11 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan – Seperti yang Anda ketahui, berpuasa merupakan salah satu amalan ibadah wajib dan sunnah untuk orang muslim. Selain merupakan amalan ibadah untuk mendekatkan diri dan merupakan bentuk syukur akan nikmat yang diberikan sang Maha Pencipta, ternyata melakukan puasa wajib Ramadhan ataupun puasa Sunnah senin Kamis ataupun puasa Sunnah lainnya memiliki banyak manfaat kesehatan loh.

Selain manfaat spiritual dari puasa yaitu membersihkan hati dan jiwa, ternyata beberapa macam penelitian dilakukan juga untuk membuktikan manfaat berpuasa bagi kesehatan. Beberapa khasiat puasa Ramadhan ataupun puasa Sunnah diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, memperbaiki sensitivitas insulin, dan memperbaiki kekebalan tubuh.

Karena banyaknya manfaat kesehatan dari puasa ini, tak perlu dipungkiri lagi bila banyak orang di dunia baik muslim mapun non muslim melakukan puasa secara teratur  sebagai salah satu program diet yang banyak dilakukan. Di tempat saya tinggal, saat bulan Ramadhan tiba, ada beberapa orang non muslim yang juga melakukan puasa, selain untuk menghormati umat muslim yang berpuasa, mereka pun menginginkan untuk mendapatkan aneka manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh.

Nah agar Anda tak penasaran, berikut ini kami bahas selengkapnya mengenai potensi manfaat kesehatan dari berpuasa. Dengan informasi kegunaan puasa ini diharapkan Anda semakin semangat menjalani ibadah puasa terutama melakuan shaum Ramadhan bagi Anda orang muslim.

manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh

Ilustrasi manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh (image: breakingmuscle.com)



Baca juga: 10 Tips Agar Tubuh Anda Tetap Segar Bugar Selama Puasa

Potensi Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Para peneliti telah melakukan beberapa penilitian kenapa puasa merupakan salah satu amalan wajib bagi orang muslim. Berikut ini adalah beberapa hasil penelitian mengenai manfaat shaum Ramadhan dan kegunaan puasa pada umumnya …

Manfaat Puasa untuk Kesehatan #1: Menurunkan Berat Badan

Saat berpuasa, kira-kira 8 jam setelah makan terakhir, tubuh tidak akan mampu lagi memproduksi energi dari makanan yang kita konsumsi. Akibatnya untuk keperluan energi tubuh maka akan digunakan glukosa yang tersimpan di hati dan otot. Setelah cadangan glukosa tubuh habis, maka tubuh akan mulai membakar lemak sebagai sumber energi pengganti. Pembakaran lemak inilah yang akan membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan #2: Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain membantu menurunkan berat badan, kegunaan puasa lainnya adalah menurunkan kolesterol. Saat tubuh berpuasa maka tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi dan ini artinya jumlah kolesterol pun berkurang.

Manfaat Kesehatan dari Berpuasa #3: Untuk Detoksifikasi

Makanan olahan yang mengandung zat kimia tambahan ataupun kandungan makanan yang tidak diperlukan tubuh perlu dikeluarkan karena dapat meracuni tubuh. Racun tubuh yang larut air akan mudah dikeluarkan melalui urin ataupun keringat. Sementara racun tubuh yang larut lemak dapat dikeluarkan bila lemak tubuh juga hilang.

Nah salah satu manfaat berpuasa adalah membakar kelebihan lemak sehingga membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Khasiat Puasa #4: Baik Untuk Kesehatan Mental

Setelah beberapa hari melakukan puasa, tubuh pun akan mulai mengeluarkan hormon endorfin (yaitu hormon yang membuat Anda merasa baik) dalam jumlah banyak. Hormon ini diproduksi di darah dan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.

Manfaat Melakukan Puasa #5: Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang telah sedikit diulas di atas, salah satu manfaat berpuasa bagi kesehatan adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga nantinya tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan kuman dan tidak mudah sakit.

Ketika Anda berpuasa, tubuh akan berusaha untuk menghemat penggunaan energi. Salah satu cara menghemat energi adalah dengan mendaur ulang sel imun yang tidak diperlukan terutama sel imun yang telah rusak yang kemudian diganti dengan sel imun baru.

Berdasarkan hasil penelitian, pasien kanker yang melakukan puasa 3 hari sebelum kemoterapi mampu mencegah kerusakan sel imun yang disebabkan oleh kemoterapi tsb.

Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan #6: Menyehatkan Sistem Pencernaan

Saat berpuasa maka organ saluran pencernaan akan beristirahat. Walaupun demikian, fungsi fisiologi dari organ tsb tetap berjalan normal seperti pada produksi sekresi pencernaan, namun dengan jumlah yang lebih sedikit untuk membantu keseimbangan cairan tubuh.

Pemecahan makanan juga akan terjadi pada tingkat yang stabil begitu pula dengan pelepasan energi mengikuti pola bertahap. Pada saat berpuasa, sistem pencernaan akan melakukan revitalisasi dan meningkatkan fungsinya sehingga dapat terhindar dari penyakit gastritis, kembung, ataupun sembelit.

Kegunaan Puasa #7: Membantu Mengatasi Peradangan

Menurut penelitian, salah satu manfaat berpuasa bagi kesehatan adalah membantu mengatasi penyakit radang dan alergi seperti penyakit rematik, rheumatoid arthritis, psoriasis, dan radang usus seperti colitis ulserativa.

Khasiat Berpuasa #8: Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat berpuasa maka tubuh akan menggunakan cadangan glukosa yang tersimpan di otot dan hati sebagai sumber energi. Itu artinya, jumlah gula darah pun akan berkurang. Selain itu, menurut penelitian, manfaat berpuasa bagi kesehatan lainnya adalah meningkatkan sensitivas insulin. Itu artinya gula darah akan lebih mudah dibawa ke hati ataupun sel tubuh tanpa memerlukan insulin yang banyak.

Baca juga: Gejala Gula Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Hiperglikemia Pada Diabetes Yang Perlu Diketahui

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan #9: Membantu Mengatasi Hipertensi

Salah satu penyebab hipertensi dan penyakit jantung koroner adalah penyempitan pembuluh darah karena gumpalan lemak / plak. Seperti yang Anda ketahui, cadangan gula dan lemak akan digunakan sebagai sumber energi saat berpuasa. Oleh karena itu terapi puasa dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi tanpa obat.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan #10: Membangun Pola Makan Sehat

Salah satu cara efektif menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan diet dengan pola makan sehat. Saat berpuasa, progam diet ini akan lebih mudah dilakukan karena Anda akan dituntut hanya makan 2 x sehari dan tak berlebihan. Kebiasaan ngemil pun akan hilang dengan sendirinya. Namun agar lebih efektif, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah saat puasa ya!

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan #11: Membantu Mengatasi Kecanduan

Anda yang selama ini memiliki masalah ketergantungan rokok, kafein, ataupun alkohol dapat menggunakan momen puasa Ramadhan ini sebagai terapi pengendalian diri atau sebagai latihan untuk meredam keinginan tsb.

Baca juga: Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat Secara Total Untuk Selamanya

Gangguan Kesehatan Saat Berpuasa

Walaupun terdapat banyak manfaat berpuasa bagi kesehatan, Anda pun sebaiknya berhati-hati karena bila puasa tidak dilakukan sesuai aturan ataupun dengan cara berpuasa yang tidak tepat maka dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan terutama saat awal-awal puasa saat tubuh belum dapat melakukan adaptasi, yaitu:

Sakit Kepala

Risiko dehidrasi (kekurangan cairan) dapat saja terjadi pada orang yang berpuasa. Untuk mengatasinya, perbanyaklah minum air saat sahur dan buka puasa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Selain dehidrasi, Anda pun mungkin mengalami tingkat stress yang lebih tinggi, kurang tidur, dan juga rasa lapar yang dapat memicu sakit kepala.

Kembung

Di saat awal-awal puasa, Anda mungkin akan mengalami kembung karena kondisi lambung yang belum terbiasa. Rasa lapar atau keinginan makan akan mengirimkan sinyal otak ke lambung untuk produksi asam lambung berlebih dan menyebabkan perut kembung. Selain jenis makanan tertentu yang banyak mengandung gas pun sebaiknya dihindari saat puasa.

Bau Mulut

Berkurangnya produksi air ludah saat berpuasa dapat memicu perkembangan bakteri penyebab bau mulut. Oleh karena itu pastikan Anda membersihkan mulut dan gigi setelah sahur dan sebelum tidur, perbanyak makan buah dan sayur, dan perbanyak pula minum air putih.

Baca juga: 10 Gejala Penyakit Yang Sering Timbul Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Walaupun banyak potensi manfaat kesehatan dari puasa yang dapat Anda peroleh, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter terutama bila Anda memiliki penyakit kronis seperti penyakit jantung, penyakit liver, penyakit ginjal, diabetes, dll, begitu pula bila Anda wanita hamil dan menyusui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: medicalnewstoday.com

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

gejala apa minum 1 gelas pagi hari kencing terus menerus -cara agar puasa tetap segar dan vit d badan -manfaat puasa disaat sakit liver -selain bulan ramadhan puasa apa untuk membersihkan hati dan jiwa dari penyakit -

Leave a Reply

error: Content is protected !!