Masker Rambut Pepaya untuk Rambut Cantik dan Sehat, Ini Resep dan Manfaatnya!

Masker Rambut Pepaya untuk Rambut Cantik dan Sehat – Rambut kusam dan kering bisa membuat orang menjadi gila dan mencari perawatan untuk mengembalikan kemilau rambut mereka.

Alih-alih mengandalkan produk komersial yang mengandung bahan kimia, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk menunjang kesehatan rambut Anda. Bahan alami tidak hanya memastikan rambut Anda tidak diolah dengan bahan kimia, tapi juga hemat biaya.

Manfaat pepaya matang merupakan ramuan populer untuk membuat masker rambut buatan sendiri. Dengan bahan seperti pepaya, santan dan madu sangat bagus untuk membuat masker rambut yang menghidrasi dan agar rambut tumbuh dengan baik.

Masker Rambut Pepaya untuk Rambut Cantik dan Sehat

Ilustrasi Masker Rambut Pepaya untuk Rambut Cantik dan Sehat



Baca juga: Jus Bawang untuk Perawatan Rambut Rontok, Begini Caranya!

Manfaat Bahan Pembuatan Masker Rambut Pepaya

Sebelum membahas mengenai cara membuat dan cara menggunakan masker pepaya untuk perawatan rambut, sebaiknya kita kenali dulu manfaat masing-masing bahan berikut ini:

Manfaat Pepaya Matang

Pepaya matang kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A dan C, beta karoten, magnesium, potasium dan tembaga yang mendukung pertumbuhan rambut sehat serta membantu membuat rambut Anda halus dan berkilau.

Plus, kandungan enzim dalam buah pepaya dapat mencegah penumpukan minyak dan kotoran pada kulit kepala yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe. Ini juga bekerja sebagai conditioner rambut yang hebat (bila digunakan dalam jumlah kecil) untuk memberi kilau yang bagus pada rambut kusam, tidak teratur dan tidak bernyawa.

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Cepat dan Alami

Khasiat Santan

Seperti minyak kelapa, santan merupakan bahan yang sangat baik untuk perawatan rambut. Vitamin E tinggi dan kandungan lemak di dalamnya membantu menguatkan rambut dari akar. Ini juga membantu melembutkan dan mengobati rambut kering. Dengan mudah menembus jauh ke dalam poros rambut, yang pada gilirannya mendukung pertumbuhan rambut. Beberapa orang bahkan menggunakan santan untuk memijat kulit kepala sebelum mandi untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Kegunaan Madu

Madu adalah ramuan lain yang sangat baik untuk rambut Anda. Emolien alami ini bekerja sebagai pelembut rambut untuk rambut halus dan lembut. Antioksidan di dalamnya membantu membuat kulit kepala Anda sehat dan merangsang pertumbuhan rambut .

Resep dan Cara Membuat Masker Pepaya untuk Perawatan Rambut

Hal-hal yang Anda butuhkan:

  • Pepaya matang – ½ gelas
  • Santan kelapa – ¼ cangkir
  • Madu – 1 sendok teh

Cara Membuat Masker Rambut dari Buah Pepaya:

  1. Masukkan ½ cangkir pepaya masak kupas (potong menjadi kubus) dalam blender.
  2. Selanjutnya, tambahkan ¼ cangkir santan.
  3. Kemudian tambahkan 1 sendok teh madu murni yang belum diolah.
  4. Campurkan bahan selama beberapa menit, sampai Anda mendapatkan pasta yang halus.
  5. Pindahkan isinya ke mangkuk.
  6. Masker rambut pepaya buatan sendiri siap digunakan.

Cara Menggunakan Masker Rambut Pepaya:

  1. Keramas rambut anda
  2. Oleskan masker rambut ini secara menyeluruh ke seluruh rambut Anda.
  3. Tutupi rambut Anda dengan tutup rambut.
  4. Biarkan masker melakukan pekerjaannya sekitar 30 menit atau lebih.
  5. Terakhir, bilas dengan air.
  6. Gunakan masker rambut ini 1 atau 2 kali seminggu.

Karena masker rambut ini memberi manfaat hair conditioner, Anda tidak perlu keramas rambut Anda setelah mengaplikasikannya. Jika ada bau yang tertinggal maka Anda bisa mencuci rambut dengan sampo ringan keesokan harinya.

Tips Perawatan Rambut Menggunakan Masker Pepaya

  • Hindari menggunakan pepaya mentah untuk membuat masker rambut ini. Pepaya mentah mengeluarkan cairan lateks, yang dapat menyebabkan iritasi dan menghasilkan reaksi alergi pada beberapa orang.
  • Cobalah menggunakan pepaya organik untuk membuat masker rambut ini.
  • Selain santan, Anda bisa menggunakan yogurt polos.
  • Jika Anda memiliki rambut yang sangat kering, Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun ke masker perawatan rambut.
  • Selain itu, sertakan pepaya (matang dan belum matang) dalam makanan Anda untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Itulah manfaat masker pepaya untuk perawatan rambut serta cara membuat masker rambut pepaya yang dapat Anda coba. Semoga resep masker rambut pepaya ini dapat membantu menjadikan rambut Anda lebih sehat, indah dan berkilau.

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

masker pepaya untuk rambut -khasiat masker pepeya untuk kulit kepala -cara membuat masker pepaya untuk rambut -cara membuat masker rambut dari pepaya -cara membuat masker rambut pepaya -masker rambut dari pepaya -manfaat pepaya untuk rambut -masker rambut menggunakan pepaya -manfaat pepaya bagi rambut -santan n pepaya buat rambut -

Leave a Reply

error: Content is protected !!