Tanda-Tanda Herpes Genitalis Pada Wanita dan Pria Yang Umum Terjadi

Tanda-Tanda Herpes Genitalis – Penyakit herpes genital (kemaluan) merupakan salah satu jenis herpes yang umum terjadi. Jenis penyakit ini termasuk penyakit menular yang perlu diwaspadai penularannya. Yuk kita kenali apa saja gejala dan ciri-ciri herpes tsb.

Pada dasarnya ada 2 jenis penyakit herpes simpleks atau penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Virus HSV-1 biasanya lebih sering menyebabkan infeksi herpes mulut yang ditandai dengan munculnya gelembung yang disertai demam. Namun HSV-1 ini bisa juga menyebabkan herpes genital. Namun kebanyakan kasus, penyebab herpes genital adalah infeksi HSV-2.

Baca juga: Penyakit Herpes : Pengertian, Penyebab dan Jenis-Jenis Herpes

Kebanyakan penderita herpes genital tidak menyadarinya pasalnya tidak ada tanda-tanda herpes yang muncul dan kalaupun ada ciri-ciri herpes tsb hanya bersifat ringan. Walaupun demikian, gejala apapun yang muncul dapat membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Cara Penularan Infeksi Virus Herpes Simpleks

Penyakit herpes simpleks genital dapat menular dari satu orang ke orang lain umumnya karena adanya kontak seksual. Penularan inipun tetap terjadi walaupun tak ada gejala ataupun tanda-tanda herpes genitalis yang muncul.

Saat virus tsb masuk melalui kulit kemudian virus tsb akan berjalan sepanjang jalur saraf dan akan “tertidur” (tidak aktif) di dalam saraf tsb sampai waktu tertentu. Saat virus tsb aktif, virus tsb akan kembali menyusuri jalur saraf menuju permukaan kulit dan berkembang biak. Pada kondisi inilah mungkin akan muncul tanda-tanda herpes genitalis atau tetap tidak muncul sama sekali.

Saat penderita melakukan hubungan seksual maka virus tsb akan menginfeksi pasangannya walaupun penderita menggunakan kondom sekalipun karena virus tsb tetap akan ada pada bagian kulit genital lainnya yang tidak tertutupi.

Apa Saja Gejala dan Tanda-Tanda Herpes Genital?

Meskipun penderita tidak merasakan ciri-ciri herpes genital, namun penderita tetap dapat menulari pasangannya. Gejala herpes mungkin saja dapat muncul setelah beberapa hari atau beberapa minggu setelah kontak virus yang pertama. Atau mungkin saja penderita tidak akan merasakan tanda-tanda herpes genital sampai berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun loh.

Saat ciri-ciri herpes genital tsb muncul bisa jadi sudah menandakan bahwa infeksi yang diderita sudah cukup parah. Gejala herpes yang muncul mulai dari munculnya gelembung yang kemudian melepuh yang menyebabkan rasa sakit. Rasa nyeri ini akan sembuh dalam beberapa minggu. Munculnya gelembung dan lepuhan tsb sebagai tanda-tanda herpes genital biasanya akan disertai gejala mirip flu seperti demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

tanda-tanda herpes genitalis

Gelembung Pada Kulit Adalah Salah Satu Tanda-Tanda Herpes Genitalis (image: herpesgenitaltips.blogspot.com)



Berikut ini adalah beberapa gejala atau tanda-tanda herpes genitalis pada wanita atau pria yang umum terjadi:

  • Muncul retakan kemerahan di sekitar alat kelamin tanpa rasa sakit, rasa gatal, ataupun kesemutan.
  • Muncul rasa gatal atau kesemutan di sekitar alat kelamin atau anus.
  • Muncul gelembung kecil yang kemudian melepuh menyebabkan luka yang menyakitkan di sekitar alat kelamin, bokong, paha, ataupun daerah anus. Pada kasus yang jarang, gelembung tsb muncul di saluran kencing.
  • Muncul rasa sakit saat buang air kecil terutama terjadi pada wanita. Baca juga: Ternyata Ini Loh Penyebab Sering Buang Air Kecil
  • Sakit kepala.
  • Sakit punggung.
  • Gejala mirip flu seperti demam, lelah, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala di atas tak hanya menunjukkan tanda-tanda herpes genitalis pada wanita karena kadang-kadang gejala tsb menujukkan tanda-tanda infeksi jamur pada vagina, infeksi bakteri, ataupun infeksi kandung kemih.

Untuk memastikan apakah gejala yang Anda alami adalah tanda-tanda herpes genital sebaiknya periksakan diri ke pusat kesehatan terdekat. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan untuk memastikannya dilakukan uji usap atau tes darah.

Bagaimana Cara Mengatasi Tanda-Tanda Herpes Genital?

Sebetulnya tidak ada obat untuk herpes genital. Sistem pengobatan yang ada sekarang ini adalah sebatas meredakan gejala dan tindakan pencegahan untuk menurunkan risiko penularan.

Dokter biasanya akan meresepkan terapi anti virus untuk mengurangi rasa sakit dan rasa tak nyaman saat munculnya tanda-tanda herpes genital tsb. Sistem pengobatan ini biasanya harus dilakukan setiap hari untuk menekan perkembangan virus dan menurunkan risiko penularan.

Baca juga: Herpes Pada Ibu Hamil Penyebab Herpes Pada Bayi, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Apakah Gejala Herpes Genital Akan Muncul Kembali?

Pada tahap awal, penderita yang mengalami tanda-tanda herpes genital mungkin akan mengalami gejala yang sama 4-5 kali dalam setahun. Namun seiring dengan waktu, dengan semakin kuatnya sistem kekebalan tubuh terhadap virus tsb maka munculnya gejala herpes akan semakin jarang atau berhenti sama sekali.

Apa Yang Menyebabkan Gejala Herpes Genital Muncul Kembali?

Seperti yang telah disebutkan di atas, ciri-ciri herpes genital akan muncul kembali. Penyebab utamanya adalah karena sistem imun yang rendah. Menurunnya sistem kekebalan tubuh tsb dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang sedang sakit atau sedang mengalamai stres.

Saat sistem imun rendah, maka tubuh tak mampu menekan perkembangan virus dan menyebabkan virus tsb tetap aktif.

Beberapa faktor yang dapat memicu gejala / tanda-tanda herpes genital muncul kembali adalah:

  • Kelelahan
  • Kondisi sakit
  • Kontak seksual
  • Menstruasi
  • Stress
  • Operasi
  • Trauma

Bagaimana Cara Mengatasi Gejala Herpes Genital di Rumah?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meredakan rasa tak nyaman ataupun rasa sakit yang diakibatkan tanda-tanda herpes genital di rumah, meliputi:

  • Gunakan obat Pereda nyeri yang banyak dijual di apotek ataupun toko obat secara bebas seperti paracetamol atau ibuprofen.
  • Cucilah area yang sakit dengan larutan air garam hangat 2x sehari. Larutan garam tsb dapat Anda buat sendiri dengan melarutkan ½ sdt garam dapur dalam 0.473 liter air hangat.
  • Gunakan pakaian yang longgar sehingga tersedia sirkulasi udara yang cukup di daerah luka.
  • Letakkan “ice pack” di area yang sakit. Bungkus bungkusan es tsb dengan handuk ataupun kain bersih.
  • Istirahat yang cukup.

Bagaimana Cara Mencegah Penularan Herpes Simpleks?

Beberapa tindakan berikut ini dapat membantu Anda untuk mencegah / menurunkan risiko penularan herpes genital, yaitu:

  • Jangan mencium / berciuman bila Anda ataupun pasangan Anda memiliki tanda-tanda herpes.
  • Hindari kontak seksual secara oral saat Anda ataupun pasangan Anda memiliki ciri-ciri herpes genital ataupun herpes mulut.
  • Jangan lakukan kontak seksual apapun saat Anda ataupun pasangan Anda memiliki tanda-tanda herpes genital.
  • Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air mengalir setelah menyentuh area yang terinfeksi.
  • Jangan basahi kontak lensa Anda dengan air ludah untuk mencegah penularan herpes ke mata.

Seberapa Serius Kondisi Kesehatan Anda Bila Terinfeksi Herpes Simpleks?

Umumnya, penyakit herpes genital bukanlah penyakit serius yang mengancam jiwa. Selain rasa tak nyaman yang ditimbulkan oleh tanda-tanda herpes genital, penyakit infeksi ini pun memberikan dampak buruk secara psikis seperti kecemasan, menurunkan rasa percaya diri, dan mempengaruhi pandangan orang lain dalam hubungan sosial.

Namun pada beberapa kasus, komplikasi herpes genital dapat menjadi sesuatu yang serius dan mengancam jiwa.

Meskipun kasusnya jarang, ibu hamil dapat menularkan herpes pada bayinya. Kadang-kadang kondisi ini sangat serius dan bahkan menjadi infeksi bayi yang mematikan. Oleh karena itu penting sekali untuk mengambil tindakan pengobatan bila Anda mengalami tanda-tanda herpes genital tsb.

Perlu Anda ketahui pula, penderita herpes genital memiliki risiko yang lebih tinggi terkena infeksi HIV. Alasannya saat gelembung kulit tsb melepuh maka akan menjadi tempat masuknya virus HIV ke dalam tubuh.

Baca juga: Cara Penularan HIV / AIDS, Bagaimana Seseorang Dapat Terkena HIV/AIDS ?

Itulah beberapa informasi penting seputar gejala, ciri-ciri dan tanda-tanda herpes genitalis pada wanita dan pria yang umum terjadi. Bila Anda merasa tertulari atau mendapatkan gejala herpes di atas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikannya dan mendapatkan tindakan pengobatan. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
http://www.webmd.com/genital-herpes/guide/common-symptoms?page=1

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

herpes kelamin -herpes genital -herpes genitalis -gejala herpes kelamin -ciri ciri herpes genital -tanda tanda herpes -ciri ciri herpes -ciri herpes genital -herpes pada vagina -ciri ciri penyakit herpes pada wanita -

3 Comments

    • admin

Leave a Reply

error: Content is protected !!