Tabir Surya Alami Menggunakan Minyak Kelapa, Ini Resep dan Khasiatnya!

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Minyak kelapa memang memiliki khasiat tabir surya tertentu, namun jika Anda serius melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari, sebaiknya jangan menggunakan minyak ini sebagai satu-satunya bentuk perlindungan Anda. Ini tidak cukup melindungi kulit dari radiasi, yang merupakan penyebab utama kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Meskipun Anda mungkin melihat minyak kelapa sebagai bahan dalam berbagai tabir surya, namun bila hanya satu komponen ini yang digunakan maka bahan ini tidak dapat menggantikan zat lain yang memberi perlindungan SPF tingkat tinggi. Menariknya, minyak kelapa sebenarnya adalah salah satu zat terbaik untuk mengobati sengatan matahari, tapi tidak mencegahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak tabir surya tradisional mendapat kecaman karena tingginya tingkat bahan pengawet kimia dan zat aditif lainnya, yang mungkin memiliki efek buruk pada kulit dalam jangka panjang. Namun, melindungi diri dari melanoma, bentuk terburuk dari kanker kulit, jauh lebih penting daripada menghindari kontak topikal dengan bahan kimia berpotensi abrasif. Selanjutnya, beberapa orang bahkan berpendapat bahwa tabir surya tidak melindungi terhadap kanker, tapi itu sama sekali tidak benar. Tidak ada tabir surya di pasaran yang dapat melindungi terhadap semua radiasi matahari (baik UVA dan UVB), namun semakin tinggi SPF, semakin besar persentase proteksi, yang pasti dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit.

Ada banyak cara lain untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari pada kulit, termasuk mengenakan pakaian pelindung sinar matahari , seperti topi bertepi lebar, lengan panjang, dan penghindaran sinar matahari yang sederhana, terutama pada jam-jam puncak sinar matahari, dari jam 10 pagi sampai 14 dimana terdapat radiasi matahari terkuat.

Baca juga: Cara Membuat Masker dari Minyak Kelapa

Berapakah SPF Tabir Surya Alami Minyak Kelapa?

Menurut penelitian, minyak kelapa memiliki SPF alami antara 1 dan 8, tergantung pada jenis minyak yang Anda gunakan. Sementara menurut American Academy of Dermatology merekomendasikan agar Anda menggunakan SPF 30 atau lebih tinggi jika Anda mencoba melindungi kulit dari radiasi matahari yang berbahaya. SPF 30 akan melindungi Anda dari sekitar 97% sinar matahari, sedangkan minyak kelapa hanya melindungi kulit Anda sekitar 20% saja dari bahaya sinar matahari.

Bila Anda mengubahnya menjadi waktu, ini berarti bahwa cakupan penuh tubuh Anda dengan minyak kelapa hanya akan mencegah sengatan sinar matahari dan kerusakan radiasi sekitar 10-15 menit, asalkan Anda tidak berenang atau berkeringat, yang akan menurunkan jumlah waktu bahkan lebih lanjut. Cukuplah untuk mengatakan, penggunaan minyak kelapa mungkin tampak seperti pilihan berpikiran maju, terutama bagi mereka yang menggunakan minyak untuk aspek kesehatan lainnya, namun tidak boleh hanya diandalkan sebagai tabir surya.

Tabir Surya Alami Menggunakan Minyak Kelapa

Tabir Surya Alami Menggunakan Minyak Kelapa



Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Stretch Mark

Apakah Minyak Kelapa Baik untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Minyak kelapa baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari, karena dapat mengkondisikan dan melembabkan kulit saat Anda berjemur, yang akan mencegah kekeringan dan sebagian kemerahan yang biasanya Anda alami dari sengatan sinar matahari. Namun, dengan SPF rendah seperti itu (biasanya antara 1 dan 8), Anda tidak akan menginginkan minyak ini menjadi satu-satunya yang Anda aplikasikan ke kulit Anda. Penting juga bahwa Anda juga menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi, yang akan menghalangi sebagian besar sinar matahari yang paling berbahaya. Inilah sebabnya mengapa banyak tabir surya dan lotion tanning mengandung minyak kelapa, karena memberi banyak nutrisi ke kulit, tapi seharusnya tidak diandalkan dalam bentuk murni!

Sementara beberapa orang berpikir bahwa tabir surya akan mencegah mereka mendapatkan cokelat apapun, minyak kelapa dapat memperbaiki penampilan kulit Anda, dan menjaga kulit Anda tetap berkilau, bukan gelap dan kusam, yang seringkali bisa terjadi saat penyamakan. Seperti yang disebutkan, bagaimanapun, yang terbaik adalah selalu menggabungkan minyak kelapa (baik dalam bentuk semprotan atau krim) di bawah tabir surya SPF 30 lapis kedua, atau Anda tidak akan terlindungi dari sinar matahari yang berbahaya selama lebih dari 10-15 menit.

Baca juga: Minyak Kelapa Untuk Eksim

Dapatkah Anda Membuat Tabir Surya Buatan Sendiri dari Minyak Kelapa?

Membuat tabir surya alami menggunakan minyak kelapa sah-sah saja, namun ingat harus dikombinasikan dengan sejumlah bahan lain dan minyak alami jika Anda menginginkan perlindungan yang sebenarnya terhadap sinar matahari. Berikut adalah resep sederhana yang menggabungkan minyak dengan tingkat SPF yang lebih tinggi, serta beberapa bahan umum dari tabir surya tradisional yang relatif mudah didapat.

Resep Tabir Surya Alami Menggunakan Minyak Kelapa

Bahan:

  • 1/2 cangkir minyak kelapa organik
  • 1/4 cangkir minyak jojoba
  • 1/2 cangkir butter shea
  • 2 sendok makan lilin lebah (beeswax)
  • 2 sendok makan bubuk seng oksida (umum di tabir surya lainnya, memberikan banyak perlindungan dari radiasi UV)
  • 5-10 tetes minyak esensial (misalnya lavender, vanilla, berdasarkan preferensi aroma)

Cara membuat tabir surya alami menggunakan minyak kelapa

  1. Lelehkan minyak kelapa, minyak jojoba, butter Shea dan lilin lebah dalam panci ganda, atau panaskan mereka dalam mangkuk kaca di atas panci air mendidih yang lebih kecil.
  2. Setelah campuran dilelehkan, tambahkan sambil aduk lembut bubuk seng oksida ke dalamnya.
  3. Letakkan campuran di kulkas selama 10-20 menit dimana campuran belum sepenuhnya mengeras.
  4. Tambahkan minyak esensial yang Anda pilih untuk memperbaiki aroma ke dalamnya.
  5. Dengan mixer tangan, aduk campuran selama 5-6 menit sampai campuran menghalus dan mengembang.
  6. Simpan tabir surya buatan sendiri ini ke dalam wadah gelas kedap udara, sebaiknya di lemari es, jauh dari cahaya berlebih, panas atau kelembaban.
  7. Gunakan tabir surya alami menggunakan minyak kelapa ini di wajah maupun bagian kulit lainnya setiap kali akan beraktivitas di bawah sinar matahari. Agar lebih efektif, gunakan setiap 2 jam sekali.

Sekali lagi, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, resep tabir surya alami menggunakan minyak kelapa ini mungkin tidak sepenuhnya efektif. Jika Anda masih menderita sengatan matahari, oleskan minyak kelapa murni untuk menghilangkan luka bakar ini, dan pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya tradisional dengan tingkat SPF yang lebih tinggi.

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

cara membuat sunblock dari minyak kelapa -tabir surya alami -cara membuat sunblock tradisional -cara membuat tabir surya alami minyak kelapa -cara membuat sunblok dari bahan alami -cara membuat sunblock dari bahan -cara membuat sunblock alami -cara membuat spf alami -cara membuat minyak surya -tabur surya alami teelaris -

Leave a Reply

error: Content is protected !!