat sangat penting untuk perkembangan saraf, otak dan saraf pusat pada pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat pada masa kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur atau cacat lahir pada bayi. Nah salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah menyediakan asam folat yang mudah diserap oleh janin.

Sumber Kalsium

Manfaat kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan rangka pada anak-anak maupun orang dewasa. Selain ditemukan di susu ataupun produk susu olahan lainnya, kalsium juga ditemukan di buah-buahan, salah satunya di buah pisang. Manfaat pisang untuk ibu hamil adalah dengan menyediakan sumber kalsium sehat untuk perkembangan tulang pada janin Anda.

Sumber Antioksidan

Khasiat buah pisang bagi ibu hamil lainnya adanya sebagai sumber vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini, melawan radikal bebas penyebab aneka penyakit, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber Protein

Manfaat konsumsi buah pisang saat hamil juga menyediakan asupan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan. Bila Anda vegetarian, makan buah pisang pun dapat dijadikan alternatif sebagai sumber protein selain makan kacang-kacangan.

Mengurangi Anemia

Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah anemia (kekurangan sel darah merah). Kondisi ini bila dibiarkan dapat memicu komplikasi pada tahap akhir usia kehamilan bahkan saat melahirkan. Masalah ini dapat diatasi dengan cara konsumsi makanan yang kaya zat besi maupun dari suplemen bila diperlukan. Sumber zat besi alternatif yang ada dalam buah-buahan merupakan salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil.

Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan gangguan yang sering muncul saat hamil. Untuk mengatasi susah buang air besar ataupun mengatasi perut kembung secara alami, Anda dapat menggunakan buah pisang. Manfaat pisang untuk ibu hamil ini dikarenakan kandungan seratnya yang dapat melancarkan pergerakan saluran pencernaan.

Meningkatkan Pertumbuhan Sel Darah Merah

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya adalah merupakan sumber vitamin B6. Vitamin B6 merupakan zat neurotransmitter juga meningkatkan pertumbuhan sel darah merah di tubuh.

Mengurangi Mual

Kebanyakan ibu hamil muda mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual-mual di pagi hari. Manfaat pisang untuk ibu hamil dapat meredakan rasa mual dan mengurangi morning sickness.

Menstabilkan Tekanan Darah

Tingginya tekanan darah saat hamil seringkali terjadi dan bila dibiarkan dapat memicu komplikasi kehamilan yang dapat berbahaya. Selain dengan dengan menghindari stress, rasa cemas, tingginya tekanan darah pun dapat diatasi dengan konsumsi makanan yang sehat rendah garam dan tinggi kalium. Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah menyediakan asupan kalium tinggi yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga dapat mengurangi kram otot dan nyeri kaki saat hamil.

Meningkatkan Energi

Buah pisang merupakan superfood yang dapat menyediakan energi instan secara cepat. Makan 1 buah pisang dengan segelas susu dapat dikatakan telah makan penuh loh!

Buah pisang mengandung 3 jenis gula alami yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa yang merupakan sumber energi yang baik untuk segala umur.

Manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat menyediakan energi yang diperlukan oleh ibu hamil dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol Darah

Penting sekali menjaga kadar gula dan kolesterol darah saat hamil terutama bila Anda menderita diabetes. Mengkonsumsi buah pisang saat hamil dapat membantu menstabilkan gula darah dan kolesterol.

Mengatasi Stress Secara Alami

Tidak ada banyak yang tahu bila salah satu khasiat buah pisang adalah merupakan penghilang stress alami. Sementara ibu hamil sering kali merasa cemas dan stress yang dapat berbahaya pada tumbuh kembang janin. Manfaat pisang untuk ibu hamil dapat mengurangi kecemasan, memperbaiki mood, dan meredakan stress. Tidak percaya? Silahkan dibuktikan sendiri :)!

Baik Juga Untuk Ibu Menyusui

Di atas sudah dijelaskan beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil. Ternyata selain memberikan manfaat kesehatan bagi bumil, terdapat juga manfaat konsumsi buah pisang untuk ibu menyusui. Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh busui juga harus diperhatikan karena akan menjadi sumber makanan bagi bayi yang diberikan ASI. Oleh karena itu konsumsi makanan sehat seperti buah pisang sangat baik untuk memberikan nutrisi yang diperlukan untuk bayi dan ibu menyusui.

manfaat pisang bagi kesehatan

khasiat dan manfaat pisang bagi kesehatan (image: ducklol.com)

Baca juga: Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil, Betulkah Dapat Memperlancar Persalinan?

Apakah Makan Buah Pisang Saat Hamil Itu Aman?

Buah pisang termasuk buah yang kaya nutrisi dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja baik oleh bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Anda tak perlu takut mengkonsumsi buah ini karena selain rasanya enak, kaya nutrisi, juga aman untuk tubuh Anda.

Walaupun banyak manfaat pisang untuk ibu hamil dan dapat dikatakan aman dikonsumsi di segala macam usia, namun konsumsi buah pisang janganlah berlebihan karena masih banyak buah-buahan lain yang enak dikonsumsi juga.

Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah pisang, yaitu:

  • Banyak wanita yang mengalami alergi pada buah pisang. Bila Anda termasuk salah satunya, sebaiknya hindari makan buah pisang atau konsultasikan dulu pada dokter Anda.
  • Sebaiknya pilih buah pisang organik sehingga Anda terhindar dari bahaya zat kimia dan pestisida.

Berapa Banyak Buah Pisang Dapat Dikonsumsi Saat Hamil?

Para peneliti dari Eropa menyarankan konsumsi 2-3 buah pisang per hari masih aman untuk menjaga kadar kalium dalam darah selama kehamilan, menurunkan risiko penggumpalan darah, dan mencegah stroke.

Nah itulah ulasan seputar khasiat dan manfaat pisang untuk ibu hamil. Walaupun aman dikonsumsi oleh ibu hamil namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter bila Anda memiliki riwayat penyakit alergi. Semoga informasi di atas bermanfaat …

Sumber Referensi: www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-banana-during-pregnancy_00102368/

Leave a Reply

error: Content is protected !!