6+ Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh Sungguh Luar Biasa!

Manfaat Propolis Bagi Kesehatan – Hampir semua orang tahu segudang manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa tak hanya madu yang dihasilkan oleh lebah? Masih ada produk-produk lain, diantaranya adalah propolis.

Seperti halnya madu, propolis pun memiliki aneka manfaat kesehatan maupun kecantikan. Propolis pun telah digunakan sejak jaman dulu kala sebagai obat herbal dan obat tradisional oleh nenek moyang kita. Nah apa sebetulnya propolis itu? Dan apa saja manfaat propolis bagi kesehatan? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

Mengenal Apa Itu Propolis?

Propolis atau dikenal juga sebagai lem lebah merupakan salah satu produk alami yang dihasilkan oleh lebah madu. Propolis dapat diartikan sebagai campuran resin yang dihasilkan lebah dengan cara menggabungkan ludahnya sendiri, lilin (wax) dan getah yang diambil dari berbagai pohon / tanaman. Warna propolis sendiri akan sangat tergantung pada apa yang dikumpulkan lebah dari alam untuk membuatnya, namun pada umumnya warna propolis adalah coklat gelap.

Manfaat propolis bagi lebah itu sendiri adalah untuk menutupi celah kecil yang ada di sarang lebah. Sementara celah yang besar akan diisi oleh lilin (beeswax). Peranan propolis dan beeswax ini sangat penting untuk melindungi sarang lebah dari hewan pengganggu seperti ular ataupun kadal.

manfaat propolis bagi kesehatan

manfaat propolis bagi kesehatan (image: nutrawiki.org)



Baca juga: 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Apa Saja Kandungan dari Propolis?

Para peneliti terlus melakukan penelitian terhadap kandungan nutrisi propolis. Setidaknya ditemukan lebih dari 300 senyawa alami di dalamnya, seperti asam amino, kumarin, fenolik aldehid, polifenol, sequiterpen quinin, dan steroid.

Secara garis besar, propolis terdiri dari 50% resin, 30% lilin (wax), 10% minyak esensial, 5% polen, dan 5% senyawa organik lainnya. Komposisi dan kandungan propolis akan berbeda-beda tergantung waktu, tempat, dan sumber tanamannya.

Apa Saja Manfaat Propolis Bagi Kesehatan? Apakah Itu Fakta atau Hanya Mitos?

Banyak yang mengklaim bahwa propolis memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan bahkan dapat digunakan untuk menyembuhkan kanker. Bila Anda bertanya mengenai apakah khasiat propolis tsb merupakan fakta atau mitos? Mungkin Anda perlu mengetahui fakta berikut ini …

Kegunaan propolis telah dimanfaatkan sejak jaman dulu kala, yaitu sejak tahun 350 Sebelum Masehi. Orang Mesir kuno telah menggunakan propolis untuk proses pembuatan mumi, sementara orang Yunani dan Asirian kuno telah mengunakannya karena manfaat propolis yang memiliki kemampuan menyembuhkan luka dan tumor.

Memang betul sekali, dari sekian aneka manfaat propolis bagi kesehatan masih perlu dibuktikan secara ilmiah. Namun perlu Anda ketahui, pengalaman para penggunanya menunjukkan bahwa salah satu manfaat propolis dapat dijadikan sebagai bahan obat dan memiliki aneka khasiat kesehatan hingga membuatnya terus digunakan hingga sekarang ini.

Nah apa saja potensi manfaat propolis bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah 6 manfaat kesehatan propolis diantaranya ….

Manfaat Propolis Dalam Melawan Kanker

Salah satu khasiat propolis adalah memiliki sifat anti-tumor dan anti-kanker. Ada sekitar 300 penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan propolis dalam melawan kanker. Ada 2 jenis polifenol dalam propolis yang memiliki sifat anti tumor terbaik yaitu caffeic acid phenethyl esters dan Artepillin C. Para ahli mempercayai bahwa propolis memiliki kemampuan untuk mencegah kanker baik pada hewan maupun sel manusia, dengan cara menghambat pembentukan DNA di sel tumor juga memiliki kemampuan untuk memulai apoptosis (yaitu program kematian sel tumor).

Manfaat propolis sebagai anti-kanker pun diperkuat dengan penelitian lainnya. Pada tahun 2016, ada penelitian yang menguji efek ekstrak propolis dari daerah Thailand Utara yang memiliki antioksidan yang tinggi termasuk kandungan fenolik dan flavonoidnya. Ekstrak propolis tsb memiliki efek anti kanker dan meningkatkan ketahanan tubuh bagi hewan yang telah memiliki tumor. Dengan adanya penemuan ini, ekstrak propolis dapat dipertimbangkan sebagai obat tradisional alami untuk pengobatan kanker.

Khasiat Propolis Dalam Mengobati Sariawan

Sariwan merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida. Sariawan dapat terjadi di mulut, usus, dan miss V, serta mempengaruhi kulit dan membran mukosa. Sebetulnya sariawan dapat membaik dengan sendirinya bila kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun di saat sistem imun seseorang lemah, maka infeksi candida ini dapat berpindah ke bagian tubuh lainnya termasuk darah dan membran sekitar jantung ataupun otak.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Phytotherapy Research menyebutkan bahwa ekstrak propolis dapat menghambat sariawan mulut paa orang yang memiliki radang gusi dan kandidiasis. Hasil penelitian lain pada Journal of Medicinal Food yang dipublikasikan tahun 2011 menujukkan manfaat propolis yang memiliki efek anti jamur tertinggi dibandingkan madu, bee pollen, dan royal jelly.

Kegunaan Propolis Dalam Mengobati Herpes

Infeksi herpes mulut dan herpes genitalis disebabkan oleh virus Herpes simplex yang dikenal dengan HSV-1 dan HSV-2. Infeksi ini dapat terjadi di mulut, bibir, dan area genital dengan bentuk bentolan yang kemudian melepuh. Bila dibiarkan, luka ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari dengan disertai bercak kemerahan, rasa nyeri, dan rasa malu. Setelah luka lecet tsb hilang bukan berarti virus tsb hilang dari tubuh Anda, namun virus tsb akan “tidur” untuk sementara waktu dan kambuh kembali. Jadi sebaiknya jaga diri Anda jangan sampai tertular virus ini.

Baca juga: Herpes Pada Ibu Hamil Penyebab Herpes Pada Bayi, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Lalu bagaimana bila Anda sudah tertular?

Kabar baik diperoleh dari hasil penelitian bahwa salah satu manfaat propolis adalah dapat menghentikan kambuhnya infeksi virus HSV-1 dan HSV-2. Hasil penelitian juga membandingkan khasiat propolis dengan khasiat salep Zovirax (yaitu salah satu obat herpes genitalis). Hasilnya salep propolis dapat menyembuhkan luka lecet lebih cepat dibandingkan Zovirax. Selain itu salep propolis pun dapat membantu meredakan nyeri dan lamanya luka lecet tsb. Oleh karena itu sekarang pun mulai banyak lip balm yang mengandung propolis yang digunakan untuk pengobatan herpes mulut.

Manfaat Kesehatan Propolis Dalam Mencegah dan Mengatasi Pilek serta Sakit Tenggorokan

Khasiat propolis lainnya adalah mencegah dan mempercepat pemulihan dari penyakit pilek dan sakit tenggorokan. Pada musim-musim seperti sekarang ini dimana terjadi perubahan cuaca yang ekstrim seringkali membuat seseorang mudah mengalami flu, pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang diberikan propolis terkena pilek lebih sedikit dibandingkan yang tidak diberikan. Selain itu, hasil penelitian lainnya terhadap manfaat propolis adalah mereka yang diberikan propolis dapat sembuh lebih cepat dibandingkan yang tidak diberikan propolis.

Manfaat Propolis Dalam Melawan Infeksi Parasit

Giardiasis adalah suatu penyakit infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh parasit Giardia lamblia. Seseorang dapat terkena infeksi ini bila terkena kontak dengan penderita atau makan makanan dan minum air yang telah tekontaminasi parasit ini.

Penelitian mencoba mencari bukti akan khasiat propolis untuk menyembukan penyakit infeksi ini. Hasilnya, ekstrak propolis dapat menyembuhkan sebanyak 52% pada anak-anak dan 60% pada orang dewasa.

Manfaaat Propolis Dalam Memperbaiki Kesuburan Wanita (dengan Endometriosis)

Khasiat propolis dalam meningkatkan kesuburan diuji pada wanita yang memiliki endrometriosis. Hasilnya orang yang memakan propolis dengan dosis 500mg 2x sehari dalam 6 bulan meningkatkan kehamilan sebanyak 60%.

Penelitian juga menunjukkan, bahwa kegunaan propolis juga dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita tanpa penyakit endometriosis.

Perhatian / Peringatan Dalam Menggunakan Propolis

Walaupun banyak manfaat propolis bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan, namun penggunaannya sebaiknya diwaspadai untuk hal-hal berikut ini:

  • Orang yang alergi pada madu, bee pollen, royal jelly, sebaiknya tidak mengkonsumsi propolis sampai dilakukan tes alergi dan dinyatakan aman.
  • Propolis dapat meningkatkan risiko pendarahan pada orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah atau orang yang memiliki gangguaan pendarahan. Alasannya karena propolis dapat memperlambat pembekuan darah, jadi sebaiknya hentikan penggunaan propolis setidaknya hingga 2 minggu sebelum operasi.
  • Bila Anda memiliki infeksi parasit, jangan gunakan propolis sebagai obat tunggal. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat lainnya.
  • Sebaiknya hindari penggunaan propolis bila Anda memiliki asma karena kandungan di dalamnya dapat memperburuk asma. Walaupun ada hasil penelitian mengenai manfaat propolis dalam mengatasi asma sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.
  • Bila Anda hamil atau sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan propolis.

Bagaimana Cara Mendapatkan Propolis?

Untuk merasakan aneka manfaat propolis bagi kesehatan tubuh, Anda dapat membeli propolis di toko obat maupun apotek baik dalam bentuk ekstrak, kapsul, table, serbuk, salep, krim, dll.

Bila Anda tak ingin repot, silahkan klik tombol di bawah ini untuk membeli British Propolis yaitu propolis dengan kualitas premium, telah memiliki ijin dari BPOM, silahkan langsung beli di toko online terpercaya di bawah ini …

beli bristish propolis

Jangan lupa baca petunjuk penggunaannya ya ..

Penutup

Itulah aneka manfaat propolis bagi kesehatan. Walaupun kebanyakan hasil penelitian belum mendapatkan bukti klinis pada manusia namun bila dilihat dari eksistensinya yang terus bertahan hingga ribuan tahun lamanya membuat khasiat propolis ini semakin dipercayai. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: draxe.com/bee-propolis/

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

menurut penelitian manfaat propolis -news -khasiat propolis untum jamur kandidas -manfaat propolis parasit -manfaat propolis garis besar -manfaat propolis bagi orang dewasa -manfaat madu dan ekstrak propolis -man faat propolis bagi tubuh -propolis pada jaman kuno -dosis propolis untuk ketahanan tubuh -

Leave a Reply

error: Content is protected !!