Kegunaan dan Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Manfaat baking soda untuk kehidupan sehari-hari sudah banyak diketahui orang. Bagi Anda pecinta kuliner dan senang memasak, baking soda sering kali digunakan untuk pembuatan kue. Kegunaan baking soda sebetulnya tidak hanya untuk keperluan memasak. Namun ternyata bahan yang sering ada di dapur ini dapat pula digunakan untuk menyerap bau tak sedap di kulkas ataupun untuk mengatasi saluran air tersumbat seperti di wastafel cuci piring.

Nah, selain fungsi baking soda yang disebutkan di atas, ada lagi poin penting yaitu kegunaan dan manfaat baking soda bagi kesehatan. Nah bagi Anda yang penasaran dengan informasi tsb, silahkan simak ulasan berikut ini …

Apa Itu Baking Soda?

Namun sebelum Dunia Kesehatan mengulas tentang aneka manfaat dan kegunaan baking soda untuk kesehatan, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu sebetulnya baking soda?

Kandungan baking soda adalah 100% sodium bikarbonat yang dapat digunakan sebagai pengembang kue. Ketika senyawa ini dicampurkan dengan asam maka akan terbentuk reaksi kimia dengan menghasilkan gelembung udara dan gas karbon dioksida. Nah gas CO2 inilah yang membuat adonan donat / roti mengembang. Reaksi kimia ini dapat pula Anda saksikan saat mencemplungkan effervescent ke dalam air.

Bentuk alami dari baking soda dikenal dengan nama nahcolite yang mengandung mineral alami “natron”. Natron sangat kaya akan sodium bikarbonat yang telah digunakan pada zaman nenek moyang dulu. Dulu kala, orang Mesir telah menggunakan natron ini sebagai sabun / zat pembersih. Pada tahun 1846, Dr. Austin Church dan John Dwight baru memproduksi dan menjual produk baking soda yang kita kenal sekarang ini. Pada tahun 1860, baking soda kemudian dikenal sebagai bahan tambahan untuk memasak.

Pada tahun 1930, banyak ahli yang menyarankan penggunaan baking soda untuk pengobatan seiring dengan diketahuinya kegunaan dan manfaat baking soda bagi kesehatan melalui serangkaian penelitian.

kegunaan dan manfaat baking soda bagi kesehatan

Manfaat Baking Soda Sudah Dirasakan Sejak Dulu (image: undergroundhealth.com)



Baca juga: Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Kegunaan dan Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Tubuh

Nah Anda sudah mengetahui apa itu baking soda, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja fungsi dan manfaat baking soda untuk kesehatan tubuh …

Fungsi dan Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

  1. Manfaat Baking Soda Sebagai Deodoran Alami

Anda mungkin sekarang ini sering menggunakan deodoran yang banyak dijual di pasaran untuk mengatasi bau badan / bau keringat. Bila Anda perhatikan deodorant tsb mengandung paraben dan aluminum. Nah bila Anda senang hal-hal yang alami dan ingin menghindari kedua zat tsb, cobalah gunakan baking soda dengan mencampurkan sedikit baking soda dengan air hingga terbentuk pasta lalu oleskan di ketiak. Anda pun dapat menggunakan bubuk baking soda secara langsung di ketiak.

Baca juga: Penyebab Keringat Berlebih Apakah Penyakit Serius? Hati-Hati!

  1. Kegunaan Baking Soda Sebagai Exfoliator dan Menghaluskan Kulit

Untuk menghilangkan bau dan menjaga kehalusan kaki Anda, rendamlah kaki Anda ke dalam baskom yang berisi air hangat dan 3 sdm baking soda. Bila tumit Anda pecah-pecah, oleskan pasta baking soda yang terbuat bubuk baking soda dan air (3:1). Anda pun dapat menggunakan pasta ini untuk tubuh Anda yang lainnya sebagai eksfoliator atau mengelupaskan kulit-kulit mati.

manfaat baking soda untuk menghaluskan kulit kaki

Rendam Kaki Untuk Merasakan Manfaat Baking Soda (image: davidwolfe.com)

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah Secara Alami

Untuk mengelupaskan kulit mati di wajah, gunakan pasta baking soda dengan gerakan memutar pada wajah, kemudian bilas.

Manfaat baking soda untuk kehalusan kulit dapat Anda rasakan dengan penggunaan secara rutin menggunakan bahan alami dan murah ini.

  1. Fungsi Baking Soda Untuk Relaksasi dan Menyegarkan Tubuh

Weekend merupakan waktu yang tepat untuk memanjakan diri dengan serangkaian perawatan tubuh. Salah satunya melakukan spa. Nah bila Anda khawatir biaya spa yang mahal di salon atau klinik kecantikan, sekarang cobalah spa di rumah. Caranya cukup dengan gunakan baking soda dan cuka apel ke dalam bak mandi lalu gunakan berendam. Cara ini dapat membuat Anda merasakan relaksasi yang tak kalah dengan salon ternama. Selain itu, Anda pun masih mendapatkan bonus manfaat baking soda lainnya yaitu bak mandi / bathtub dan saluran pembuangan menjadi bersih, mantap kan?

  1. Manfaat Baking Soda Untuk Membersihkan Tangan

Mencuci tangan sebelum makan ataupun setelah beraktivitas merupakan salah satu cara efektif mencegah aneka penyakit menular. Pasta baking soda-air (3:1) dapat pula digunakan sebagai bahan pembersih tangan alami yang dapat menghilangkan kotoran membandel sekaligus menghilangkan baunya.

  1. Manfaat Baking Soda Untuk Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Terlalu banyak beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik dapat menyebabkan kulit Anda terbakar. Untuk mengatasinya, cobalah gunakan ½ cangkir baking soda dalam bathtub / bak mandi yang telah berisi air hangat. Setelah selesai mandi biarkan kulit mengering dengan sendirinya dan jangan gunakan handuk. Anda pun dapat menggunakan campuran baking soda dan air sebagai kompres untuk mendinginkan rasa panas pada kulit karena terbakar matahari.

  1. Manfaat Baking Soda Untuk Mengatasi Kulit Gatal

Kulit gatal bisa disebabkan oleh reaksi alergi, terbakar matahari, atau karena gigitan serangga. Untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit, campurkan baking soda dan air sampai terbentuk pasta lalu oleskan pada kulit tsb atau cukup dengan menaburkan serbuk baking soda pada kulit yang gatal. Baking soda dapat membantu mengatasi iritasi kulit dan rasa gatal di kulit dengan cara menetralisir racun dan iritan yang ada di permukaan kulit.

Baca juga: Tips Merawat / Cara Perawatan Kulit Kering dan Gatal Yang Cepat

Kegunaan dan Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Rambut

1.Fungsi Baking Soda Untuk Membersihkan Rambut

Caranya tambahkan 1 sdt baking soda ke dalam sampo lalu gunakan pada rambut. Cara ini cukup efektif menghilangkan kotoran, debu, minyak, atau sisa-sisa produk perawatan rambut.

2. Kegunaan Baking Soda Untuk Membersihkan Sikat dan Sisir

Sisa-sisa zat kimia produk rambut dapat juga menempel pada sikat dan sisir yang digunakan. Untuk membersihkannya, campurkan 2 sdt baking soda dalam 1 cangkir air lalu gunakan pada sikat atau sisir tsb lalu bilas.

Manfaat dan Kegunaan Baking Soda Bagi Kesehatan Gigi dan Gusi

1.Fungsi Baking Soda Untuk Pasta Gigi

Baking soda dapat menghilangkan plak, membersihkan, menghilangkan bau, dan membuat gigi Anda berkilau. Berdasarkan hasil penelitian, pasta gigi yang mengandung baking soda dapat meningkatkan efektivitas pembersihan plak gigi.

Baking soda juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteria mutan Streptococcus penyebab gigi berlubang.

Untuk membuat pasta gigi yang efektif, gunakan campuran 6 bagian baking soda dan 1 bagian garam laut, masukkan ke dalam blender lalu aduk selama 30 detik. Masukan campuran ini ke dalam wadah. Untuk menggunakannya sebagai pasta gigi, celupkan jari ke air lalu celupkan jari tsb ke campuran tsb. Gosokkan jari tsb ke seluruh permukaan gigi mulai dari gigi atas bagian luar lalu bagian dalam terus gigi bawah luar kemudian gigi bawah dalam. Biarkan selam 15 menit lalu kumur-kumurlah. Manfaat baking soda pada campuran ini sangat efektif membunuh bakteri.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Gigi Yang Mujarab

2. Manfaat Baking Soda Untuk Memutihkan Gigi

Selain aneka kegunaan baking soda di atas, baking soda pun dapat digunakan sebagai pemutih gigi alami loh. Caranya, gerus 1 buah stroberi matang lalu campurkan dengan ½ sdt baking soda. Oleskan campuran ini pada gigi lalu biarkan hingga 5 menit. Lalu sikatlah gigi Anda dan bilaslah. Gunakan cara memutihkan gigi secara alami menggunakan baking soda ini cukup 1x dalam seminggu untuk menghindari terkikisnya enamel gigi Anda.

3. Manfaat Baking Soda Untuk Mengatasi Sariawan

Dalam acara Dr.Oz disebutkan bahwa baking soda dapat membantu penyembuhan sariawan dengan efek mengempeskan pembengkakan pada sariawan tsb.

Kegunaan dan Manfaat Baking Soda Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami

1.Kegunaan Baking Soda Dalam Mencegah Kanker

Baking soda dapat meningkatkan pH pada tumor yang bersifat asam tanpa mempengaruhi keseimbangan pH jaringan sehat dan darah. Ketika seseorang mengalami ketidakseimbangan pH maka organisme tak sehat dapat berkembang biak yang menyebabkan kerusakan organ dan jaringan serta mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Penggunaan baking soda ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita kanker.

Walaupun belum cukup bukti manfaat baking soda untuk pengobatan kanker namun ada beberapa dokter yang menggunakan zat ini ini sebagai terapi pengobatan alternatif yang diberikan secara oral, melalui injeksi intra vena, intra arteri, ataupu langsung dimasukkan melalui pipa ke dalam paru untuk pengobatan kanker paru.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Obat Kanker Lidah Yang Perlu Diketahui

2. Fungsi Baking Soda Dalam Latihan Fisik

Anda mungkin pernah mendengar para atlet yang menggunakan doping soda. Ya betul sekali karena soda dapat meningkatkan energi Anda saat latihan ataupun olahraga. Baking soda akan menyerap asam laktak yang terbentuk di otot saat olahraga. Asam laktat ini lah yang menyebabkan lemas dan pegal. Untuk menggunakannya cukup dengan meminum 1 sdt baking soda dengan air.

3. Manfaat Baking Soda dalam Memperbaiki Fungsi Ginjal

Baking soda merupakan zat yang bersifat basa, mampu menetralkan derajat keasaman tubuh dan membantu menjaga level pH tubuh tetap seimbang. Pada ginjal yang kinerjanya kurang baik, sangat sulit untuk menghilangkan kelebihan asam dari tubuh. Nah pada saat itulah baking soda dapat membantu kinerja ginjal.

4. Manfaat Baking Soda Untuk Mengatasi Nyeri Lambung dan Panas di Perut

Bila Anda perhatikan kebanyakan antasida untuk mengatasi maag mengandung bikarbonat. Baking soda dapat menetralisir asam lambung, mengatasi rasa perih, rasa panas dan kembung di perut.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari baking soda ini, Anda cukup melarutkan ½ sdt baking soda dalam ½ gelas air lalu minum. Ulangi cara ini tiap 2 jam sekali namun jangan sampai lebih dari 7x / hari atau bila Anda berusia di atas 60 tahun cukup gunakan hingga 3x saja per harinya.

Penggunaan baking soda untuk mengatasi gangguan lambung ini hanya digunakan sebagai pengobatan sementara saja dan bukan ditujukan untuk pengobatan yang terus menerus. Penggunaan baking soda yang terlalu berlebihan dikhawatirkan dapat membuat ketidakseimbangan asam basa di dalam tubuh.

Dosis Baking Soda Yang Direkomendasikan

Agar manfaat baking soda bagi kesehatan di atas dapat Anda rasakan optimal tentunya Anda harus memperhatikan dosis penggunaanya.

Menurut perusahaan “Arm and Hammer” yang dipublikasikan tahun 1925, dosis pengobatan flu dan demam menggunakan baking soda dibagi dalam 3 hari, yaitu:

  • Hari pertama terdiri dari 6 dosis @ 1/2 sdt baking soda yang dilarutkan dalam segelas air. Interval konsumsi resep ini adalah setiap 2 jam.
  • Hari kedua terdiri dari 4 dosis @1/2 sdt baking soda yang dilarutkan dalam segelas air. Interval konsumsi minuman ini setiap 3 jam.
  • Hari ketiga terdiri dari 2 dosis @ 1/2 sdt baking soda dalam segelas air, diminum pagi dan sore hari.
  • Hari berikutnya cukup 1/2 sdt baking soda dalam segelas air, diminum tiap pagi sampai gejala flu dan demam hilang.

Untuk mengurangi asidosis (yaitu tingginya kadar asam dalam tubuh) yang disebabkan oleh pengaruh makanan maupun usia, direkomendasikan 5 gr baking soda tiap hari.

Jika Anda menggunakan baking soda untuk mengobati penyakit setelah 2 minggu lamanya, alangkah baiknya bila Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah pengobatan sendiri menggunakan baking soda tsb sudah tepat dan dapat dilanjutkan.

Begitu pula bila Anda hendak mengobati penyakit serius seperti infeksi jamur ataupun kanker sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

Efek Samping Baking Soda

Agar dapat mendapatkan manfaat baking soda bagi kesehatan tubuh seperti yang dijelaskan di atas, Anda harus memperhatikan dosis pemakaian agar terhindar dari bahaya efek sampingnya.

Sebetulnya penggunaan baking soda di kulit adalan aman dan tidak beracun. Begitu pula konsumsi baking soda pun aman asal tidak melebihi dosis yang disarankan.

Terlalu banyak konsumsi baking soda dapat mengganggu keseimbakan asam-basa tubuh, dapat menyebabkan mual, diare, kram perut, dan menyebabkan haus.

Efek samping baking soda lainnya adalah dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan pembengkakan karena tingginya kandungan sodium. Kandungan sodium dalam 1 sdt adalah 1259 mg. Pada kasus yang parah, akan menyebabkan gagal jantung.

Walaupun manfaat baking soda baik untuk kesehatan, namun pemakaiannya sebaiknya dihindari bila Anda memiliki udem (pembengkakan), penyakit liver, penyakit ginjal, atau tekanan darah tinggi, atau bila Anda hamil atau sedang menyusui. Penggunan baking soda pada anak di bawah 5 tahun juga sebaiknya dihindari.

Jika Anda sedang dalam terapi pengobatan, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan baking soda terutama bila Anda diharuskan mengurangi sodium.

Beberapa obat-obatan juga dapat berinteraksi dengan baking soda seperti aspirin dan obat salisilat lainnya, barbiturat, suplemen kalsium, kortikosteroid, obat salut untuk melindungi lambung, litium, kuinidin, dan diuretik.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa kegunaan dan manfaat baking soda bagi kesehatan dan kecantikan. Karena banyaknya fungsi baking soda ini, tak ada salahnya bila Anda selalu menyetok bahan ini di rumah Anda. Walaupun demikian, agar Anda dapat merasakan manfaat baking soda secara optimal, perhatikan dosis harian dan ketahui pula efek sampingnya. Semoga bermanfaat ..

Sumber Referensi: draxe.com/baking-soda-uses/; articles.mercola.com/sites/articles/archive/2015/02/02/11-health-benefits-baking-soda.aspx

 

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

kegunaan baking soda arm and hammer -manfaat baking soda untuk kesehatan -manfaat baking soda arm and hammer -manfaat soda kue untuk kesehatan -kandungan baking soda -pasta gigi yang terbuat dari baking soda dan air -manfaat baking soda hammer -kegunaan baking soda -manfaat baking soda -kegunaan baking soda untuk kesehatan -

Leave a Reply

error: Content is protected !!