6 Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Anda

Khasiat Susu Kedelai – Susu kedelai merupakan salah satu minuman sehat bergizi. Kacang kedelai sendiri sangat kaya asam lemak yang penting, protein, serat, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu menyediakan energy dan menjaga fungsi tubuh secara optimal.

Bila sekarang ini Anda sedang melirik produk susu yang berasal dari nabati atau produk susu yang tidak membuat alergi, maka mengkonsumsi susu kedelai adalah pilihan yang tepat. Untuk meyakinkan Anda, pada kesempatan kali ini javatalk.info akan mengulas beberapa manfaat dan khasiat susu kedelai untuk kesehatan Anda.

Baca juga: Kandungan Susu Kedelai dan Informasi Gizinya

Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

khasiat susu kedelai

Susu Kedelai (dailyburn.com)



Berikut ini adalah 6 manfaat minum susu kedelai yang mungkin Anda peroleh, yaitu:

  1. Manfaat Susu Kedelai dalam Memperbaiki Profil Lemak

Salah satu khasiat susu kedelai adalah kemampuannya memperbaiki profil lemak di dalam darah seseorang. Berbeda dengan produk susu hewani yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi, susu kedelai justru sangat rendah lemak tak sehat dan bahkan tanpa kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat minum susu kedelai secara trutin dapat menurunkan kadar trigliserida, LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkn HDL (kolesterol baik) dalam darah. Dengan demikian meminum susu kedelai ini sangat baik bila Anda memiliki kolesterol tinggi atau memiliki keluarga yang memiliki penyakit jantung koroner.

  1. Manfaat Minum Susu Kedelai dalam Menguatkan Pembuluh Darah

Khasiat susu kedelai berikutnya adalah menguatkan pembuluh darah dan membuat pembuluh darah lebih fleksibel sehingga mampu mentolerir bila terjadi perubahan tekanan darah.

Antioksidan yang terdapat pada kedelai seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 akan melindungi pembuluh darah dari serangan radikal bebas dan mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Manfaat Kesehatan Susu Kedelai dalam Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah diulas sedikit di atas bahwa susu kedelai adalah minuman sehat rendah gula, rendah lemak dan rendah kalori. Bila Anda ingin berat badan ideal cobalah ganti produk susu hewani Anda dengan susu kedelai. Khasiat susu kedelai dalam menurunkan berat badan juga ditunjang oleh kandungan seratnya sehingga akan memberikan efek kenyang lebih lama.

  1. Khasiat Susu Kedelai dalam Mencegah Kanker Prostat

Salah satu cara menurunkan risiko kanker prostat addalah dengan menurunkan produksi hormon testosteron. Dan kabar baiknya susu kedelai merupakan sumber fitoestrogen yang tinggi yaitu sebuah hormon yang berasal dari tanaman dimana hormon ini dapat menghambat pembentukan testosteron pada pria.

  1. Khasiat Susu Kedelai dalam Mencegah Sindrom Paska Menopaus

Saat menopaus, produksi hormon estrogen akan menurun. Penurunan kadar estrogen yang tiba-tiba ini akan memicu beberapa gangguan kesehatan seperti risiko penyakit jantung, diabetes, kegemukan, depresi, mood yang berubah-ubah, insomnia, dan gangguan psikologis lainnya. Salah satu manfaat minum susu kedelai secara teratur adalah mencegah gangguan tsb karena fitoestrogen di dalamnya akan membantu menggantikan kadar estrogen yang tiba-tiba menurun.

  1. Manfaat Susu Kedelai dalam Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau penyakit kerapuhan tulang adalah sebuah penyakit yang berkaitan dengan umur dan hormon. Dengan meminum susu kedelai secara teratur maka kandungan fitoestrogen di dalamnya dapat membantu penyerapan kalsium dan mencegah pelepasan masa tulang. Untuk hasil yang lebih optimal, lengkapi dengan suplemen kalsium dan vitamin D.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat susu kedelai yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/6-health-benefits-of-soy-milk.html

Leave a Reply

error: Content is protected !!