Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil, Fakta vs Mitos!

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil – Air Kelapa merupakan salah satu sumber minuman isotonik alami dengan rasa manis menyegarkan. Konor air kelapa muda dipercayai sebagai salah satu obat untuk berbagai penyakit, salah satunya mengatasi keracunan. Apakah benar? Lalu amankah bila air kelapa tsb dikonsumsi ibu hamil?

Apakah Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Aman?

Jawabannya tentu saja aman namun ingat jangan dikonsumsi berlebihan yah! Salah satu manfaat minum air kelapa saat hamil muda atau pada trimester 1 adalah membantu mencegah dehidrasi karena morning sickness yaitu tanda-tanda kehamilan awal berupa mual dan muntah-muntah.

Selain itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga baik untuk mengatasi rasa begah dan sulit buang air besar yang sering dialami oleh ibu hamil.

Air kelapa ini dapat diminum kapan saja, namun waktu terbaik untuk meminumnya adalah di pagi hari. Alasannya karena elektrolit dan nutrisi yang ada didalamnya akan lebih mudah diserap saat kondisi lambung sedang kosong.

Baca juga: 11 Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Sebelum membahas mengenai aneka manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, alangkah baiknya bila Dunia Kesehatan mengajak Anda mengenali kandungan gizi air kelapa, yaitu sbb:

Kandungan Nurisi Dalam 1 Cangkir Air Kelapa:

  • Kalori: 46 Kal
  • Natrium: 252mg
  • Kalium: 600mg
  • Karbohidrat: 8,9 g
  • Serat: 2,6 g
  • Gula: 6,26 g
  • Kalsium: 6%

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Untuk mendapatkan khasiat dan kegunaan air kelapa yang optimal sebaiknya minum air kelapa segar yang baru dibuka dari buahnya. Jangan biarkan air kelapa tsb terpapar udara yang akan menurunkan kualitasnya.

manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil



Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #1: Diuretik Alami

Salah satu kegunaan air kelapa adalah diuretik artinya dapat menyebabkan rasa ingin buang air kecil karena kandungan kalium, magnesium, dan mineral lainnya. Bersamaan dengan air kecing maka akan dikeluarkan juga zat buangan dan membantu membersihkan saluran kencing. Dengan demikian akan membantu fungsi ginjal, mencegah batu ginjal, dan mencegah infeksi ginjal. Dengan efek pencegahan infeksi saluran kemih maka akan menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur.

Manfaar Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil #2: Menyediakan Elektrolit Penting

Kebutuhan elektrolit akan meningkat pada masa kehamilan terutama bila mengalami gejala morning sickness, mual, dan diare. Air kelapa menyediakan elektrolit penting seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, dan mineral lainnya untuk menenangkan tubuh dan menyediakan energi. Elektrolit inipun membantu fungsi otot, menjaga level pH dan membantu mengontrol tekanan darah.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #3: Meredakan Begah dan Konstipasi

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat memicu bebarapa gejala seperti rasa begah, konstipasi, dan gangguan pencernaan lainnya. Air kelapa mengandung serat yang dapat membantu kesehatan saluran cerna, memperbaiki metabolisme tubuh, dan membantu pengeluaran racun dari tubuh.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #4: Mengatasi Infeksi

Air kelapa kaya akan vitamin, mineral penting, dan antioksidan yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih tahan terhadap serangan infeksi. Selain itu air kelapa pun mengandung asam laurat yaitu sebuah asam lemak rantai medium yang berperan dalam produksi antivirus monolaurin. Asam laurat merupakan asam yang dapat melawan penyakit dengan cara membunuh bakteri berbahaya dan infeksi seperti flu, HIV serta menjaga bakteri baik.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #5: Memperbaiki Kesehatan Jantung

Rendahnya kadar elektrolit tertentu dapat meningkatkan tekanan darah. Manfaat minum air kelapa dapat meningkatkan kadar kalium, magnesium, dan asam laurat yang membantu mengatur tekanan darah. Manfaat minum air kelapa juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, kandungan vitamin, protein, dan elektrolit dalam air kelapa pun membantu menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan memperbaiki sirkulasi darah. Segelas air kelapa setiap hari sangat baik trimester akhir dimana semakin membesarnya janin akan memicu naiknya tekanan darah.

Baca juga: Hipertensi Pada Ibu Hamil: Jenis, Penyebab, Dampak, dan Pengobatannya

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #6: Menjaga Bobot Badan Yang Sehat

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Penambahan berat badan seringkali terjadi saat kehamilan namun dengan minum air kelapa muda maka akan dicegah akumulasi lemak tubuh dengan cara menghilangkan kolesterol jahat. Minum air kelapa muda merupakan pilihan yang bijak untuk mengganti minuman bergula lainnya sehingga mampu membantu ibu dan janinnya tetap sehat dan fit.

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil #7: Minuman Alami

Air kelapa merupakan minuman alami yang rasanya enak. Air kelapa tidak mengadung perasa tambahan ataupun komponen yang berbahaya. Minum air kelapa saat hamil muda maupun hamil tua adalah aman baik untuk ibu maupun bayinya.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #8: Mengembalikan Energi Setelah Olahraga

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang akan membantu Anda mendapatkan energi yang hilang karena dehidrasi, lelah, dan kecapean. Jika Anda melakukan olahraga teratur untuk menjaga tubuh tetap fit dan menguatkan otot panggul untuk persiapan persalinan, maka Anda dapat memilih air kelapa sebagai minuman berenergi. Memenuhi asupan cairan tubuh / hidrasi juga akan memperbaiki elastisitas kulit sehingga mencegah terjadinya “stretch marks” atau seperti bekas garukan / lipatan kulit selama masa kehamilan.

Baca juga: Tahap dan Proses Kehamilan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil #9: Rendah Gula

Asupan gula berlebih dapat memicu peningkatan gula darah. Air kelapa mengadung gula lebih sedikit dibandingkan minuman energi ataupun minuman kesehatan lainnya sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan selama kehamilan. Asupan rendah gula pun dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes gestasional.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #10: Meningkatkan Pertumbuhan Janin

Air kelapa muda memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ibu hamil. Selain itu nutrisi yang terkandung di dalamnya pun baik untuk tumbuh kembang janin.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil #11: Memperbaiki Kadar Air Ketuban

Salah satu manfaat minum air kelapa muda untuk ibu hamil adalah meningkatkan kesehatan dan memberikan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan janin. Minum air kelapa saat kehamilan trimester 3 dapat meningkatkan jumlah air ketuban, meningkatkan jumlah darah, dan memperbaiki sirkulasi darah.

Adakah Efek Samping Minum Air Kelapa Bagi Ibu Hamil?

Sampai saat ini tidak ada bukti yang cukup yang membuktikan bahaya minum air kelapa bagi ibu hamil. Seperti halnya mengkonsumsi jus buah atau jus sayuran maka minum air kelapa saat hamil pun dapat dikatakan aman.

Walaupun banyak manfaat minum air kelapa muda bagi ibu hamil seperti yang diulas di atas, namun minum air kelapa pun tidak boleh berlebihan. Setidaknya ada 2 hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Air kelapa mengandung natrium sehingga kurang baik dikonsumsi oleh wanita hamil yang mengalami pre-eklamsia. Baca juga: Tanda-Tanda Keguguran Yang Perlu Diwaspadai
  • Air kelapa tua dapat menyebabkan konstipasi / susah buang air besar oleh karena itu disarankan minum air kelapa muda.

Bagaimana Cara Minum Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil Agar Aman?

Seperti yang diuraikan di atas, walaupun banyak manfaat minum air kelapa muda untuk ibu hamil namun untuk konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan dan sebaiknya para penderita pre-eklamsia tidak meminumnya.

Berikut ini adalah cara meminum air kelapa saat hamil yang direkomendasikan, yaitu:

  • Jangan berlebihan, cukup minum air kelapa hingga 1 gelas / hari saja.
  • Minumlah air kelapa segera setelah membuka buahnya. Air kelapa segar mengandung banyak nutrisi penting. Untuk meminumnya, dapat secara langsung menggunakan sedotan atau dituang ke gelas terlebih dahulu.
  • Lebih baik minum air kelapa langsung dari buahnya dibandingkan yang sudah dikalengkan atau dikemas dalam botol.
  • Jangan minum air kelapa bila Anda merasa “enek” atau rasanya tidak Anda sukai saat meminumnya.

Cara Memilih Kelapa Muda

Sudah dijelaskan bahwa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil lebih baik dibandingkan minum air kelapa tua. Rasa air kelapa muda biasanya manis dan segar sedangkan air kelapa tua biasanya agak asam.

Berikut ini cara memilih kelapa muda yang memiliki kandungan air yang banyak:

  • pilihlah ukuran sedang dengan warna hijau bersih karena mengandung banyak air. Jangan pilih kelapa yang berwarna coklat atau ada bagian-bagian kecoklatan – abu karena itu menandakan buah kelapa sudah tua.
  • Kocok kelapa dekat telinga Anda untuk memeriksa jumlah air di dalamnya. Pilihlah kelapa yang memiliki suara air yang baik. Buah kelapa muda segar biasanya akan menghasilkan hampir secangkir air.

Bila Anda tidak langsung mengkonsumsinya, simpanlah buah kelapa tsb di rumah di tempat yang dingin.

Fakta vs Mitos Seputar Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa mitos yang sering kita dengar seputar kegunaan air kelapa muda, yaitu:

Mitos 1: Banyak orang yang mengira bahwa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil sangat baik karena memiliki semua nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Fakta: Semua ibu hamil memerlukan nutrisi dan mineral penting dalam jumlah yang cukup. Tidak ada satu makanan pun yang memiliki kandungan nutrisi lengkap sehingga minum air kelapa saja tak akan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Oleh karena itu untuk mendapatkan manfaat minum air kelapa bagi hamil maka perlu makanan tambahan lainnya seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca juga: Nutrisi Ibu Hamil: Makanan dan Pantangan Ibu Hamil

Mitos 2: Salah satu manfaat minum air kelapa muda bagi ibu hamil adalah bayi yang dilahirkan akan memiliki rambut tebal.

Fakta: Tidak ada hubungan nya antara minum air kelapa muda dengan pertumbuhan rambut bayi.

Mitos 3: Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil adalah membuat kulit bayi bersih dan sehat

Fakta: Memperbanyak konsumsi air kelapa tidak akan membuat kulit bayi bersih saat dilahirkan. Kesehatan kulit bayi tergantung pada banyak faktor seperti keturunan, kesehatan orang tua, nutrisi, dll.

Itulah informasi seputar manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, efek samping, dan keamanannya. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:momjunction.com

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda setiap hari -manfaat air kelapa untuk ibu hamil -mitos air kelapa untuk ibu hamil -air kelapa untuk ibu hamil -manfaat kelapa muda untuk ibu hamil -bahaya air kelapa untuk ibu hamil -bahaya air kelapa muda untuk ibu hamil -manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil -ibu hamil 5 bulan minum air kelapa -manfaat air kelapa bagi ibu hamil -

Leave a Reply

error: Content is protected !!