Cara Membuat Pasta Gigi dengan Minyak Kelapa, Mudah, Murah dan Efektif

Cara Membuat Pasta Gigi dengan Minyak Kelapa – Salah satu manfaat minyak kelapa adalah menjaga kesehatan gigi dan gusi. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang kuat, membantu mengurangi kerusakan gigi, sifatnya yang lembut & tidak akan mengikis email gigi, mampu menenangkan peradangan pada gusi sehingga dapat digunakan untuk membuat pasta gigi alami. Cara membuat pasta gigi dengan minyak kelapa pun relatif tidak mahal dan mudah dilakukan!

Banyak orang yang memilih pasta gigi yang diiklankan di TV ataupun yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Namun ada juga yang menyadari pasta gigi berwarna cerah yang Anda gosok ke gigi setiap hari mungkin bukan pilihan terbaik untuk kesehatan mulut mereka.

Banyak pasta gigi mengandung flouride, yang memiliki efek buruk pada hormon kita. Selain itu kebanyakan pasta gigi pun mengandung pemanis buatan untuk meningkatkan rasa, mengandung gliserin yang dapat melapisi gigi dan mengurangi serapan mineral, dan surfaktan yang menyebabkan sifat busa pasta gigi Anda namun juga dapat memicu sariawan. Penggunaan pasta gigi tanpa detergen / surfaktan, tanpa fluoride ataupun zat berbahaya lainnya mungkin solusi tepat untuk semua masalah gigi dan mulut Anda. Salah satunya adalah dengan membuat pasta gigi alami menggunakan minyak kelapa.

Minyak kelapa mengandung sejumlah asam lemak rantai menengah yang kuat seperti asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat. Selain itu minyak kelapa juga mengandung sejumlah mineral, vitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Minyak kelapa dapat menghilangkan banyak strain bakteri di mulut yang menyebabkan tidak hanya infeksi, tapi juga bau mulut. Bakteri Streptococcus mutans mungkin yang paling berbahaya, karena mengumpan gula di mulut dan kemudian memompa keluar asam, yang merupakan penyumbang utama kerusakan gigi dan gigi berlubang. Minyak kelapa dapat secara efektif menghilangkan bakteri tersebut, dan menyembuhkan kerusakan yang telah dilakukan pada gusi dan gigi.

Cara Membuat Pasta Gigi dengan minyak kelapa

Ilustrasi Cara Membuat Pasta Gigi dengan Minyak Kelapa



Baca juga: Cara Membuat Deodoran dari Minyak Kelapa Buatan Sendiri

Lalu Bagaimana Cara Membuat Pasta Gigi dengan Minyak Kelapa?

Ada banyak resep pembuatan pasta gigi minyak kelapa mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Namun dari sekian banyak cara membuat odol dari minyak kelapa tsb, yang paling banyak adalah menggunakan baking soda, pemanis alami, minyak kelapa dan minyak alami lainnya, seperti minyak esensial kayu manis atau peppermint. Sementara resep membuat pasta gigi alami dari minyak kelapa lainnya mungkin memerlukan sejumlah kecil garam laut atau tanah liat bentonit, karena ini dapat membantu menarik lebih banyak keasaman dan racun dari gigi.

Oke langsung saja berikut cara membuat pasta gigi dengan minyak kelapa:

  • Cairkan setengah cangkir minyak kelapa dengan api kecil
  • Campur dengan 3 sendok makan baking soda, beberapa paket pemanis alami, dan 25 tetes minyak esensial pilihan Anda. Aduk hingga merata sempurna.
  • Setelah campuran homogen, matikan api dan biarkan dingin namun terus lakukan pengadukan.
  • Sebelum pasta gigi alami dari minyak kelapa tsb mengeras, tuangkan ke dalam toples kecil dan biarkan hingga benar-benar dingin.

Nah bagaimana mudah bukan cara membuat pasta gigi dengan minyak kelapa di atas? Mungkin sebagian dari Anda merasa ribet untuk membuatnya, namun coba Anda pertimbangkan apa risiko dari penggunaan banyaknya bahan kimia yang ada dalam pasta gigi yang ada di pasaran saat ini. Tidakkah Anda berhutang pada diri sendiri untuk mencoba sesuatu yang baru dan menghindari masuk ke dokter gigi untuk gigi berlubang setahun sekali?

Baca juga: Cara Membuat Masker Wajah dari Minyak Kelapa

Bagaimana Cara Menyikat Gigi menggunakan Pasta Gigi Alami Minyak Kelapa?

Berikut ini panduan menggosok gigi menggunakan odol minyak kelapa, yaitu:

  • Oleskan tipis pasta gigi alami minyak kelapa pada sikat gigi Anda
  • Sikat gigi secara normal seperti biasanya
  • Mungkin perlu waktu sedikit lebih lama agar minyak kelapa bisa larut dalam kehangatan mulut Anda, tapi bersabarlah
  • Lakukan kumur-kumur seperti biasanya
  • Jangan lupa tutup kembali wadah pasta gigi

Nah itulah cara membuat pasta gigi dengan minyak kelapa berikut cara penggunaannya. Untuk hasil terbaik sebaiknya gunakan extra virgin coconut oil atau minyak kelapa murni. Jangan lupa kurangi konsumsi gula serta lakukan sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Semoga informasi cara membuat pasta gigi alami dari minyak kelapa di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

cara membuat pasta gigi alami -cara membuat odol -cara membuat pasta gigi -cara membuat pasta gigi secara alami -cara membuat pasta gigi dari minyak kelapa -cara membuat pasta gigi dari kayu manis -pembuatan pasta gigi alami -Cara membuat pasta g -cara membuat Odol dari daun kelapa -buat odol gigi aiami -

Leave a Reply

error: Content is protected !!