8 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan – Minyak zaitun telah dipercayai sebagai bahan makanan yang sehat sejak dulu kala. Bahkan minyak zaitun juga sering digunakan untuk kecantikan tubuh. Di pasaran sendiri tersedia 3 jenis minyak zaitun yaitu regular, virgin, dan extra virgin. Nah diantara ketiga jenis tsb manakah yang memberikan khasiat untuk kesehatan?

Berdasarkan hasil penelitian, jenis minyak zaitun extra virgin lah yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Beberapa manfaat minyak zaitun extra virgin diantaranya adalah mengandung zat anti peradangan, antioksidan, dan nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Nah apa saja kegunaan minyak zaitun tsb dan apa perbedaan dari minyak zaitu extra virgin, virgin, dan regular? Yuk simak ulasan Dunia Kesehatan berikut ini ..

Mengenal Apa Itu Minyak Zaitun / Olive Oil

Minyak zaitun dihasilkan dari buah zaitun yang kaya akan asam lemak sehat. Di pasaran sendiri terdapat 3 jenis minyak zaitu yaitu extra virgin, virgin, dan regular.

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan

image: health5.com



Minyak zaitun extra virgin diproduksi dengan tekanan dingin dan tidak menggunakan bahan kimia untuk pemurnianya. Prosesnya tidak menggunakan panas tinggi karena dapat merusak asam lemak dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Minyak zaitun virgin adalah minyak yang dihasilkan pada proses penekanan kedua setelah extra virgin. Minyak jenis ini masih dikategorikan memiliki kualitas yang baik.

Minyak zaitun regular / “light” adalah minyak zaitun atau campuran minyak antara minyak zaitun dengan minyak sayur lainnya. Jenis minyak ini dikategorikan berkualitas rendah.

Walaupun disebutkan bahwa manfaat minyak zaitun extra virgin sangat baik untuk kesehatan dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya, namun ternyata jenis minyak zaitun extra virgin pun tak semuanya berkhasiat baik untuk kesehatan.

Beberapa minyak zaitun extra virgin yang ada di pasaran telah ditambahkan minyak kanola dan perasa herbal. Bahkan banyak juga beredar minyak zaitun extra virgin palsu yang telah diencerkan minyak lain atau pengencer lainnya. Tak hanya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang tidak akan Anda dapatkan namun pula mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin palsu ini bahkan dapat menimbukan risiko kesehatan.

Lalu bagaimana cara memilih minyak zaitun extra virgin yang asli dan berkualitas baik?

Tips membeli minyak zaitun extra virgin berikut ini dapat membantu Anda …

  • Pastikan membeli minyak zaitun extra virgin dalam kemasan yang masih tersegel baik.
  • Jangan pernah tergiur membeli minyak zaitun extra virgin berharga murah.
  • Belilah minyak zaitun dalam kemasan botol gelap yang dapat melindungi kandungan nutrisinya dari oksidasi cahaya. Hindari membeli minyak zaitun dalam kemasan plastik.
  • Untuk memastikan minyak zaitun extra virgin tsb asli adalah dengan mendinginkannya dalam kulkas, bila membeku menjadi padatan berarti asli. Bila masih ada cairan berarti palsu.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan, gunakan minyak tsb dengan cara meneteskannya pada salad atau makanan, atau memakannya langsung. Ingat jangan pernah memasaknya!

Bila Anda kesulitan mencari minyak zaitun extra virgin yang asli di pasaran, silahkan cari disini ..

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun Extra Virgin

Kandungan utama minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang bernama asam oleat. Karena kandungan asam oleat ini maka salah satu manfaat minyak zaitun adalah sangat baik untuk kesehatan jantung dan mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Menurut hasil penelitian, manfaat mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun extra virgin tinggi dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis, penyakit jantung / kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker. Hal ini dikarenakan kandungan fenolik di dalamnya.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi minyak zaitun extra virgin selengkapnya ..

Dalam 1 sendok makan minyak zaitun extra virgin mengandung 120 kalori, 14 g lemak (termasuk 9,8 g minyak tak jenuh tunggal), 1 mg vitamin K, 9 mg vitamin E, tidak mengandung gula, tidak mengandung karbohidrat, dan tidak mengandung protein.

Banyaknya minyak zaitun yang harus dikonsumsi setiap harinya akan sangat tergantung pada kebutuhan kalori dan asupan makanan yang Anda konsumsi. Namun secara umum, biasanya 1-4 sdm / hari merupakan dosis ideal agar Anda mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Fakta vs Mitos!

Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin

Berikut ini adalah beberapa khasiat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui yaitu …

Manfaat Minyak Zaitun Extra Virgin untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan hasil penelitian, konsumsi makanan kaya lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL, meningkatkan kolesterol “baik” HDL, dan menurunkan trigliserida lebih baik dibandingkan diet rendah lemak tetapi tinggi karbohidrat.

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun extra virgin merupakan zat anti radang yang dapat melindungi jantung. Berdasarkan penelitian juga manfaat minyak zaitun extra virgin lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena dapat membuat pembuluh darah arteri dilatasi (melebar).

Selain itu kandungan ALA (alpha-linolenic acid) di dalamnya juga mampu menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung sebanyak 30% dan kematian karena serangan jantung sebanyak 45%.

Khasiat Minyak Zaitun dalam Melawan Penyakit Kanker

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal “Cancer Prevention” disebutkan bahwa buah zaitun dan minyak zaitun kaya akan antioksidan. Oleh karena itu salah satu manfaat minyak zaitun adalah baik untuk pencegahan kanker.

Kegunaan Minyak Zaitun Untuk Mencegah Kegemukan

Konsumsi sejumlah lemak sehat merupakan kunci penting untuk mengendalikan kelebihan insulin (yaitu sebuah hormon yang mengatur kadar gula darah dan menambah berat badan). Lemak dapat menurunkan rasa lapar dan makan berlebih. Ini juga yang menjadi alasan kenapa diet rendah lemak tidak dapat menurunkan berat badan dan malah lebih baik tetap mengkonsumsi lemak untuk menurunkan berat badan. Namun ingat konsumsi lemak sehat ya seperti yang terkandung pada minyak zaitun ini.

Manfaat minyak zaitun dalam menurunkan berat badan ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan pada Women’s Health Journal pada tahun 2002 dimana orang yang mengkonsumsi minyak zaitun mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan orang yang melakukan diet rendah lemak.

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Mencegah atau Mengobati Diabetes

Lemak tak jenuh tunggal dan ganda pada minyak zaitun memiliki khasiat yang baik untuk sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah sementar lemak dapat menstabilkan kadar gula darah dan mengatur insulin. Walaupun Anda mengkonsumsi makanan kaya berkabohidrat atau tinggi gula, menambahkan minyak zaitun extra virgin dapat menurunkan pengaruhnya pada pembuluh darah. Mengkonsumsi minyak zaitun juga dapat mencegah rasa ingin memakan gula dan makan berlebih yang malah memicu terjadinya komplikasi diabetes.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Otak

Minyak zaitun merukan sumber lemak sehat yang baik untuk kesehatan otak, mampu memperbaiki konsentrasi dan daya ingat. Minyak zaitun juga dapat melawan peradangan, stress yang dapat memicu penyakit Alzheimer dan dimensia.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Memperbaiki Mood dan Mencegah Depresi

Lemak sehat yang ada pada minyak zaitun memiliki zat anti radang dapat mencegah kelainan “neurotransmitter” yang penting untuk pengaturan mood dan tidur nyenyak. Diet rendah lemak malah seringkali berkaitan dengan tingginya depresi dan kecemasan.

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Keseimbangan Hormon

Buat Anda para wanita yang ingin mengurangi gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome), menopause, atau mengatasi ketidaksuburan karena ketidakseimbangan hormon maka Anda dapat mengkonsumsi sejumlah nutrisi penting dan lemak sehat.

Manfaat minyak zaitun dalam menyeimbangkan kadar hormon dimungkinkan karenan kandungan lemak sehatnya serta vitamin E yang dapat mengatur produksi estrogen.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak zaitun dapat membantu memerangi efek buruk sinar matahari dan radikal bebas penyebab kulit kering, keriput, dan penuaan dini.

Khasiat minyak zaitun extra virgin juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi jerawat dan eksim.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: draxe.com/olive-oil-benefits/

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

jaitun buat tidur nyenyak -minyak zaitun dalamnya ada zat dan vitamin tak -MINYAK ZAITUN APA MENGANDUNG HORMON ESTROGEN -minyak zaitun apa mengandung estrogen -manfaat minyak zaitun untuk hormon -manfaat minyak zaitun terhadap rahim dan hormon -Khasiat minyak zaitun sbb -kegunaan minyak zaitun buat keseimbangan hormon -kegunaaN minyak zaitun -msmfsat minyak zaitun utk hormon -

Leave a Reply

error: Content is protected !!