Fungsi dan Manfaat Vitamin A Serta Gejala Kekurangan Vitamin A Yang Perlu Diketahui

Manfaat Vitamin A – Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa fungsi vitamin A yang utama adalah untuk kesehatan mata. Salah satu efek dari kekurangan vitamin A adalah adanya gangguan mata seperti rabun senja, katarak, dan bahkan kebutaan.

Namun apakah Anda tahu apa itu sebetulnya vitamin A? Adakah kegunaan vitamin A lainnya untuk kesehatan tubuh? Manfaat vitamin A ternyata tak hanya untuk kesehatan mata loh. Lalu apa saja yang akan terjadi bila Anda mengalami kekurangan vitamin A? Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan Javatalk.Info berikut ini …

Baca juga: 6 Tips Memelihara Kesehatan Mata untuk Mata Indah dan Sehat

Apa Itu Vitamin A?

Vitamin A merupakan jenis vitamin larut lemak dan juga merupakan salah satu antioksidan yang kuat. Fungsi vitamin A yang paling utama adalah menjaga kesehatan mata, menjaga fungsi saraf, dan menjaga kesehatan kulit. Seperti halnya jenis antioksidan yang lain, vitamin A pun memiliki peranan dalam menurunkan peradangan dengan cara melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mungkin juga Anda sudah tahu bahwa diet tinggi antioksidan merupakan salah satu cara alami melawan penuaan dini.

Sumber makanan yang mengandung vitamin A diantaranya adalah telur, susu, hati, wortel, sayuran berwarna merah atau oranye seperti bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Setidaknya ada 2 jenis bentuk utama vitamin A yaitu vitamin A aktif dan beta karoten / karotenoid. Vitamin A aktif dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari hewan dan disebut sebagai retinol. Sementara beta karoten / karotenoid dapat diperoleh dari buah dan sayuran yang berwarna, merupakan pro vitamin A baru bisa digunakan oleh tubuh setelah diubah menjadi bentuk vitamin A yang aktif setelah makanan tsb dicerna.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin A seperti kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, dll maka Anda harus mengkonsumsi vitamin A yang cukup. Ini pun untuk menghindarkan Anda dari gejala kekurangan vitamin A. Walaupun banyak suplemen yang mengandung vitamin A di pasaran, namun para ahli sangat menyarankan Anda mendapatkan vitamin A ini dengan cara pola diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya sayur dan buah.

manfaat vitamin A dan kekurangan vitamin A

source: vitamineeds.com, edited by javatalk.info



Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gejala Kekurangan Vitamin A

Manfaat vitamin A sangat penting untuk penglihatan mata yang normal, pertumbuhan tulang yang baik, kesehatan kulit, melindungi membran mukus saluran pencernaan, saluran napas, dan melawan infeksi saluran urin. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan serta meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya.

Kesehatan Mata Yang Buruk

Kekurangan vitamin A dapat memicu terjadinya penebalan kornea yang dapat menyebabkan kebutaan. Salah satu gangguan kesehatan mata yang parah adalah keratomalasia yang mempengaruhi kedua bagian mata dengan gejala rabun senja dan mata kering. Penglihatan akan mengkerut, berawan, dan kornea melunak. Jika kornea mata terus melunak maka akan memicu terjadinya infeksi yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kerusakan Kulit

Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kulit kering dan terjadinya penebalan kulit. Keratinisasi adalah ketika sel epitel (sel kulit terluar) kehilangan kelembaban, mengeras dan mengering, dapat terjadi pada membran mukosa saluran napas, saluran cerna, dan saluran urin.

Infeksi Saluran Napas

Infeksi saluran pernapasan dapat terjadi karena rendahnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Semakin rendah usia pasien maka semakin parah juga efek dari defisiensi vitamin A yang ditimbulkan.

Risiko pada Kehamilan

Kebutuhan nutrisi ibu hamil seperti vitamin A akan meningkat pada trimester terakhir. Seringkali ibu hamil akan mengalami kekurangan vitamin A pada saat tsb sehingga menyebabkan rabun senja.

Fungsi Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa kegunaan  vitamin A untuk kesehatan tubuh …

Manfaat Vitamin A #1: Melindungi Kesehatan Mata

Beta karoten (salah satu bentuk vitamin A) berperanan penting dalam mencegah degenerasi makular yaitu kebutaan karena faktor usia. Selain itu vitamin A pun dapat melindungi mata dari kekeringan.

Manfaat Vitamin A #2: Meningkatkan Daya Imun

Salah satu fungsi vitamin A adalah sebagai vitamin peningkat daya imun / kekebalan tubuh. Beta karoten pun merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah aneka penyakit kronis. Dengan asupan vitamin A yang cukup maka tubuh akan mampu melawan penyakit infeksi seperti flu, kanker dan penyakit autoimun.

Hasil penelitian menyebutkan kekurangan vitamin A pada anak-anak dapat meningkatkan mudahnya mereka terserang penyakit infeksi seperti diare dan campak.

Manfaat Vitamin A #3: Melawan Radang

Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan aneka radikal bebas penyebab kerusakan sel dan jaringan tubuh. Vitamin A juga dapat menjaga sel menjadi overaktif. Saat sistem imun bereaksi berlebihan pada protein makanan maka dapat menyebabkan alergi makanan dan peradangan. Saat itulah vitamin A dapat menurukan risiko alergi makanan dan mencegahnya dari reaksi berlebihan yang berbahaya.

Fungsi vitamin A dalam menurunkan peradangan juga sangat berkaitan dengan menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Manfaat Vitamin A #4: Menjaga Kesehatan Kulit

Fungsi vitamin A lainnya adalah memelihara kesehatan kulit,  membantu penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Vitamin inipun diperlukan untuk melawan penyakit kanker kulit. Selain itu vitamin A pun diperlukan untuk membentuk glikoprotein (yaitu gabungan gula dan protein) untuk membantu pengikatan sel dalam pembentukan jaringan lunak.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan buruknya pembentukan kulit. Vitamin A mencegah kerutan dengan cara memproduksi lebih banyak kolagen (yaitu suatu zat yang menjaga kulit tampak awet muda). Kegunaan vitamin A lainnya juga baik untuk kesehatan rambut.

Manfaat Vitamin A #5: Membantu Mencegah Kanker

Menurut hasil penelitian, vitamin A dapat membantu terapi penyembuhan beberapa kanker karena kemampuannya dalam mengatur sel malignan dalam tubuh. Asam retinoik berperanan penting dalam perkembangan, pembelahan, juga pengobatan kanker.

Beberapa jenis kanker seperti kanker paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker ovarium, kanker kandung kemih, kanker mulut, dan kanker kulit dapat ditekan pertumbuhannya dengan asam retinoik ini. Walaupun demikian, penggunaan asam retinoik harus sesuai dengan petunjuk penggunaan karena penggunaan berlebihan malah dapat meracuni sel itu sendiri.

Itulah beberapa informasi seputar fungsi dan manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh serta gejala kekurangan vitamin A yang ditimbulkan. Semoga artikel kesehatan di atas dapat bermanfaat …

Sumber Referensi:draxe.com/vitamin-a/

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

alasan suplemen vit a menyebabkan kanker paru -bagaimana vitamin a bisa melawan kornea -fungsi dari vitamin a membran mukosa -fungsi vit a untuk saraf -fungsi vitamin A untuk pemeliharaan kornea sel epitel dan kulit -keratinisasi terjadi karena kekurangan vitamin apa? -penyakit yang di tandai dengan pendarahan pada gusi gangguan pertukaran zat kapur dan kornea mata rusak merupakan akibat kekurangan vitamin -

Leave a Reply

error: Content is protected !!