Cara Memilih serta Daftar Rumah Sakit Jantung Terbaik di Jakarta dan Indonesia

Memilih rumah sakit jantung terbaik adalah salah satu cara agar Anda atau keluarga Anda yang menderita penyakit jantung mendapatkan penanganan yang tepat. Mendapatkan dokter jantung terbaik, pelayanan rumah sakit, dan obat jantung yang tepat dengan harga terjangkau adalah harapannya.

Seperti yang Anda ketahui, biaya pengobatan penyakit jantung tidaklah murah. Coba saja Anda perhatikan berapa biaya operasi jantung dengan harga fantastis, dapat mencapai harga ratusan juta rupiah. Walupun bukanlah jaminan bila harga mahal menunjukkan baiknya kualitas sebuah rumah sakit jantung. Namun tingginya biaya pengobatan sakit jantung biasanya memang berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan. Untuk itu menjaga kesehatan jantung adalah pilihan yang sangat tepat.

Walaupun sudah ada program BPJS Kesehatan yang menanggung semua biaya pengobatan di rumah sakit jantung asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun masih banyak masyarakat yang mengambil jalur umum untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan cepat.

Walaupun untuk pasien BPJS, pemilihan rumah sakit jantung terbaik dilakukan oleh FasKes Tingkat 1 (seperti puskesmas ataupun klinik) dimana pasien nantinya akan dirujuk ke rumah sakit terdekat. Namun untuk kasus gawat darurat, pasien dapat saja langsung dibawa ke rumah sakit jantung terdekat untuk segera mendapatkan penanganan tanpa harus mendapatkan rujukan dari FasKes Tingkat 1.

Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Rumah Sakit Jantung Terbaik

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum menentukan / memilih rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan jantung yang terbaik, yaitu:

Lokasi Dekat

Pilihlah rumah sakit jantung terdekat dengan lokasi dimana Anda berada. Saaat seseorang mengalami serangan jantung maka pasien harus segera dibawa ke rumah sakit dalam waktu maksimal 30 menit untuk mendapatkan penanganan.

Fasilitas Lengkap

Tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas untuk perawatan penderita penyakit jantung yang lengkap. Rumah sakit khusus jantung biasanya memiliki peralatan lebih lengkap.

Memiliki Dokter Ahli Jantung

Seperti halnya kelengkapan peralatan, adanya dokter spesialis jantung pun merupakan faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan rumah sakit jantung yang tepat. Dokter ahli jantung memiliki kemampuan khusus dalam menangani pasien penyakit jantung.

Pelayanan Profesional

Pelayanan yang baik seperti keramahan, tanggap akan pertanyaan dan kebutuhan pasien, layanan dokter 24 jam juga merupakan faktor penting dalam memilih rumah sakit jantung terbaik.

Faktor Lainnya

Faktor yang dipertimbangkan lainnya adalah kebersihan, kerapihan, kenyamanan, dan ketenangan yang diberikan oleh sebuah rumah sakit.

Kelima faktor di atas akan menentukan nilai rating sebuah rumah sakit jantung. Anda dapat mengetahui rating tsb di internet ataupun informasi lainnya.

Dari kesemua faktor di atas maka dapat disimpulkan bahwa rumah sakit khusus jantung lah yang sebaiknya menjadi pilihan utama.

Rumah Sakit Jantung Pusat Harapan Kita

Rumah Sakit Jantung Pusat Harapan Kita



Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

Daftar Rumah Sakit Khusus Jantung di Jakarta yang Melayani BPJS

Saat seseorang mengalami gejala penyakit jantung seperti nyeri dada, jantung berdebar-debar, sesak nafas, dll sebaiknya segera memeriksakan diri ke klinik / rumah sakit terdekat.

Salah satu manfaat BPJS Kesehatan adalah pasien anggota BPJS bisa mendapatkan pelayanan gratis di klinik maupun rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Bagi Anda pengguna BPJS Kesehatan maka Anda dapat memeriksakan diri pada dokter di FasKes 1, kecuali untuk kasus gawat darurat seperti mendapatkan serangan jantung maka sebaiknya pasien dibawa langsung ke rumah sakit jantung terdekat.

Berikut ini adalah daftar rumah sakit khusus jantung yang ada di Jakarta dan melayani pasien BPJS Kesehatan, yaitu:

  1. RSJP Harapan Kita adalah rumah sakit jantung pemerintah yang berlokasi di Jl. Letjen S. Parman Kavling 87, Slipi, Jakarta, nomor telp: (021) 5684093. Rumah sakit ini memiliki jumlah kamar inap sebanyak 180 kamar yang didukung oleh 67 orang dokter.
  2. RS Jantung Bina Waluya adalah rumah sakit khusus jantung pemerintah yang berlokasi di Jl. T.B. Simatupang No.71, RT. 11 RW. 05, Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, nomor telp: (021) 87781605. Rumah sakit ini memiliki kamar inap sebanyak 38 kamar yang didukung oleh 16 orang dokter.
  3. RS Jantung Jakarta adalah rumah sakit khusus jantung swasta yang berlokasi di Jl. Matraman Raya No.23, RT. 02 RW. 01, Pal Meriem, Matraman, Jakarta Timur, nomor telp: (021) 29361160. Rumah sakit ini memiliki 51 kamar inap yang didukung oleh 4 dokter.

Nah itulah 3 rumah sakit khusus jantung yang ada di Jakarta dan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

10 Daftar Rumah Sakit Jantung Terbaik di Indonesia Lengkap dengan Ratingnya

Berikut ini adalah daftar rumah sakit yang memberikan pelayanan penyakit jantung terbaik di Indonesia dilengkapi dengan rating google review per April 2017.

  1. RSJP Harapan Kita – alamat: Jl. Letjen S. Parman Kavling 87, Slipi, Jakarta, nomor telp: (021) 5684093. Memiliki rating google review 4,3 / 5 dengan jumlah responden 124 orang.
  2. RS Jantung Bina Waluya – alamat: Jl. T.B. Simatupang No.71, RT. 11 RW. 05, Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, nomor telp: (021) 87781605. Memiliki rating google review 4,0 / 5 dengan jumlah responden 42 orang.
  3. RS Jantung Jakarta – alamat: Jl. Matraman Raya No.23, RT. 02 RW. 01, Pal Meriem, Matraman, Jakarta Timur, nomor telp: (021) 29361160. Memiliki rating google review 4,3 / 5 dengan jumlah responden 65 review.
  4. RS Khusus Jantung Diagram (Siloam Hospitals Group) – alamat: Jl. Maribaya No.1, Cinere, Jakarta. Nomor telp: (021) 7545499. Memiliki rating google review 4,4/5 dengan jumlah responden 10 orang.
  5. Jakarta Heart & Vascular Center – alamat: Jl. Bukit Gading Raya Kav 2, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta, nomor telp: (021) 45852700. Memiliki rating google review 4,4/5 dengan jumlah responden 116 orang.
  6. Rumah Sakit PHC Surabaya – alamat: Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1, Tanjung Perak, Kota Surabaya, nomor telp: (031) 3294801-3. Memiliki rating google review 4,2/5 dengan jumlah responden 72 orang.
  7. Rumah Sakit Internasional Rajawali – alamat: Jl. Rajawali 73, Campaka, Andir, Kota Bandung, nomor telp.: (022) 6031087. Memiliki rating google review 3,4/5 dengan jumlah responden 30 orang.
  8. Rumah Sakit Khusus Jantung Hasna Medika – alamat: Jl. Raden Gilap No. 8, Palimanan Timur Kec. Palimanan, Cirebon. Memiliki rating google review 4,7/5 dengan jumlah responden 31 orang.
  9. Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung – alamat: Jl. Pasteur No.38, Sukajadi, Kota Bandung, no telp: (022) 2034953. Memiliki rating google review 3,5/5 dengan jumlah responden 238 orang.
  10. Rumah Sakit Al Islam Bandung – alamat: Jl. Soekarno-Hatta No. 644, Rancasari, Bandung, nomor telp: (022) 7562046. Memiliki rating google review 4,1/5 dengan jumlah responden 107 orang.

Nah itulah informasi seputar cara memilih rumah sakit jantung terbaik berikut daftar rumah sakit khusus jantung terbaik yang ada di Jakarta maupun di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ..

Sumber Referensi:
www.panduanbpjs.com/ini-daftar-rumah-sakit-khusus-jantung-di-jakarta/; kumpulanilmu.com/10-daftar-rumah-sakit-jantung-terbaik-di-indonesia; storify.com/rumahsakit/rumah-sakit-jantung-terbaik-di-jakarta

 

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

rumah sakit jantung jakarta bpjs -rumah sakit jantung jakarta -jakarta heart center bpjs -rs bina waluya bpjs -rumah sakit jantung di Jakarta -dokter jantung terbaik di bandung -rumah sakit jantung -rumah sakit khusus jantung -untuk bpjs jantung harapan kita atau siloam -cara berobat dg BPJS ke RS jantung jakarta -

Leave a Reply

error: Content is protected !!