6 Tips Puasa Bagi Penderita Maag Agar Tetap Sehat dan Bugar

Tips Puasa Bagi Penderita Maag – Penyakit maag merupakan sebuah penyakit di saluran pencernan yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, ataupun kerongkongan. Penyebab penyakit maag atau dikenal dengan istilah kedokterannya dispepsia adalah karena adanya tukak lambung (yaitu luka di lapisan lambung biasanya disebabkan oleh produksi asam lambung berlebih), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping obat NSAID (non-steroidal anti inflammation drug / atau obat anti inflamasi non steroid), dan stres.

Telat makan dan perut kosong tentunya merupakan pantangan bagi penderita maag ini. Namun kondisi ini tentunya tak menjadi penghalang bagi Anda yang akan melakukan puasa terutama bila Anda seorang muslim yang memiliki kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Lalu apakah penderita maag diperbolehkan melakukan puasa? Bila diperbolehkan, bagaimana tips puasa bagi penderita maag agar tetap sehat bugar sepanjang hari?

Baca juga: Tips Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Sehat

Apakah Penderita Maag Diperbolehkan Melakukan Puasa? Apakah Puasa Aman untuk Penyakit Maag?

Masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa berpuasa bagi penderita maag itu dapat membahayakan kesehatan. Namun faktanya, menurut para ahli, ada kategori penderita maag yang memang diperbolehkan berpuasa dan bahkan puasa tsb memiliki dampak positif untuk kesehatannya.

Baca juga: 11 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Penyakit maag / dispepsia dibedakan menjadi 2 kategori yaitu:

  • Dispepsia fungsional yaitu penyakit maag yang terjadi karena penderitanya tak makan teratur, minum minuman bersoda, sering minum kopi, makan makanan berlemak, merokok, stress, dll tanpa ada kerusakan berarti di dalam lambung.
  • Dispepsia organik yaitu penyakit maag yang terjadi karena ada sesuatu yang tak normal di dalam salurang pencernaan, seperti tukak lambung, tukak usus dua belas jari, GERD (gastroesophageal reflux disease), polip / kanker di kerongkongan, di usus 12 jari, ataupun di lambung.

Nah dari kedua kategori penyakit maag tsb, penyakit maag fungsional lah yang sebetulnya sangat disarankan berpuasa. Bahkan melakukan puasa dapat menjadi terapi penyembuhan maag fungsional loh.

Melakukan puasa bagi penderita maag organik sebetulnya bisa saja, asalkan dalam kondisi baik. Namun penderita maag yang mengalami gejala pendarahan, muntah darah, buang air besar hitam, muntah berulang, atau selalu muntah setiap kali makan sebaiknya tidak berpuasa dulu dan sangat disarankan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Penderita kanker usus / lambung pun tak disarankan berpuasa. Jadi periksakanlah diri ke dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa.

tips puasa bagi penderita maag

tips puasa bagi penderita maag (image: emaze.com)



Baca juga: 7 Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat dan Aman Untuk Janin

Bagaimana Cara / Tips Puasa Bagi Penderita Maag Agar Tetap Fit, Sehat, dan Bugar?

Nah bila Anda ingin sekali melakukan puasa Ramadhan namun memiliki maag, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini agar puasa Anda tetap lancar dan Anda pun tetap sehat dan bugar saat puasa

#1. Periksakan dulu kondisi kesehatan Anda

Tips puas bagi penderita maag yang pertama adalah konsultasikan dulu ke dokter Anda. Bila Anda seringkali mengalami nyeri di perut, rasa begah, kembung, mual, dan bahkan muntah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tanyakan juga pada dokter apakah kondisi kesehatan Anda memungkinkan untuk berpuasa atau tidak.

#2. Jangan lupa sahur  

Bila Anda penderita maag diperbolehkan berpuasa maka sebaiknya jangan melewatkan sahur. Baik sahur maupun buka puasa sama-sama penting karena pada saat momen itulah kesempatan Anda untuk makan dan minum, menyediakan sumber energi dan nutrisi untuk keperluan tubuh. Makanlah makanan bergizi saat sahur dan buka merupakan tips puasa bagi penderita maag yang kedua.

#3. Tetap minum obat

Tips puasa bagi penderita maag berikutnya adalah tetap konsumsi obat yang diresepkan dokter. Setelah memeriksakan diri ke dokter, biasanya Anda akan diresepkan obat tertentu untuk mengurangi rasa tak nyaman di perut, seperti jenis obat antagonis reseptor H2 (simetidine, ranitidine, dll) atau obat penghambat pompa proton (lansoprazole, omeprazole, dll). Minum obat tsb sesuai petunjuk dokter di waktu sahur atau saat buka puasa. Selain kedua jenis obat ini, ada juga obat antasida yang dapat mengurangi gejala mual, perih, kembung yang terjadi.

#4. Tetap melakukan ibadah salat tarawih

Tips puasa bagi penderita maag lainnya adalah tetap melakukan shalat tarawih. Selain menambah pahala ibadah, Anda pun dapat menganggap aktivitas yang satu ini sebagai tambahan aktivitas fisik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan tubuh pun makin sehat.

#5. Istirahat yang cukup

Agar tetap sehat dan bugar selama Ramadhan, sebaiknya tidur dan istirahat yang cukup juga namun janganlah berlebihan merupakan tips puasa bagi penderita maag berikutnya. Jadi jangan jadikan puasa untuk bermalas-malasan dan malah tidur seharian karena masih banyak aktivitas lainnya yang justru lebih bermanfaat.

#6. Perhatikan pantangan makan bagi penderita maag

Kebiasaan gaya hidup tak sehat seringkali memicu terjadinya aneka penyakit. Oleh karena itu usahakan saat sahur dan berbuka puasa makanlah makanan kaya nutrisi yang seimbang dengan memperbanyak porsi makan sayur, buah-buahan, dan air minum. Pastikan juga Anda minum setidaknya 2 liter / 8 gelas per hari, misalnya minum 3 gelas saat sahur, minum 2 gelas saat buka puasa, minum lagi 3 gelas setelah sholat maghrib hingga sebelum tidur. Kebutuhan cairan yang tercukupi akan mencegah Anda terkena dehidrasi. Itulah tips puasa bagi penderita maag selanjutnya.

Selain ada jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi, tips puasa bagi penderita maag juga sebaiknya menghindari makanan sbb:

  • Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung gas seperti makanan berlemak, sayuran sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan, dan minuman yang mengandung soda.
  • Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream.
  • Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju.
  • Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang dapat merusak dinding lambung secara langsung, seperti cuka, makanan pedas, merica dan bumbu yang merangsang lainnya.
  • Penderita maag sebaiknya menghindari makanan yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • Penderita maag sebaiknya menghindari sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, tales, ubi singkong, jagung, tales, dodol.

Itulah informasi seputar tips puasa bagi penderita maag agar tetap sehat dan bugar. Semoga tips berpuasa untuk pasien penyakit lambung di atas dapat bermanfaat …

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

agar puasa tetap lancar saat mah -manfaat puasa untuk para penderita kanker -Tips makanan dan buah buahan bagi penderita maag / lambung agar tetap seht dan bugar -

Leave a Reply

error: Content is protected !!