Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe, Begini Caranya!

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe – Menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe sangat efektif. Minyak kelapa telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami, terutama di negara-negara dimana kelapa banyak dibudidayakan. Komposisi nutrisi minyak kelapa yang unik dapat menetralkan atau menetralisir tidak hanya gejala ketombe yang paling buruk, namun juga penyebab utama dari kondisi yang menjengkelkan dan tidak sedap dipandang ini.

Ketombe ditandai dengan mengelupas kulit kering dari kulit kepala, yang terasa gatal dan memalukan, karena serpihan putih kecil akan jatuh ke bahu Anda, dan bahkan bisa terlihat di rambut dalam kasus yang sangat buruk. Minyak kelapa digunakan untuk berbagai aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan rambut, dan seringkali dapat ditemukan pada produk kosmetik, shampo dan conditioner. Ini juga merupakan salah satu minyak yang paling umum untuk masker rambut dan perawatan di rumah untuk rambut rapuh, rambut rontok dan ujung yang pecah, jadi tidak mengherankan bahwa ini juga efektif untuk pengobatan ketombe.

Minyak kelapa memiliki kekayaan nutrisi, mineral, senyawa antioksidan dan asam lemak bermanfaat yang dapat menyerang masalah ini secara langsung dan mengobati gejalanya, sekaligus juga merangsang penyembuhan cepat dan memberikan perisai terhadap ketombe di masa depan. Asam lemak rantai menengah yang ditemukan dalam minyak ini, terutama asam laurat, kaprat dan kaprilat, mampu menembus jauh ke dalam kulit kepala dan memberikan sejumlah manfaat yang akan membuat bahu Anda tetap bersih dan kepercayaan diri Anda meningkat!

Baaca juga: 16 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya

Penyebab Ketombe

Ada sejumlah penyebab ketombe, termasuk pertumbuhan selaput jamur, eksim, psoriasis, kulit kering, dermatitis, kebersihan yang buruk, terlalu banyak mencuci rambut, atau kulit yang terlalu sensitif terhadap produk rambut. Jika Anda ingin secara efektif menghilangkan atau mengurangi kondisi kulit kepala Anda, penting untuk memahami penyebab sebenarnya dari ketombe Anda. Ini bisa jadi sulit untuk menentukan, mendorong orang untuk mencoba berbagai produk dan pendekatan yang berbeda, dan mereka sering menemukan sedikit atau tidak ada kesuksesan.

Misalnya, jika ketombe Anda disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari infeksi ragi, pelembab kulit kepala dengan mentega atau keramas rambut Anda setiap hari tidak akan menjadi solusi yang tepat; Bahkan, kondisinya malah memburuk. Demikian pula, jika Anda terlalu banyak mencuci rambut dan menyedot minyak dari kulit Anda, tapi ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, Anda tidak akan melihat peningkatan gejala Anda.

Alasan bahwa minyak kelapa adalah pengobatan yang efektif untuk ketombe karena memiliki rentang efek yang komprehensif, dan mampu menetralisir ketombe, terlepas dari tingkat keparahan gejala atau penyebabnya . Untuk alasan ini, populasi di daerah tropis telah berhasil dan secara religius menggunakan minyak kelapa untuk memperbaiki kesehatan rambut mereka dan menghilangkan ketombe untuk generasi yang tak terhitung jumlahnya. Hanya dalam 50 tahun terakhir ini, popularitas dan ketersediaan minyak kelapa menjadikannya sebagai pengobatan yang layak di wilayah yang lebih beriklim sedang dan populasi yang lebih luas.

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe

Manfaat Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe



Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Cepat dan Alami

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Ketombe?

Anda harus menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe, dibandingkan dengan pendekatan tradisional atau kosmetik lainnya, karena bisa melembabkan kulit, menghilangkan infeksi jamur dan bakteri, mengkondisikan rambut dan kulit kepala, menstimulasi pertumbuhan kembali sel kulit yang sehat, menenangkan gatal dan radang, dan memperbaiki Aroma dan tampilan rambut. Untuk alasan ini, antara lain, minyak ini sangat dianjurkan sebagai pengobatan untuk masalah yang sangat umum ini.

Aktivitas antioksidan: Senyawa polifenol dalam minyak ini, dikombinasikan dengan vitamin E (tocopherol) dapat melindungi kulit kepala kulit yang lembut akibat radikal bebas, yang menyebabkan stres oksidatif, melemahkan sel dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi dan kematian sel. Vitamin E, yang bertindak sebagai antioksidan, juga merupakan salah satu zat terbaik untuk menembus kulit untuk memberi nutrisi di tempat yang paling mereka butuhkan.

Daya Melembapkan: Minyak kelapa adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit, jadi jika ketombe Anda disebabkan oleh kulit kering yang berlebihan , atau terlalu banyak mencuci rambut dengan sampo minyak, maka minyak ini akan menjadi strategi yang sangat baik. Tanpa kelembaban, sel kulit mulai mati dan terlepas, sehingga memberi vitamin E dan asam lemak rantai menengah lainnya ke dalam sel tidak hanya akan meremajakan kulit, tapi juga mencegah hilangnya kelembaban lebih lanjut.

Menumbuhkan dan Memperbaiki: Setelah penyebab ketombe diatasi, sel kulit dan folikel rambut yang rusak perlu diperbaiki, dan sel-sel segar perlu menggantikannya. Minyak kelapa mampu merangsang aliran darah ke kulit kepala, yang mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel tersebut, mempercepat proses perbaikan dan pertumbuhan kembali. Sifat antioksidan minyak juga sangat baik untuk pertumbuhan, sekaligus melindungi terhadap kerusakan yang sedang berlangsung pada tingkat sel. Menggores kulit kepala yang berlebihan juga bisa menyebabkan radang dan kerusakan sel, yang perlu diperbaiki.

Sifat Anti-jamur: Pertumbuhan berlebih dari infeksi jamur tertentu, yang disebut Malassezia , bertanggung jawab atas banyak kasus ketombe, walaupun hanya sedikit orang yang tahu bahwa infeksi jamur ada dan dapat memiliki dampak jangka panjang dan merugikan pada kulit kepala. Asam lemak rantai menengah yang ditemukan di dalam minyak kelapa juga memiliki sifat anti jamur, yang dapat menetralisir badan jamur ini secara efektif dan membuatnya lebih sulit untuk dikembalikan. Banyak obat tradisional lainnya tidak memiliki unsur anti jamur, karena itulah ketombe sangat keras kepala dan sulit diobati untuk beberapa orang.

Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh: Infeksi jamur bukan satu-satunya penyebab patogen penyebab ketombe; Dermatitis seboroik adalah masalah umum lainnya, yang pada dasarnya seperti jerawat pada kulit kepala. Hal ini dapat menyebabkan banyak iritasi dan gatal, karena folikel tersumbat oleh kelebihan minyak, bakteri mulai berkembang, dan tubuh mengirimkan antibodi untuk melawan infeksi. Peradangan ini berakibat pada lebih tidak nyaman dan menggaruk, mengakibatkan lebih banyak pengelupasan dan ketombe. Sifat antibakteri asam laurat dan kaprilat yang ditemukan dalam minyak kelapa sangat efektif untuk menghilangkan bakteri ini dan mengeluarkan racun dan kotoran pada folikel, yang dapat memecahkan masalah pada akar.

Mencegah Rasa Gatal: Ketombe memiliki banyak efek samping yang terlihat negatif, namun radang dan gatal pada kulit kepala mungkin yang paling menyebalkan. Minyak kelapa telah terbukti efek analgesik dan anti-inflamasi, yang nampaknya bisa mematikan sedikit kulit kepala, mendinginkan kulit, dan menghilangkan kebutuhan konstan untuk gatal, yang pada gilirannya akan meminimalkan jumlah serpihan kulit di bahu Anda.

Kurangi Protein dan Rambut Rontok: Jika rambut Anda tidak mampu mempertahankan proteinnya, rambut Anda bisa melemah dan bahkan rontok, membuka folikel rambut untuk infeksi potensial, dan membiarkan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan menjadi lebih buruk lagi. Minyak kelapa bisa melapisi helai rambut untuk mencegah kehilangan protein ini dan mendukung folikel rambut dengan komponen antioksidan dan vitamin E-nya.

Baca juga: Cara Membuat Masker Minyak Kelapa untuk Wajah

Aneka Resep dan Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe

Anda bisa menggunakan minyak kelapa dalam hubungannya dengan banyak zat sehat lainnya, seperti yogurt, Fenugreek, minyak esensial rosemary, kamper dan minyak pohon teh. Bergantung pada penyebab atau gejala masalah ketombe Anda, ini adalah beberapa resep di rumah paling efektif untuk perawatan ketombe minyak kelapa.

Untuk semua pengobatan ini, gunakan minyak kelapa murni, jika mungkin, karena akan memiliki konsentrasi nutrisi kuat yang paling murni, dan belum diproses dengan bahan kimia lain, pemutih atau pewangi.

Resep Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa Murni

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak kelapa murni
  • Air hangat

Cara Membuat

  1. Sebelum menggunakan pendekatan sederhana ini, cuci rambut Anda secara normal dan kemudian keringkan rambut ke tempat yang lembab.
  2. Oleskan minyak kelapa (dalam bentuk cairan) ke kulit kepala Anda, pijat dengan jari Anda selama 3-5 menit. Pastikan untuk menutupi semua area kulit kepala, terutama mahkota kepalamu.
  3. Setelah 5-10 menit, bilas campurannya dengan air hangat dan keringkan dengan lembut.
  4. Ulangi proses ini setiap minggu sampai gejala ketombe Anda hilang.
  5. Sebagai alternatif: Setelah mengoleskan minyak kelapa, kenakan topi mandi dan biarkan minyak meresap ke kulit kepala Anda dalam semalam. Bilas minyak di pagi hari dengan air hangat.

Resep Membuat Ramuan Obat Ketombe Menggunakan Kamper dan Minyak Kelapa

Bahan:

  • 1 sendok teh kapur barus
  • 1/2 cangkir minyak kelapa organik
  • Wadah kedap udara

Cara membuat

  1. Campur dengan seksama kapur barus dan minyak kelapa.
  2. Sebelum tidur, masukkan sedikit jari dan pijatkan ke seluruh kulit kepala Anda.
  3. Biarkan campuran meresap sepenuhnya ke kulit kepala (sebaiknya ambil 30-40 menit)
  4. Ulangi proses ini setiap hari selama 1-2 minggu, atau sampai gejala ketombe hilang.
  5. Antara perawatan, simpan campuran ini ke dalam wadah kedap udara, karena kapur barus dapat menyebabkan kerusakan minyak kelapa secara cepat.

Resep Ramuan Minyak Kelapa dan Jus Lemon untuk Mengatasi Ketombe

Bahan:

  • 2 sendok makan jus lemon
  • 2 sendok makan minyak kelapa organik

Cara Membuat

  1. Campur jus lemon dan minyak bersama-sama dan panaskan ke tingkat rendah.
  2. Oleskan campuran ke kulit kepala Anda, gosok langsung ke kulit kepala selama 5-10 menit.
  3. Simpan di kulit kepala Anda selama 20-30 menit.
  4. Cuci rambut Anda dengan sampo yang sangat ringan dan bilas dengan air hangat.
  5. Ulangi 1-2 kali per minggu sampai gejala membaik dan ketombe lenyap!

Resep Ramuah Minyak Kelapa dan Fenugreek untuk Menyembuhkan Ketombe

Bahan:

  • 1 sendok makan biji fenugreek (hancur)
  • 4 sendok makan minyak kelapa murni (cair)

Cara membuat

  1. Campurkan fenugreek bubuk ke dalam minyak hangat, lalu biarkan campuran menjadi dingin.
  2. Pijat campuran ini dengan lembut ke kulit kepala.
  3. Simpan di kepala Anda selama 2-3 jam (pakai topi mandi, jika perlu)
  4. Cuci campuran dengan sampo yang sangat ringan dan bersihkan rambut dengan lembut.
  5. Ulangi 2-3 kali per minggu sampai gejala ketombe dieliminasi.

Resep Obat Ketombe Menggunakan Minyak Kelapa dan Oregano

Bahan:

  • 1 sendok teh minyak oregano (terkonsentrasi dan manjur)
  • 5 sendok teh minyak kelapa murni

Cara membuat

  1. Campur dua minyak dalam mangkuk kecil sampai konsisten. Minyak oregano sangat ampuh dan bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala jika tidak dicampur dengan baik dengan minyak kelapa.
  2. Oleskan campuran ini ke kulit kepala, fokus pada akar, tapi juga menarik campuran melalui helaian rambut untuk meningkatkan retensi protein.
  3. Pijat campuran ke kulit kepala selama 5-10 menit.
  4. Bersihkan rambut dengan benar dengan sampo normal Anda.
  5. Ulangi proses ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Resep Masker Rambut Menggunakan Minyak Kelapa, Madu, Minyak Zaitun dan Yogurt

Bahan:

  • 2 sendok makan minyak kelapa organik
  • 2 sendok makan minyak zaitun extra virgin
  • 2 sendok makan madu organik
  • 3 sendok makan yoghurt

Cara Membuat

  1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk berukuran sedang sampai mereka membentuk pasta yang konsisten.
  2. Perlahan oleskan sedikit pun pasta ke seluruh kulit kepala Anda, pijat lembut dengan ujung jari Anda selama 5-10 menit. Ini akan membantu mengelupas dan merangsang aliran darah, menyebabkan pori-pori terbuka, meningkatkan efek menguntungkan.
  3. Simpan campuran selama 45-60 menit (pakai tutup shower, jika perlu).
  4. Cuci rambut Anda dengan sampo ringan. Pasta ini bisa sulit dilepas sepenuhnya dari rambut dan kulit kepala, jadi telat dan bilas berkali-kali dengan air hangat.
  5. Biarkan rambut Anda mengering.
  6. Setelah rambut kering, ambil satu sendok teh minyak kelapa dan larutkan di antara tangan Anda.
  7. Pijat ini ke kulit kepala Anda dengan sendirinya, dan biarkan hingga meresap sepenuhnya.
  8. Ulangi proses dua langkah ini setidaknya sekali seminggu sampai gejala ketombe Anda dieliminasi.

Nah itulah ulasan seputar manfaat minyak kelapa untuk mengatasi ketombe membandel, resep dan cara pembuatannya. Semoga informasi mengenai khasiat minyak kelapa untuk mengatasi ketombe dapat bermanfaat ..

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

cara menyedot ketombe -campuran kelapa untuk ketombe -minyak kelapa untul ket -minyak kelapa untuk menghilangkan ketomb -minyak kelapa dicampur dengan apa untuk kulit kepala gatal -mengatasi ketombe dengan minyak kelapa -Ketombe minyak -cara menghilangkan ketombe dan rambut berkembang dengan menggunakan minyak kelapa -cara menggunakan minyak kelapa murni untuk menghilangkan ketombe -cara hilangkan ketombe denfan minyak kelapa -

Leave a Reply

error: Content is protected !!