Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah dan Mulut Pahit

Cara Mengatasi Lidah dan Mulut Pahit – Mulut terasa pahit biasanya dialami orang yang sedang sakit sehingga menyebabkan kurangnya selera makan. Namun pernahkah Anda merasakan pahit atau asam di mulut saat bangun tidur juga? Nah sebetulnya apa ya penyebab rasa tak enak pada lidah dan mulut?

Rasa tak enak pada mulut seperti lidah pahit ataupun mulut pahit atau asam dapat menunjukkaan banyaknya bakteri tertentu di dalam tubuh karena nutrisi yang kurang baik. Nah untuk untuk mengetahui penyebab lainnya beserta cara mengatasi rasa tak enak di mulut, silahkan simak ulasan Dunia Kesehatan berikut ini ..

Baca juga: Cara Deteksi Penyakit Melalui Lidah, Yuk Kenali Warna Lidah Anda!

Apa Itu Rasa Pahit di Mulut?

Namun sebelum membahas mengenai penyebab lidah dan mulut pahit serta cara mengatasinya, alangkah baiknya bila Anda mengetahui apa itu rasa pahit di mulut dan mengapa kita bisa merasakan rasa pahit?

Rasa yang Anda rasakan merupakan gabungan antara bau dan apa yang dirasakan oleh sensor rasa di lidah yang kemudian dikirimkan ke otak. Indera perasa ini mampu menentukan rasa manis, asin, asam dan pahit. Pada beberapa orang yang lebih sensitif pada rasa pahit karena orang tsb dapat merasakan zat PTC (phenylthiocarbamide) yang mana orang lain tidak dapat merasakannya. Saat lahir setiap orang memiliki sekitar 10000 indera perasa yang kemudian menyusup seiring dengan pertambahan usia. Oleh karena itu sangat wajar bila orang tua dapat mentolelir rasa dibandingkan anak-anak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah dan Mulut Pahit

image: steptohealth.com



Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Obat Kanker Lidah Yang Perlu Diketahui

Apa Saja Penyebab Mulut Pahit dan Apa Yang Menyebabkan Lidah Pahit?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rasa getir, rasa logam atau pahit pada mulut, berikut ini adalah beberapa penyebab umum rasa tak enak pada lidah dan mulut yang perlu diketahui ..

  1. Buruknya Kebersihan Mulut

Kebiasaan tidak menggosok gigi atau membersihkan mulut dapat memicu terjadinya penyakit gigi dan gusi yang dapat meninggalkan rasa logam di mulut. Untuk mengatasi rasa pahit di mulut karena penyebab ini dapat dilakukan dengan mengobati infeksinya dan meningkatkan kebersihan pada mulut dan gigi.

  1. Obat Tertentu

Beberapa obat tertentu seperti untuk mengobati sakit jantung dan psikiatrik dapat menyebabkan lidah dan mulut pahit. Beberapa obat tsb antara lain yang mengandung litium, antibiotik seperti tetrasiklin, dan allopurinol. Rasa pahit tsb akan muncul pada air ludah setelah penyerapan obat tsb. Obat antidepresan pun dapat menyebabkan mulut kering dan rasa tak enak pada lidah dan mulut.

  1. Vitamin dan Suplemen

Multivitamin dan vitamin ibu hamil biasanya mengandung banyak mineral seperti zinc, tembaga, dan kromium yang dapat menyebabkan rasa pahit pada mulut. Lidah dan mulut pahit pun dapat disebabkan oleh suplemen yang mengandung kalsium dan besi. Namun rasa tak enak di mulut ini dapat hilang dengan sendirinya bila suplemen tsb telah habis diserap oleh tubuh. Bila rasa pahit di lidah dan mulut tsb masih ada mungkin Anda mengkonsumsi vitamin / suplemen secara berlebihan.

  1. Zat Inhalasi

Beberapa zat kimia yang terhirup dapat mempengaruhi indra perasa Anda. Merokok dapat menyebabkan mulut pahit. Begitu pula bila Anda menghirup debu karet, gasoline ataupun benzene maka Anda akan merasakan rasa pahit di mulut.

  1. Refluks Asam

Refluks asam terjadi saat asam lambung naik ke esofagus dan meninggalkan rasa pahit dan napas busuk di mulut. Anda dapat mengatasi lidah dan mulut pahit karena asam lambung ini dengan membatasi makanan berminyak dan makanan pedas selain menggunakan pengobatan untuk mengatasi GERD / penyakit refluks asam.

  1. Kehamilan

Ketidakseimbangan hormon pada masa kehamilan dapat memicu terjadinya muntah-muntah dan mual yang dapat meninggalkan rasa tak enak pada mulut. Lidah pahit saat hamil adalah normal dan umum terjadi. Lidah pahit saat hamil tsb dapat hilang dalam beberapa hari. Untuk membantu mengatasi rasa tak enak pada mulut, Anda dapat memakan permen dengan rasa jeruk atau mint.

  1. Penyebab Lidah dan Mulut Pahit Lainnya

Penyebab rasa pahit pada lidah dan mulut lainnya adalah dehidrasi, glossitis, mulut kering, alergi, infeksi kelenjar ludah, kekurangan zinc dan vitamin B12, dan adanya polip di hidung.

Selain itu lidah dan mulut pahit dapat disebabkan juga karena cara bernapas yang melalui mulut, gangguan saluran pernapasan atas, dan penyakit otoimun seperti Sjogren’s syndrome dan Bell’s palsy.

Beberapa luka dan trauma seperti pada kepala, saraf, mulut, hidung, dan tergigitnya lidah dapat juga menyebabkan rasa pahit pada mulut.

Selain itu alat bantu gigi seperti kawat gigi; operasi pada telinga, hidung, gigi atau tenggorokan; terapi radiasi pada leher atau kepala dapat menyebabkan rasa pahit di mulut.

Baca juga: Penyebab Lidah Putih Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Mengatasi Lidah dan Mulut Pahit?

Rasa logam atau rasa pahit di mulut memang mengganggu terutama bila Anda tak mengetahui penyebab lidah dan mulut pahit tsb atau cara mengatasi rasa tak enak di mulut tsb.

Tergantung dari penyebabnya, beberapa cara mengatasi lidah dan mulut pahit berikut ini dapat Anda coba …

  1. Tingkatkan Kebersihan Mulut dan Gigi

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi setelah makan atau setidaknya 2 x sehari. Kebersihan mulut yang terjaga akan mencegah berkembangnya bakteri penyebab lidah dan mulut pahit.

Selain menyikat gigi, sebaiknya lakukan juga menggosok lidah dan menggunakan benang gigi / dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela gigi yang tidak dapat hilang oleh sikat gigi.

Selain dapat mengatasi rasa lidah dan mulut pahit, menjaga kebersihan mulut dan gigi pun dapat menghindarkan Anda dari bau mulut yang tidak sedap.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Efektif dan Permanen

2. Gunakan Baking Soda Untuk Sikat Gigi

Sebelum menggunakan pasta gigi, cobalah untuk menggosok gigi anda menggunakan baking soda untuk mengatasi lidah dan mulut pahit. Gunakan ½ sdt baking soda pada sikat gigi lalu gosoklah gigi dan lidah Anda sekitar 2 dan ½ menit. Pastikan anda juga menyikat gigi Anda setidaknya 2 kali sehari untuk mencegah akumulasi bakteri penyebab rasa pahit di mulut.

3. Gunakan Penggosok Lidah

Untuk lebih memaksimalkan kebersihan mulut, gosoklah lidah Anda dari belakang ke depan secara rutin. Bilaslah pengikis lidah setiap sekali gosokan sebelum digunakan kembali. Cara ini cukup efektif mengatasi lidah pahit yang disebabkan oleh bakteri pada lidah.

4. Gunakan “Mouth Rinse

Untuk membantu menyegarkan mulut Anda dan mengatasi rasa pahit di mulut, gunakan “mouth rinse” yang banyak dijual di pasaran. Pastikan patuhi petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

5. Gunakan Antasida

Salah satu penyebab lidah dan mulut pahit adalah GERD / penyakit asam refluks. Untuk mengatasi rasa pahit di mulut karena penyakit ini, Anda dapat mencoba antasida yang dijual bebas di pasaran. Namun pastikan gunakan sesuai pentunjuk penggunaannya ya.

6. Makan Buah Jeruk

Makan buah jeruk merupakan resep yang diturunkan oleh orang tua kita dulu. Buah jeruk ternyata dapat meningkatkan produksi air ludah yang dapat membantu menghilangkan rasa pahit di mulut. Bila Anda kurang suka memakan buah jeruk secara langsung, Anda pun dapat mencoba jus jeruk ataupun infused water untuk membantu menghilangkan rasa tak enak pada mulut.

Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Minum Air Lemon dan Madu Hangat untuk Kesehatan Tubuh

7. Cara Mengatasi Lidah dan Mulut Pahit Lainnya

Berikut ini beberapa cara alami mengatasi rasa pahit di mulut, yaitu:

  • Minumlah air yang cukup untuk menurunkan kadar asam di lambung serta menetralisir toksin pada mulut.
  • Kunyah permen karet rasa citrus, mint ataupun peppermint setelah makan makanan pedas.
  • Kunyah 1 sdt cengkeh atau kayu manis.
  • Makanlah dengan porsi kecil namun lebih sering dan batasi makanan yang digoreng atau makanan pedas pemicu asam refluks.
  • Makanlah sedikit-sedikit, kunyah dengan baik, lalu telan perlahan untuk menghindari gangguan saluran pencernaan.

Apakah Lidah dan Mulut Pahit Merupakan Gejala Penyakit Serius?

Penyebab umum rasa pahit di mulut adalah muntah-muntah dan refluks asam yang sebetulnya tidak akan menyebabkan lidah dan mulut pahit secara permanen. Begitu pula dengan kehamilan dan konsumsi obat-obatan tertentu hanya akan menyebabkan rasa pahit pada mulut secara sementara saja.

Rasa pahit di mulut dapat juga terjadi dengan merasakan gejala lainnya seperti:

  • Bau mulut
  • Pendarahan di gusi
  • Perubahan pergerakan wajah karena gangguan saraf wajah
  • Mulut kering
  • Air ludah berlebih
  • Gejala seperti flu (lelah, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, sakit-sakit badan)
  • Hilang napsu makan
  • Terganggunya indera penciuman
  • Hidung meler
  • Tonsil / amandel bengkak
  • Muntah-muntah

Nah bila Anda terus-terusan mengalami lidah dan mulut pahit, sebaiknya Anda patut curiga bila Anda sedang mengalami gejala penyakit lainnya. Karena bisa jadi rasa pahit di lidah dan mulut tsb disebabkan oleh penyakit infeksi. Bila sudah demikian sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.

Beberapa gejala yang menyertai lidah dan mulut pahit berikut ini perlu Anda waspadai karena dapat mengancam jiwa, yaitu:

  • Merasa bingung, kurang kesadaran, dan kurang kewaspadaan
  • Sulit bernapas, sesak napas
  • Tidak bisa menelan
  • Kelumpuhan atau terkulainya wajah
  • Bicara menjadi cadel
  • Tiba-tiba mulut, bibir atau lidah membengkak

Itulah informasi seputar penyebab lidah dan mulut pahit dan cara mengatasi rasa pahit di mulut yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menghilangkan rasa tak enak di mulut Anda. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi: www.newhealthadvisor.com/Bitter-Taste-in-Mouth.html; www.healthgrades.com/right-care/oral-health/bitter-taste-in-mouth/

 

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

mulut terasa pahit -mulut pahit -lidah terasa pahit terus -penyebab mulut terasa pahit -https://javatalk info/2017/01/penyebab-dan-cara-mengatasi-lidah-dan-mulut-pahit html/ -lidah terasa pahit -mulut terasa pahit dan bibir kering -lidah pahit -cara mengatasi lidah pahit -cara menghilangkan rasa pahit di lidah -

Leave a Reply

error: Content is protected !!