Penyakit Herpes : Pengertian, Penyebab dan Jenis-Jenis Herpes

Penyakit Herpes adalah sebuah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyerang bagian tubuh manapun, namun umumnya lebih sering terjadi pada daerah mulut dan area kelamin. Agar lebih memahami apa itu herpes, yuk kita pelajari penyebab dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Penyakit Herpes ?

Penyakit herpes adalah adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes yang menyerang manusia (Human Herpes Virus / HHV). Gejala yang muncul biasanya adalah munculnya ruam pada kulit.

Jenis Penyakit Herpes Berdasarkan Penyebabnya

Jenis virus HHV penyebab herpes beranekaragam, mulai dari HHV1 sampai HHV8. Oleh karena itu kita akan mengenal 8 jenis herpes berdasarkan jenis / tipe virus penyebabnya.

Penyakit Herpes #1: Herpes Pada Mulut / Bibir (Labialis)

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-1 atau dikenal juga sebagai virus herpes simpleks 1 (HSV1). Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui kontak oral atau kontak kulit mulut atau bibir yang terinfeksi ke kulit orang lain melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir. Media yang dapat digunakan untuk penyebaran virus ini meliputi pisau cukur, handuk, dan peralatan makan. Bahkan jenis herpes mulut ini dapat memicu terjadinya herpes kelamin (genital) bila ada kontak oral – genital.

penyakit herpes karena virus herpes simpleks

image credit: diseasespictures.com



Penyakit Herpes #2: Herpes Kelamin (Genital)

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-2 atau dikenal juga sebagai virus herpes simpleks 2 (HSV2). Jenis penyakit ini termasuk jenis penyakit infeksi menular seksual (IMS) dan bisa juga menular ke daerah wajah atau mulut melalui kontak seksual.

Baca juga:

Penyakit Herpes #3: Herpes Zoster (Cacar Api)

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-3 yang dikenal juga sebagai virus varicella zoster, yaitu virus penyebab cacar air. Penyakit kulit herpes zoster ini biasanya menyerang pada orang di atas 50 tahun. Saat seseorang pernah mengalami cacar air sewaktu masih kecil maka memiliki risiko untuk terkena cacar api saat sudah tua.  Walaupun jenis herpes ini tidak mengancam jiwa, namun saat infeksi menyerang mata maka dapat terjadi kebutaan.

penyakit herpes zoster

image credit: herpeszostertreatment.net

Penyakit Herpes #4: Kissing Disease

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-4 atau dikenal juga sebagai virus Epstein Barr. Infeksi herpes ini lebih dikenal sebagai “kissing disease” karena biasanya menulai melalui air liur saat berciuman. Virus ini pun dapat menyebar saat terkena paparan air liur dari penderita seperti saat batuk, bersin, ataupun berbagi peralatan makan dengan penderita.

Penyakit Herpes #5: Mononukleosis

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-5 atau dikenal juga dengan cytomegalovirus (CMV) penyebab mononukleosis. Infeksi CMV ini dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, melalui ASI, dan transplantasi organ. Infeksi CMV merupakan salah satu komplikasi yang sering terjadi pada penderita HIV / AIDS yang memiliki sistem imun yang rendah.

Baca juga: Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengobati HIV / AIDS

Penyakit Herpes #6: Roseola Infantum

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-6 dan hanya terjadi pada bayi umur 6-15 bulan. Gejala yang muncul berupa demam tinggi selama 3-5 hari dan diikuti dengan munculnya ruam kulit saat demam turun.

penyakit herpes roseola infantum

image credit: webconsultas.com

Penyakit Herpes #7: Roseola Pada Anak-Anak

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV-7 dan biasanya muncul pada anak-anak berumur 3 tahun dan berlanjut seumur hidupnya.

Penyakit Herpes #8: Sarkoma Kaposi

Jenis herpes ini disebabkan oleh HHV8 dan sangat berperan dalam pembentukan tumor Kaposi’s Sarcoma pada penderita AIDS. Tumor yang muncul berwarna keunguan pada kulit dan jaringan lain. HHV8 juga disebutkan dapat memicu terjadinya kanker seperti kanker getah bening / limfoma pada penderita AIDS.

Baca juga: Cara Penularan HIV / AIDS, Bagaimana Seseorang Dapat Terkena HIV/AIDS ?

Nah itulah beberapa jenis penyakit herpes berdasarkan virus penyebabnya. Walaupun banyak macamnya, namun yang paling umum terjadi di masyarakat sekarang ini hanyalah herpes simpleks dan herpes zoster.

Semoga informasi di atas dapat menjawab pertanyaaan Anda seputar apa itu herpes. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
patient.info/doctor/human-herpes-viruses; mediskus.com/penyakit/penyakit-herpes-penyebab-jenis-jenis

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

jenis herpes -jenis jenis herpes -Jenis2 herpes -materi herpes -jenis jenis herpes dan penyebabnya -macam macam herpes -macam herpes -klasifikasi penyakit herpes -herpes dan jenisnya -8 jenis herpes virus -

Leave a Reply

error: Content is protected !!