16 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Minyak kelapa sudah dipercayai memiliki banyak manfaat dan khasiat sejak jaman dahulu kala. Tak hanya sebatas digunakan sebagai minyak goreng namun digunakan pula sebagai salah satu bahan makanan kaya gizi, bahan kosmetik maupun bahan obat-obatan.

Seperti dilansir dari situs draxe.com, hingga saat ini setidaknya lebih dari 1500 penelitian yang membuktikan bahwa minyak kelapa merupakan salah satu makanan tersehat di dunia ini. Mungkin Anda bertanya, bukankah minyak ataupun makanan berminyak itu sebaiknya dihindari? Nah untuk menjawab pertanyaan Anda, blog Dunia Kesehatan akan mengulas tuntas mengenai manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan, apa betul minyak kelapa ini menyehatkan? Bila iya, apakah ada efek samping mengkonsumsi minyak kelapa ini?

Apa Saja Kandungan dari Minyak Kelapa? Kandungan Apa Yang Menyebabkan Minyak Kelapa Menyehatkan?

Sebelum membahas mengenai kegunaan serta manfaat khasiat minyak kelapa, sebaiknya Anda ketahui dulu kandungan dari minyak kelapa ini.

Para peneliti telah menemukan rahasia mengapa minyak kelapa dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan kaya gizi. Ternyata kandungan lemak sehat yang dikenal dengan asam lemak rantai medium inilah yang membuat manfaat minyak kelapa terasa istimewa. Lemak sehat ini terdiri dari asam kaprilat (caprylic acid), asam laurat (lauric acid), dan asam kaprik (capric acid).

Setidaknya 62% kandungan dari minyak kelapa adalah ketiga jenis asam lemak ini dan 91% kandungan lemak pada minyak kelapa adalah minyak jenuh sehat.

Pada umumnya lemak yang kita konsumsi memerlukan waktu yang lama untuk dicerna, namun berbeda dengan asam lemak rantai medium karena tidak memerlukan waktu lama untuk dipecah sebagai sumber energi.

Berikut ini adalah keutamaan / keunggulan asam lemak rantai medium, yaitu:

  • Mudah dicerna
  • Tidak disimpan sebagai lemak tubuh
  • Anti mikroba dan anti jamur
  • Kecil ukurannya sehingga mudah menembus lapisan sel sebagai sumber energi
  • Diproses di hati sehingga langsung diubah menjadi energi dan tidak disimpan sebagai lemak tubuh
manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan

aneka manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan (image: thealternativedaily.com)



Baca juga: 8 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Yang Telah Terbukti!

Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Manfaat dan khasiat minyak kelapa disebabkan oleh kandungan asam lemaknya. Berikut ini adalah beberapa kegunaan minyak kelapa bagi tubuh menurut hasil penelitian …

  1. Manfaat Minyak Kelapa dalam Memperbaiki Ingatan dan Fungsi Otak

Menurut hasil penelitian, asam lemak rantai medium dalam minyak kelapa dapat memperbaiki gangguan ingatan, bahkan dapat digunakan sebagai obat alami penyakit Alzheimer (pikun).

Hasil pencernaan asam lemak rantai medium di hati dapat membentuk keton yang dapat dengan mudah masuk ke otak sebagai sumber energi dan mampu membantu perbaikan fungsi otak. Pada penderita Alzheimer, otaknya kehilangan kemampuan memproduksi insulin yang digunakan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Keton dari minyak kelapa ini mampu menjadi sumber energi alternatif untuk otak.

Baca juga: 7 Cara Menyehatkan Otak Secara Alami dan Mudah

  1. Manfaat Minyak Kelapa dalam Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Minyak kelapa sangat kaya akan lemak jenuh alami yang tidak hanya meningkatkan kolesterol baik (HDL) tapi juga membantu mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik (HDL). Dengan meningkatnya jumlah HDL dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu manfaat minyak kelapa bagi kesehatan jantung adalah dengan menurunkan kadar trigliserida darah.

  1. Khasiat Minyak Kelapa dalam Mengobati Infeksi Saluran Kemih dan Menjaga Kesehatan Hati

Minyak kelapa telah diketahui dapat menghilangkan dan menyembuhkan infeksi saluran kencing. Asam lemak rantai medium dalam minyak kelapa dapat berfungsi sebagai antibiotik alami dengan memecah lapisan lemak pada bakteri dan memusnahkannya.

  1. Kegunaan Minyak Kelapa dalam Meredakan Peradangan dan Arthritis

Menurut hasil penelitian di India, virgin coconut oil (VCO) yang dikenal dengan istilah minyak kelapa murni (MKM) di Indonesia memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidannya ini dapat menurunkan peradangan dan mengobati arthritis (nyeri sendi). Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa manfaat minyak kelapa murni yang diproduksi dengan pemanasan sedang lainnya adalah sebagai analgesik (pereda nyeri) dan anti inflamasi (anti radang).

  1. Manfaat Minyak Kelapa dalam Mencegah dan Mengobati Kanker

Khasiat minyak kelapa dalam melawan kanker dapat diperoleh dengan 2 pendekatan. Yang pertama, hasil pencernaan dari minyak kelapa adalah keton dimana sel tumor tidak mampu mengakses energi yang dihasilkan dari keton. Sudah dipercayai bahwa memperbanyak konsumsi / diet keton merupakan salah satu cara membantu penyembuhan pasien kanker. Yang kedua, asam lemak rantai medium akan menghancurkan dinding lemak pada bakteri, membasmi bakteri helicobacter pylori yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Dalam penelitian lainnya, manfaat minyak kelapa ini juga tak hanya berperan dalam penyembuhan namun mampun mencegah perkembangan sel kanker itu sendiri.

  1. Manfaat Minyak Kelapa dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Menyembuhkan Infeksi

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang diketahui dapat mengurangi kandida / jamur, melawan bakteri, dan membuat lingkungan yang tak nyaman untuk virus. Sementara sekarang ini banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, dan parasit yang tumbuh secara berlebih.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Antimicrobial Agents and Chemotherapy menemukan bahwa asam kaprat dan asam laurat dalam minyak kelapa sangat efektif sebagai obat alami untuk penyembuhan infeksi kandida dan jamur.

Saat Anda sakit, Anda dapat mengganti biji-bijian dan gula dalam menu makan Anda dengan minyak kelapa sebagai sumber bahan bakar alami. Cara lainnya adalah dengan memakan 1 sdm minyak kelapa murni 3 kali sehari selama sakit dan jangan lupa mengkonsumsi sayuran serta sup kaldu tulang.

  1. Manfaat Minyak Kelapa dalam Meningkatkan Energi dan Stamina

Minyak kelapa sangat mudah dicerna serta menghasilkan energi yang tahan lama dan mampu meningkatkan metabolisme. Sekarang ini banyak atlet yang menggunakan minyak kelapa murni sebagai sumber energi selama latihan maupun untuk pertandingan.

  1. Khasiat Minyak Kelapa dalam Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Minyak kelapa dapat membantu penyerapan vitamin larut lemak, kalsium, dan magnesium. Khasiat minyak kelapa ini dapat 2x lebih efektif jika Anda memakan minyak kelapa bersamaan dengan asam lemak omega-3.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan saluran cerna juga dikarenan sifatnya yang dapat membantu memusnahkan bakteri jahat dan kandida / jamur. Ketidakseimbangan jumlah kandidia dapat menurunkan jumlah asam lambung sehingga memicu terjadinya peradangan dan memperburuk fungsi pencernaan. Oleh karena itu wajar saja bila salah satu kegunaan minyak kelapa adalah membantu menjaga kesehatan saluran cerna, membantu mengobati atau mencegah tukak lambung serta infeksi usus besar.

  1. Manfaat Minyak Kelapa dalam Mengobati Penyakit Empedu dan Pankreasitis

Asam lemak rantai medium pada minyak kelapa tidak memerlukan enzim pankreas untuk pencernaannya, itu artinya dengan mengkonsumsi minyak kelapa akan meringankan kerja pankreas. Menurut hasil penelitian, manfaat minyak kelapa lainnya yaitu dapat meringankan gejala penyakit batu empedu.

  1. Kegunaan Minyak Kelapa bagi Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat diantaranya merupakan pembersih wajah, pelembab, sun screen / pelindung kulit dari paparan sinar matahari, juga dapat membantu mengatasi gangguan kulit (seperti eksim, ketombe, psoriasis, kulit terbakar, dll). Asam lemak laurat dan kaprilat dalam minyak kelapa dapat menurunkan peradangan baik dari dalam maupun dari luar, melembabkan, dan dapat digunakan oleh segala jenis kulit.

Khasiat minyak kelapa lainnya adalah dapat melindungi kulit dan memiliki banyak antioksidan yang sangat penting untuk mencegah penuaan dini. Minyak kelapa juga memiliki efek anti mikroba yang dapat mengurangi kandida atau jamur penyebab penyakit kulit. Anda dapat menambahkan 1 sdm minyak kelapa murni sebagai menu sarapan atau gunakan secara langsung pada kulit.

Baca juga: Cara Membuat Masker Wajah dari Minyak Kelapa

  1. Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Sejak jaman dulu kala, minyak kelapa telah digunakan untuk membersihkan mulut dan membantu penyembuhan sakit gigi. Saya pribadi masih ingat, bagaimana dulu bila sakit gigi cukup dengan memanaskan minyak kelapa lalu dioleskan pada gigi dan gusi yang sakit. Khasiat minyak kelapa dalam penyembuhan penyakit gigi dan gusi ini karena kandungan anti bakterinya yang cukup tinggi.

  1. Kegunaan Minyak Kelapa dalam Mencegah Osteoporosis

Penyebab utama osteoporosis adalah radikal bebas dan stress oksidatif. Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat melawan radikal bebas dan dapat digunakan sebagai pengobatan alami osteoporosis.

Manfaat minyak kelapa lainnya untuk kesehatan tulang adalah dengan meningkatkan penyerapan kalsium dari usus sehingga mampu meningkatkan volume tulang dan menguatkan struktur tulang.

  1. Khasiat Minyak Kelapa dalam Memperbaiki Diabetes Tipe 2

Salah satu penyebab diabetes tipe 2 adalah resistensi insulin yaitu dimana sel tubuh tidak mau merespon adanya insulis sehingga glukosa tidak dapat diubah menjadi energi. Asam lemak rantai medium dalam minyak kelapa dapat membantu menyeimbangkan kadar insulin dan menyehatkan saluran cerna. Selain itu tubuh pun akan tetap mendapatkan sumber energi karena pencernaan minyak kelapa tidak tergantung pada insulin.

  1. Efek Minyak Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Otot

Minyak kelapa merupakan sumber energi tapi tidak mengandung karbohidrat sehingga memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Berdasarkan beberapa hasil penelitian, minyak kelapa dapat membantu membakar lemak dan kalori, menurunkan napsu makan, dan mengurangi lemak perut.

Manfaat minyak kelapa selain baik dalam pembakaran lemak, juga baik untuk pembentukan otot loh. Anda dapat menambahkan 3 sdm minyak kelapa ke dalam minuman pembentuk otok setiap harinya.

  1. Dampak Positif Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

Masalah rambut yang paling umum terjadi adalah rambut berketombe atau rambut kering. Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai solusi untuk masalah rambut Anda. Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan rambut dimungkinkan karena kandungan asam lemaknya. Anda dapat membuat masker minyak kelapa atau bahkan gunakan sebagai kondisioner alami.

Untuk mengatasi ketombe dan menjadikan rambut tebal alami, gunakan 1 sdm minyak kelapa yang dicampur dengan 10 tetes minyak esensial rosemary ke kulit kepala, pijat sekitar 3 menit lalu bilas 30 menit kemudian.

  1. Khasiat Minyak Kelapa Untuk Menyeimbangkan Hormon

Minyak kelapa dapat membantu menyeimbangkan hormon secara alami karena kandungan lemak jenuhnya yaitu asam laurat. Penelitian menyebutkan bahwa minyak kelapa merupakan sumber lemak yang baik dikonsumsi saat menopause dan memiliki efek positif pada kadar hormon estrogen.

Agar lebih efektif, kurangi konsumsi gula dan biji-bijian, perbanyak konsumsi lemak sehat dari kelapa dan alpukat. Selain konsumsi minyak kelapa, Anda pun dapat mengkonsumsi air kelapa untuk hasil yang sama.

Apakah Konsumsi Minyak Kelapa ada Efek Sampingnya?

Anda sudah mengetahui sejumlah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan, lalu pertanyaan Anda berikutnya apakah aman memakan atau menggunakan minyak kelapa?

Efek samping dari minyak kelapa sebetulnya jarang sekali terjadi. Reaksi efek samping minyak kelapa yang mungkin terjadi adalah reaksi alergi bagi beberapa individu. Namun kebanyakan justru penggunaan minyak kelapa ini dapat menurunkan efek samping dari beberapa obat seperti mengurangi efek samping saat pengobatan kanker.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Kelapa?

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung, memasaknya atau menggunakannya secara topikal (dioleskan ke kulit ataupun rambut).

Untuk hasil yang lebih efektif sebaiknya gunakan extra VCO atau minyak kelapa murni karena minyak kelapa olahan diproses menggunakan panas, diproses secara kimia, mengalami pemutihan sehingga mengakibatkan kandungan minyaknya menjadi tidak baik untuk kesehatan.

Nah itulah informasi seputar manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan beserta potensi efek sampingnya. Jangan lupa gunakan extra virgin coconut oil atau minyak kelapa murni ya. Semoga informasi seputar khasiat minyak kelapa dapat bermanfaat …

Sumber Referensi: draxe.com/coconut-oil-benefits/

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

kandungan dan manfaat minyak kelapa bagi kosmetik -manfaat minyak kelapa murni untuk kosmetik -rahasia yang sudah terbukti dari minyak kelapa untuk kulit wajah -

Leave a Reply

error: Content is protected !!