Betulkah Penyebab Sering Menguap Adalah Penyakit Tertentu? Yuk Cek Infonya Disini!

Penyebab Sering Menguap Berlebihan – Siapa yang tak pernah menguap? Menguap merupakan suatu hal yang normal dan wajar serta biasanya terjadi begitu saja. Biasanya menguap terjadi sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Kebanyakan orang menganggap bahwa menguap menandakan seseorang sedang lelah atau sedang bosan.

Namun bagaimana dengan menguap yang terus menerus? Apakah betul penyebab sering menguap adalah pertanda penyakit tertentu? Penyebab menguap yang berlebihan sering dikaitkan dengan adanya gangguan kondisi tubuh seperti adanya gangguan tidur, gangguan jantung, dll.

Nah bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyebab sering menguap, apakah wajar atau tidaknya, yuk simak ulasan berikut ini ..

penyebab sering menguap ternyata penyakit

penyebab sering menguap ternyata penyakit (image: thesleepdoctor.com)



Baca juga: Benarkah Penyebab Sering Kentut Adalah Hal Serius?

Apa Saja Yang Dapat Menyebabkan Seseorang Menguap?

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab menguap yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Perubahan Kondisi

Pada umumnya, yang menyebabkan menguap adalah karena ada perubuhan kondisi tubuh, seperti:

  • Sebelum tidur : menguap merupakan tanda saatnya tidur
  • Saat bosan : menguap dapat terjadi saat Anda mengerjakan itu-itu saja, dan menguap merupakan tanda adanya transisi otak dari tingkat kewaspadaan tinggi ke yang lebih rendah
  • Setelah olahraga : menguap merupakan pertanda adanya perubahan tingkat energi di otak dari tinggi ke rendah

Orang juga dapat dengan mudah menguap bila berpindah tempat dari lokasi bertekanan lebih tinggi ke area yang lebih rendah tekanannya. Alasannya karena tekanan tsb menumpuk di gendang telinga dan diperlukan menguap untuk melepaskannya. Oleh karena itu bila Anda sedang saat dalam perjalanan dan merasa kuping Anda budeg, cobalah untuk menguap untuk mengatasinya.

Fungsi Pernapasan

Menguap juga dapat saja berperan dalam membantu pernapasan. Penyebab mudah menguap bisa jadi karena darah sedang memerlukan oksigen. Menguap dapat membantu pengambilan udara yang lebih banyak dan mempercepat detak jantung yang artinya pompa darah ke seluruh tubuh lebih banyak. Menguap juga dapat membantu menghilangkan racun pada darah dan menggantinya dengan oksigen segar dari udara.

Untuk Mendinginkan Otak

Penyebab menguap lainnya sebagai pertanda bahwa otak kita sedang panas dan perlu pendinginan. Menguap dapat meningkatkan aliran darah di muka dan leher. Menguap juga dapat mempercepat detak jantung sehingga menyebabkan aliran darah dan spinal lebih cepat. Proses inilah yang dapat mendinginkan otak yang sedang kepanasan.

Karena Melihat Orang Lain Menguap

Saat Anda melihat orang lain menguap apalagi orang tsb adalah orang terdekat Anda biasanya tanpa sadar Anda pun akan ikut-ikutan menguap. Para peneliti mempercayai hal ini terjadi karena adanya rasa empati

Itulah beberapa penyebab menguap yang diyakini oleh para ahli. Sementara penyebab menguap lainnya masih belum diketahui dengan pasti.

Apa Saja Penyebab Sering Menguap?

Biasanya menguap merupakan sesuatu hal yang tak perlu dikhawatirkan. Namun bila berlebihan, sebaiknya Anda hati-hati karena penyebab terlalu banyak menguap bisa jadi adalah gangguan kesehatan dan memerlukan perhatian medis.

Saraf vagus yang menghubungkan tenggorakan dan perut ke otak dapat menyebabkan menguap berlebihan saat berinteraksi dengan pembuluh darah. Kondisi ini disebut reaksi vasovagal dan merupakan pertanda adanya gangguan tidur atau gangguan otak. Kondisi ini pun dapat menjadi tanda gangguan jantung seperti serangan jantung atau gangguan pada aorta.

Walaupun penyebab sering menguap belum diketahui secara pasti, namun kondisi tsb dapat mengindikasikan:

  • Mengantuk dan kelelahan
  • Gangguna tidur seperti insomnia dan sleep apnea
  • Efek samping dari pengobatan tertentu seperti obat yang digunakan untuk mengobati depresi atau kecemasan.
  • Pendarahan di sekitar jantung

Meskipun jarang, penyebab sering menguap juga bisa juga disebabkan oleh kondisi:

  • Adanya tumor otak
  • Adanya serangan jantung
  • Epilepsi
  • Multiple sclerosis
  • Gagal hati
  • Ketidakmampuan tubuh mengontrol suhu tubuh

Mengantuk

Penyebab sering menguap yang pertama adalah karena mengantuk. Mengantuk biasanya terjadi karena adanya gangguan tidur atau karena merasa lelah.

Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana orang tsb susah untuk tidur atau tidak dapat tidur nyenyak. Kondisi ini pun menjadi salah satu penyebab menguap berlebihan.

Kelelahan

Tubuh yang lelah, lemas, ataupun kurang energi seringkali menjadi penyebab sering menguap.

Central Sleep Apnea

Penyakit gangguan tidur ini terjadi saat Anda berhennti bernapas saat tidur. Kondisi ini dapat terjadi berulang kali saat tidur. Gangguan pernapasan ini dapat mengindikasikan adanya gangguan dalam pemberian sinyal otak dimana otak lupa untuk memerintahkan otot untuk bernapas. Kondisi ini pun merupakan salah satu penyebab sering menguap yang perlu diwaspadai.

Kegemukan

Gaya hidup tak sehat seringkali menjadi penyebab kegemukan. Orang yang kegemukan memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit serius seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Bila saat ini Anda memiliki berat badan berlebih, mungkin saja kondisi Anda inilah yang menjadi penyebab mudah menguap yang sering Anda alami.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Kegemukan dan Bagaimana Cara Mengatasi Obesitas?

Serangan Jantung

Penyebab sering menguap berikutnya adalah sebagai pertanda adanya serangan jantung. Saat serangan jantung terjadi, aliran darah yang biasanya menutrisi jantung berhenti dan akibatnya otot jantung pun mulai mengalami kematian. Nah bila Anda merasakan sesak napas dan nyeri dada, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter terdekat untuk menghindari bahaya yang lebih fatal.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi dan Mencegah Serangan Jantung Agar Tidak Kambuh Kembali!

Stroke

Penyebab sering menguap yang terjadi dan harus diwaspadai adalah stroke. Stroke terjadi saat aliran darah ke otak terhenti. Kondisi ini memerlukan penangan medis segera.

Aortic Dissection

Penyebab menguap berlebihan berikutnya adalah aortic dissection. Penyakit ini terjadi karena adanya robekan pada aorta, sehingga darah mengalir di antara dinding-dinding aorta. Aorta sendiri merupakan pembuluh darah arteri paling besar yang ada di tubuh kita yang membawa darah dari jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Kondisi ini pun perlu mendapatkan penanganan medis segera.

Epilepsi

Epilepsi merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan kejang-kejang secara berulang. Penyebab sering menguap yang Anda alami bisa jadi adalah penyakit ini.

Multiple Sclerosis (MS)

Penyebab terlalu banyak menguap bisa juga adalah penyakit MS. Penyakit MS merupakan salah satu gangguan pada sistem saraf pusat, dimana sistem imun justru menyerang serabut saraf myelin. Akibatnya terjadilah peradangan, jaringan parut, atau luka pada tubuh. Penyakit ini biasanya ditandai dengan kelelahan dan kesulitan berjalan.

Cara Mendiagnosis Penyebab Mudah Menguap Berlebihan

Untuk memastikan penyebab terlalu banyak menguap, dokter biasanya akan menanyakan kebiasan tidur. Bila penyebab mudah menguap tsb bukanlah gangguan tidur, dokter pun akan melakukan EEG (electroencephalogram) yaitu untuk memeriksa aktivitas elektrik di otak. Dokter pun dapat melakukan scan MRI untuk mengetahui fungsi jantung, dan memeriksa apakah adalah gangguan otak dan spinal.

Cara Mengatasi Menguap Berlebihan

Jika obat-obatan tertentu yang menjadi penyebab sering menguap, dokter akan menyarankan penggunakan dosis rendah untuk mengurangi gejala menguap yang muncul. Dokter pun mungkin akan menyarankan menggantinya dengan jenis obat lain.

Jika gangguan tidur merupakan penyebab mudah menguap berlebihan, dokter akan menyarakan terapi sbb:

  • Menggunakan alat bantu pernapasan
  • Menganjurkan olahraga untuk mengurangi stress
  • Menyarankan untuk memiliki jadwal tidur yang teratur

Jika penyakit lainnya seperti serangan jantung, epilepsi, atau gagal hati, dll yang menjadi penyebab sering menguap berlebihan, maka lakukan pengobatan pada penyakit tsb.

Nah itulah informasi seputar beberapa kemungkinan penyebab sering menguap yang penting diketahui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: www.medicalnewstoday.com/articles/318414.php ; www.healthline.com/symptom/excessive-yawning

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

menguap -menguap adalah -sebab sering nguap -

Leave a Reply

error: Content is protected !!