Cara Membuat Deodoran dari Minyak Kelapa Buatan Sendiri

Cara Membuat Deodoran dari Minyak Kelapa – Minyak kelapa bisa bermanfaat sebagai deodoran alami, karena bersifat antibakteri, menjaga keringat di ketiak, dan sekaligus melembabkan ketiak untuk mencegah iritasi. Kandungan minyak kelapa adalah asam lemak rantai menengah, khususnya asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan bakteri dalam aplikasi langsung. Sementara bau ketiak terutama disebabkan oleh kelenjar apokrin, yang melepaskan keringat yang kaya akan protein. Ini adalah makanan lezat untuk bakteri yang menyukai daerah hangat dan lembab, dan mengeluarkan bau tak sedap sebagai produk sampingan dari metabolisme protein. Manfaat minyak kelapa mampu menetralkan bakteri tersebut, mencegah bau yang tidak enak dan memalukan.

Baca juga: 5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak Yang Menyengat

Produk deodoran yang berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap dan antiprespirant yang mengurangi keringat banyak dipasarkan sebagai produk kosmetik yang kemudian digunakan untuk mengatasi keringat berbau tsb. Namun, sebagian besar deodoran yang Anda temukan di toko mengandung sejumlah besar bahan kimia dan senyawa seperti aluminium, paraben dan alkohol, untuk menghentikan proses keringat alami tubuh. Selanjutnya, bahan kimia dan senyawa pada deodoran non-organik, yaitu senyawa aluminium, dapat mengikat protein dengan keringat dan membentuk noda dan bekas pada ketiak baju Anda. Sebagai gantinya Anda dapat membuat deodoran dari minyak kelapa. Minyak kelapa dapat mengurangi atau menghentikan proses berkeringat dari ketiak, sementara juga melembabkan dan memastikan daerah tersebut tidak menjadi masalah.

cara membuat deodoran dari minyak kelapa

cara membuat deodoran dari minyak kelapa



Baca juga: Cara Membuat Toner Kulit Alami untuk Kulit Sehat Bercahaya

Bagaimana Cara Membuat Deodoran dari Minyak Kelapa Buatan Sendiri?

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai deodoran dengan sendirinya, tapi untuk memperbaiki efeknya, harus dikombinasikan dengan beberapa minyak dan zat penstabil lainnya, seperti baking soda, Shea butter, tepung jagung, berbagai minyak esensial dan lainnya.

Beberapa orang ada yang menggunakan cara membuat deodoran dari minyak kelapa dengan hanya mengoleskan sedikit minyak kelapa ke ketiak, namun ternyata cara ini tidak efektif untuk semua orang. Memang betul ada beberapa resep pembuatan deodoran minyak kelapa, tapi salah satu yang paling populer melibatkan beberapa bahan yang disebutkan di atas.

Bahan:

  • 3 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan baking soda
  • 2 sendok makan tepung jagung
  • 8 tetes minyak esensial Lavender

Cara Membuat

  1. Pertama, campurkan baking soda dan tepung jagung dalam mangkuk kaca.
  2. Tambahkan minyak kelapa ke dalam campuran di atas, aduk rata dengan garpu.
  3. Tambahkan minyak esensial lavender dan campurkan dengan baik.
  4. Simpan campuran ke dalam wadah gelas atau wadah kecil agar mudah digunakan.
  5. Saat menggunakan, ambil sedikit pasta dengan ujung jari dan oleskan ke ketiak.

Baca juga: Masker Rambut Pepaya untuk Rambut Cantik dan Sehat, Ini Resep dan Manfaatnya!

Cara Membuat Deodoran Minyak Kelapa Tanpa Baking Soda

Sementara baking soda bisa menjadi ramuan yang sangat efektif dalam semua deodoran alami, beberapa orang menganggapnya terlalu kasar atau kasar pada kulit dan mengalami sensasi terbakar di ketiak mereka. Bila Anda termasuk yang sensitif terhadap baking soda, Anda dapat menggunakan cara membuat deodoran dari minyak kelapa tanpa baking soda! Salah satu resep yang paling sederhana adalah sebagai berikut:

Bahan:

  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 sendok makan Shea butter
  • 1,5 sendok makan lilin lebah (beeswax)
  • 6 tetes minyak vitamin E

Cara Membuat:

  1. Campurkan minyak kelapa, Shea butter dan lilin lebah ke dalam panci ganda lalu panaskan sampai ketiganya meleleh.
  2. Jika Anda tidak memiliki panci ganda, cukup taruh ketiga bahan itu ke dalam mangkuk kaca besar atau piring Pyrex, dan letakkan di atas panci atau panci kecil dengan air 1-2 inci di dalamnya. Panaskan panci atau wajan di atas kompor. Uap dari air mendidih akan melelehkan ramuannya.
  3. Aduk bahan sampai benar-benar tercampur, lalu angkat dari panas sampai dingin. Sementara mereka mendingin, tambahkan minyak vitamin E dan terus mencampur.
  4. Jika Anda mau, Anda juga bisa menambahkan berbagai minyak esensial (seperti sage, lavender dll). Aroma dari minyak esensial ini akan memberikan bau deodoran minyak kelapa buatan sendiri lebih menyenangkan. Simpan dalam wadah kecil agar mudah digunakan.

Itulah 2 cara membuat deodoran dari minyak kelapa buatan sendiri yang populer digunakan. Silahkan Anda memilih resep deodoran minyak kelapa dengan atau tanpa baking soda. Semoga cara membuat deodoran buatan sendiri dari minyak kelapa di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

deodoran dengan minyak kelapa -minyak kelapa untuk deodoran -deodorant dari minyak jelapa -Deoderan buatan -cara membuat deodorant alami -cara membuat deodoran alami -cara membuat deadorant dari minyak kelapa -Cara bikin deodoran -buat deodoran sendiri tanpa baking soda -Bahan campuran Untuk menetral Kan minyak kelapa -

Leave a Reply

error: Content is protected !!