9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Jantung dan Lainnya, Ini Ulasannya!

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan – Buah yang satu ini mungkin hanya Anda makan saat tradisi 7 bulanan. Buah delima atau dikenal juga dengan nama pome / pomegranate memang kurang populer dan harganya pun terbilang cukup mahal. Padahal manfaat kesehatan buah delima banyak sekali loh dan beruntungnya saya memiliki pohon yang kaya manfaat ini di rumah saya di Bandung.

Banyaknya manfaat buah delima untuk kesehatan telah menjadikan buah ini mulai dilirik untuk dibudidayakan dan diolah menjadi aneka produk minuman hingga produk kecantikan. Khasiat buah delima bagi kesehatan tubuh pun telah dibuktikan dengan beberapa penelitian, dan hasilnya betul bahwa buah pome memiliki kandungan nutrisi yang dapat menurunkan risiko beberapa penyakit.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang khasiat dan manfaat buah delima untuk kesehatan maupun kecantikan, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu buah delima dan apa saja kandungan gizi dan zat lainnya yang dapat membuah buah pome sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Mengenal Buah Delima

Buah delima memiliki bahasa latin Punica granatum merupakan pohon semak dengan buah berwarna kuning sampai merah. Buahnya sendiri mirip dengan apel, bedanya di ujung buah delima terdapat batang yang menyerupai bunga. Buah delima dikategorikan dalam keluarga beri-berian, dengan diameter buah sekitar 5-12 cm. Daging buah delima dibungkus oleh kulit tebal dan memiliki banyak biji didalamnya yang dinamkan aril. Biasanya orang mengkonsumsi buah delima dengan bijinya.

manfaat buah delima bagi kesehatan

manfaat buah delima bagi kesehatan (image: sobeys.com)



Baca juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh Ternyata Ini!

Apa Saja Kandungan Buah Pomegranate?

Buah delima mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan Gizi Buah Delima

Dalam 174 gram atau secangkir buah delima (daging + bijinya) mengandung:

  • 7 g serat
  • 3 g protein
  • 30% kebutuhan harian vitamin C
  • 36% kebutuhan harian vitamin K
  • 16% kebutuhan harian folat
  • 12% kebutuhan harian kalium
  • 24 g gula
  • 144 kalori

Selain kandungan nutrisi buah delima di atas, buah pomegranate pun mengandung 2 zat penting yang dapat digunakan sebagai obat, yaitu:

  • Punicalagin, yaitu antioksidan yang ditemukan pada buah dan kulit buah pomegranate. Kandungan antioksidan punicalagin dalam buah pome ini 3 x lebih efektif dibandingkan anggur merah ataupun teh hijau. Ekstrak pomegranate biasanya terbuat dari kulit buah pome karena kandungan punicalaginnya yang lebih tinggi.
  • Asam Punisik, dikenal sebagai minyak biji delima, merupakan asam lemak utama di dalam buah delima ini. Asam punisik memiliki efek biologi yang kuat.

Baca juga: 16 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya

Nah Apa Saja Ya Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Hasil Penelitian?

Oke langsung saja berikut ini adalah kegunaan dan khasiat buah delima bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para ahli yang kemudian dipublikasikan dalam beberapa jurnal kesehatan …

Khasiat Buah Delima sebagai Anti Radang

Banyak sekali penyakit mematikan seperti penyakit jantung, penyakit kanker, penyakit diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, dan bahkan obesitas disebabkan oleh adanya peradangan secara kronis.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa manfaat buah delima bagi kesehatan ada karena memiliki kandungan anti radang seperti antioksida punikalagin. Penelitan tsb menyebutkan bahwa buah pome dapat menurunkan peradangan di saluran cerna termasuk pada penyakit kanker payudara dan kanker usus.

Khasiat Delima dapat Meredakan Nyeri Sendi dan Arthritis

Manfaat buah delima dalam mengatasi arthritis ataupun nyeri sendi dimungkinkan karena kandungan anti inflamasi / anti radang. Menurut hasil penelitian, ekstrak pomegranat dapat menghambat enzim yang dapat merusak sendi pada penderita osteoarthritis. Penelitian lanjutan pada manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan kegunaan buah delima untuk mengobati arthritis.

Manfaat Delima dapat Menurunkan Tekanan Darah

Penyakit Hipertensi merupakan salah satu pemicu terjadinya serangan jantung dan stroke. Dalam sebuah penelitian menyebutkan salah satu manfaat buah delima bagi kesehatan adalah dapat meredakan tekanan darah tinggi setelah mengkonsumsi 150ml jus pomegranat setiap hari selama 2 minggu. Sementara dalam sebuah penelitian lainnya juga memperlihatkan khasiat buah delima yang mirip yaitu menurunkan tekanan darah sistolik.

Kegunaan Delima dalam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tahukah Anda bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia?

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan konsumsi buah delima. Asam punisik dalam pomegranate dapat melindungi tubuh akan terjadinya penyakit kardiovaskular ini.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 51 orang yang memiliki kolesterol dan trigliserida tinggi menyebutkan bahwa konsumsi 800mg minyak biji delima per hari selama 4 minggu memberikan hasil yang signifikan pada penurunan trigliserida dan memperbaiki rasio trigliserida : HDL (kolesterol baik).

Dalam penelitian lainnya disebutkan khasiat jus pomegranate pada penderita diabetes tipe 2 yang memiliki kolesterol tinggi dapat memberikan penurunan yang signifikan pada kadar kolesterol “jahat” LDL.

Manfaat jus delima bagi kesehatan ini ditunjukkan baik penelitian pada hewan maupun pada manusia yaitu dapat mencegah kolesterol LDL teroksidasi yang merupakan pemicu terjadinya penyakit jantung.

Kegunaan Buah Delima dapat Memperbaiki Ingatan

Manfaat kesehatan buah delima dapat meningkatkan daya ingat dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Manfaat ekstrak pomegranate telah dirasakan oleh pasien yang mengalami operasi bahwa 2 gram ekstrak pomegranate dapat memperbaiki ingatan setelah operasi. Sementara penelitian lainnya, 28 orang lanjut usia yang mengkonsumsi 237ml jus pomegranate mendapatkan perbaikan memori baik verbal maupun visual. Oleh karena itu salah satu khasiat jus buah delima adalah membantu penyembuhan penyakit Alzheimer (kepikunan).

Manfaat Buah Delima dapat Membantu Menyembuhkan Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit kanker yang umum diderita pria. Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak pomegranat dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan memicu terjadinya kematian sel kanker, ini artinya kematian karena penyakit kanker ini dapat diturunkan dengan bantuan buah delima.

Kegunaan Buah Delima dalam Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan momok menakutkan bagi para wanita karena semakin banyak orang yang terkena penyakit mematikan ini. Cara efektif untuk mencegah dan mengatasi kanker payudara adalah deteksi dini dan melakukan perubahan gaya hidup seperti dengan melakukan diet makan sehat, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, salah satunya buah delima.

Ekstrak buah delima dapat menghambat pertumbuhan kembali sel kanker payudara dan bahkam membinasakannya. Walaupu demikian masih diperlukan banyak penelitian lanjutan.

Manfaat Buah Delima dalam Mengobati Disfungsi Ereksi

Kerusakan oksidatif dapat menggangu aliran darah dalam tubuh termasuk jaringan erektil. Salah satu manfaat jus buah delima yaitu dapat meningkatkan aliran darah dan memperbaiki gangguan erektil pada tikus. Penelitian pada 53 pria dengan disfungsi ereksi (DE) juga membuktikan khasiat buah delima namun belum maksimal sehingga masih diperlukan penelitian lanjutan.

Khasiat Buah Delima dalam Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Kandungan dalam buah pome juga dapat menghalau serangan mikroorganisme jahat. Efek anti bakteri dan anti jamur dalam buah delima juga efektif dalam mencegah infeksi dan peradangan dalam mulut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan?

Di atas sudah dijelaskan 9 kegunaan dan khasiat buah delima bagi kesehatan. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan manfaat kesehatan buah delima tsb?

Walaupun produk-produk kesehatan yang menggunakan buah pomegranate banyak dijual di pasaran, namun cara terbaik mendapatkan aneka kahasiat dan manfaat delima untuk kesehatan adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Konsumsi buah segar dengan bijinya atau diminum dalam bentuk jus segar juga sama baiknya.

Nah itulah ulasan seputar buah pomegranate meliputi kandungan gizi dan manfaat buah delima serta cara konsumsinya. Walaupun banyak sekali manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah delima namun bukan berarti Anda harus memakan buah ini setiap hari. Makan aneka buah yang bervariasi tiap hari jauh lebih baik. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-pomegranate

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

buah delima buat obat jantung -apakah delima baik untuk jantung -pemanfaatan buah delima jurnal kesehatan -manfaat pomegranat untuk jantung -fungsi buah delima buat jant -Cara minum buah delimat buat penyakit jantung -buah pome untuk kesehatan jantung -buah delima untuk jantung -apakah delima baik untuk kesehatan jantung -Vungsi bua delima dan cara penggunaan -

Leave a Reply

error: Content is protected !!