7 Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat dan Aman Untuk Janin

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil – Puasa Ramadhan merupakan jenis puasa yang diwajibkan bagi semua umat muslim yang mampu, termasuk ibu hamil dan menyusui. Pada pelaksanaannya, bila melakukan puasa saat hamil memberatkan atau dikhawatirkan membahayakan kesehatan ibu dan janin maka diperbolehkan ibu hamil untuk tidak berpuasa dengan aturan tertentu.

Namun bila Anda tetap yakin bahwa Anda dalam kondisi sehat serta puasa tsb tidak memberatkan atau membahayakan kesehatan, maka sudah sebaiknya bila Anda melakukan puasa walaupun sedang hamil. Ada banyak manfaat puasa yang dapat dipetik baik oleh ibu maupun janinnya. Nah agar kegiatan puasa tsb dapat berjalan lancar, ada beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil yang dapat Anda ikuti.

Baca juga: Tips Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Agar Tetap Sehat

Kiat / Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa tips berpuasa saat hamil agar puasa yang Anda lakukan lancar dan Anda pun senantiasa sehat dan bugar …

  1. Niat Yang Kuat

Tips berpuasa bagi ibu hamil yang pertama adalah tanankam niat melakukan puasa dengan kuat dan ikhlas. Dengan niat tsb maka hari-hari puasa Anda akan terasa ringan.

  1. Konsultasikan Dulu Dengan Dokter

Kondisi kesehatan ibu dan janin sebaiknya menjadi bahan pertimbangan pertama sebelum Anda memutuskan untuk melakukan puasa saat hamil. Oleh karena itu tips berpuasa bagi ibu hamil yang kedua adalah periksakan kondisi Anda dan kandungan serta lakukan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Anda tak perlu takut menjalankan puasa saat hamil karena puasa sendiri tidak akan mengganggu kelahiran anak asalkan dilakukan dengan cara yang benar, dalam kondisi sehat.

Dokter akan menilai riwayat kesehatan selama masa kehamilan. Bila dokter merasa kenaikan berat badan belum ideal biasanya disarankan untuk tidak berpuasa dulu saat hamil. Selain itu dokter pun akan melihat riwayat penyakit yang Anda miliki seperti apakah Anda memiliki anemia, tekanan darah abnormal, pendarahan, ataupun diabetes maka akan disarankan untuk tidak berpuasa bagi ibu hamil. Agar Anda dan janin daam kandungan sehat maka sebaiknya Anda memperhatikan kondisi tsb sebelum memutuskan melakukan puasa atau tidak.

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Bila tidak ada kondisi kesehatan yang dikhawatirkan dan memberatkan maka sebaiknya ibu hamil melakukan puasa. Walaupun demikian, sebaiknya wanita hamil tetap hati-hati dan menjaga asupan makanan sehingga kebutuhan nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi. Itulah tips berpuasa bagi ibu hamil yang ketiga. Jangan sia-siakan kesempatan makan di waktu sahur dan saat berbuka dengan memilih makanan sehat kaya gizi yang seimbang. Kadang kala ada wanita hamil yang merasa tak selera makan, sebaiknya ingat kembali bahwa yang membutuhkan makanan bukan hanya Anda namun bayi dalam kandungan juga.

Bila diperlukan, Anda dapat meminum suplemen yang mengandung vitamin C dan mineral zinc untuk menjaga vitalitas tubuh.

Sebaiknya hindari makanan manis saat sahur karena makanan manis akam membuat tubuh Anda cepat lemas dan merasa cepat lapar.

Baca juga: Nutrisi Ibu Hamil: Makanan dan Pantangan Ibu Hamil

  1. Jangan Lupa Perhatikan Asupan Cairan Juga

Salah satu risiko kesehatan karena melakukan puasa adalah terjadinya dehidrasi / kekurangan cairan. Kurangnya cairan dapat menyebabkan tubuh Anda lemas, kurang fokus, dan mudah mengantuk. Nah agar berpuasa bagi ibu hamil ini berjalan lancar, pastikan Anda minum air yang cukup saat sahur dan setelah berbuka. Anda pun dapat mengimbangi kebutuhan cairan tsb dengan minum jus buah ataupun makan buah-buahan yang banyak mengandung air serta minum susu ibu hamil.

  1. Aktivitas Fisik Memang Diperlukan Asal Tidak Berlebihan

Aktivitas fisik ataupun olahraga ringan sangat disarankan dilakukan saat berpuasa. Banyak manfaat olahraga yag dapat dirasakan seperti melancarkan sirkulasi darah, meregangkan otot, membuat rileks dan tentunya membuat pikiran dan tubuh Anda sehat bugar.

Walaupun sedang berpuasa, bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga atau hanya bermalas-malasan di tempat tidur. Walaupun demikian, pilih jenis olahraga yang tepat saat berpuasa bagi ibu hamil, yaitu yang memiliki gerakan yang dapat membantu Anda beradaptasi pada perubahan fisik selama kehamilan serta baik untuk kesehatan janin. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah yoga, ataupun “berjalan kaki” sambil ngabuburit menunggu waktu buka puasa.

tips berpuasa bagi ibu hamil

Ilustrasi melakukan yoga merupakan salah satu tips berpuasa bagi ibu hamil agar tetap sehat dan bugar (image: istockphoto.com)



Baca juga: 7 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

  1. Jangan Lupa Istirahat

Istirahat yang cukup juga merupakan tips berpuasa bagi ibu hamil berikutnya. Bila Anda merasa lelah jangan lupa untuk beristirahat sejenak di sela-sela pekerjaan Anda. Pastikan juga Anda memiliki kualitas tidur yang cukup di malam hari.

  1. Segera Batalkan Puasa Bila …

Tips berpuasa bagi ibu hamil yang terakhir adalah perhatikan gejala-gejala atau gangguan kesehatan yang terjadi selama menjalankan puasa. Bila Anda mengalami kondisi berikut ini sebaiknya segera batalkan puasa, yaitu:

  • Bila terjadi lemas, pusing, mata berkunang-kunang merupakan gejala hipoglikemia.
  • Bila mengalami keringat berlebih apalagi keringat dingin.
  • Bila terjadi muntah-muntah yang lebih dari 3 kali karena dikhawatirkan terjadinya dehidrasi.
  • Bila terjadi diare yang disertai rasa mulas dan melilit.
  • Bila terjadi mimisan yang merupakan petanda kondisi tubuh tak stabil.

Itulah beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil yang dapat Anda ikuti agar ibu dan janinnya senantiasa sehat. Semoga dengan tips melakukan puasa saat kehamilan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

bagaimana cara ibu hamil menjaga tubuh tetap fit meakipun berpuasa -manfaat yang dapat dirasakan ibu hamil saat berpuasa -tips agar puasa lancar bagi bumil -tips bika puasa ibu hamil agar tidak sesak -tips ibu hamil agar aman -tips tubuh selalu fit bekerja saat berpuasa -

Leave a Reply

error: Content is protected !!