Cara Mengobati Sakit Tipes Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Tipes Secara Alami – Demam tifoid atau dikenal juga sebagai penyakit tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi di saluran pencernaan dan pembuluh darah. Biasanya bakteri ini akan masuk ke tubuh penderita melalui makanan, minuman atau air, kemudian bakteri ini akan berkembang biak dan menyebar dari usus ke dalam pembuluh darah. Bakteri kemudian akan masuk ke kelenjar limfa, hati, empedu, kandung kemih, dan bagian lainnya di dalam tubuh. Cara mengobati sakit tipes ini perlu dilakukan sejak dini agar penyebaran bakteri tidak terlalu luas dan semakin parah gejala yang dirasakan.

Gejala umum yang muncul pada penderita sakit tipes adalah demam yang tinggi yang kemudian diikuti dengan diare / konstipasi, kurang napsu makan, ruam di kulit, adanya darah di feses, hingga halusinasi. Bila Anda memeriksakan diri ke dokter maka cara mengobati sakit tipes yang akan diambil oleh dokter biasanya adalah pemberian antibiotik untuk membasmi bakteri tsb. Sangat penting sekali bagi Anda para penderita untuk mematuhi resep dokter sehingga Anda dapat sembuh total dan mencegah penyakit tipes kambuhan di kemudian hari.

Baca juga: Penyebab, Gejala, Tindakan Pencegahan, dan Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes

Penggunaan air yang bersih dan melakukan praktek hygiene pribadi dan sanitasi sangat penting dilakukan oleh siapapun untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tipes ini selain melakukan vaksinasi tentunya. Namun bila Anda sudah terdiagnosa penyakit ini, maka cara mengobati sakit tipes yang paling efektif saat ini hanyalah pemberian antibiotic yang tepat dan biasanya diperlukan waktu yang lama untuk penyembuhannya.

Walaupun antibiotic saat ini merupakan pilhan obat penyakit tipes yang utama namun rupanya masyarakat tetap mencari cara menyembuhkan penyakit tipes secara alami.

Cara Mengobati Sakit Tipes Secara Alami

Sebelum Dunia Kesehatan membahas mengenai obat sakit tipes yang bersifat alami, perlu ditekankan bahwa cara pengobatan alami seperti ini hanya merupakan pelengkap saja dan akan lebih baik bila Anda mengkonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Berikut ini adalah 10 cara mengobati sakit tipes secara alami, yaitu:

  1. Kompres Air Dingin

Cara mengobati sakit tipes secara alami pertama adalah meredakan gejala demam yang diderita. Saat Anda atau anak Anda mengalami gejala demam tinggi, Anda dapat meredakan demam tsb dengan memberikan kompres air dingin untuk menurunkan suhu tubuh lebih cepat. Lakukan beberapa kali sampai suhu tubuh turun. Namun ingat jangan gunakan air es karena ditakutkan kondisi penderita akan memburuk.

  1. Memperbanyak Asupan Cairan

Cara mengobati sakit tipes secara alami yang kedua adalah mencegah terjaninya dehidrasi. Selain demam tinggi, penderita juga biasanya mengalami diare sehingga berpotensi terjadi dehidrasi. Untuk itu agar gejala tidak semakin parah maka diperlukan asupan cairan yang banyak untuk mengganti kehilangan cairan tubuh serta membantu pembuangan zat-zat sisa dan toksin dari dalam tubuh.

Anda dapat minum air putih atau dapat pula disertai dengan air kelapa, jus buah segar, dll.

  1. Minum Oralit

Selain dengan meminum air putih ataupun jus buah segar, Anda pun dapat meminum oralit untuk mengganti elektrolit yang hilang dari dalam tubuh karena diare. Meminum cairan elektrolit dapat menurunkan gejala tipes dan membantu menyembuhkan penyakit tipes.

Bila Anda kesulitan mendapatkan oralit, Anda pun dapat membuat cairan elektrolit sendiri di rumah yaitu dengan mencampurkan ½ sendok garam dan 6 sendok gula ke dalam 4 cangkir air minum. Minumlah cairan ini untuk membantu mengobati sakit tipes yang Anda alami.

  1. Minum Cuka Apel

Meminum apple cider vinegar (cuka apel) juga merupakan salah satu cara mengobati sakit tipes secara alami. Kandungan asamnya dapat mengeluarkan panas dari kulit sehingga mampu menurunkan suhu tubuh. Selain itu cuka apel pun dapat mengganti kehilangan mineral karena diare.

Bila Anda ingin mencoba cara pengobatan sakit tipes dengan cuka apel ini cukup campurkan ½ sdt cuka apel yang belum disaring dengan sedikit madu dalam segelas air minum. Minumlah ramuan ini sebelum makan dan lakukan selama 5-7 hari untuk melihat khasiatnya.

  1. Makan Bawang Putih

Cara mengobati sakit tipes berikutnya adalah dengan bawang putih. Sudah lama diketahui bahwa bawang putih mengandung zat antimikroba yang dapat melawan infeksi bakteri. Bawang putih pun dapat meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat menghilangkan toksin berbahaya dan mempercepat penyembuhan dari sakit tipes.

cara mengobati sakit tipes menggunakan bawang putih



Cobalah makan 2 siung bawang putih dalam keadaan perut kosong (sebelum makan) selama beberapa minggu untuk menghilangkan gejala penyakit tipes. Anda juga dapat mencoba mencampurkan ½ sdt bawang putih halus dengan 1 cangkir susu dan 4 cangkir air. Kemudian didihkan campuran tsb hingga diperoleh ¼ bagian saja lalu minum 3 kali dalam sehari.

Namun ingat, cara mengobati sakit tipes menggunakan bawang putih ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil dan anak-anak.

  1. Makan Basil

Selain bawang putih, cara mengobati sakit tipes pun dapat dilakukan dengan menggunakan basil. Basil adalah sejenis tanaman herbal yang biasanya digunakan untuk resep masakan khas Itali. Tanaman yang dikenal dengan nama selasih ini memiliki zat antibiotic dan antibakteri sehingga mampu membantu melawan bakteri penyebab tipes. Selain itu, basil pun dapat menurunkan demam, membuat lambung lebih nyaman, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menggunakan cara mengobati sakit tipes menggunakan basil, cukup dengan menambahkan 20 lembar daun basil dan 1 sdt jahe parut ke dalam 1 cangkir air. Lalu didihkan hingga larutan tinggal setengahnya. Tambahkan madu sesuai selera lalu minum 2-3 kali sehari selama beberapa hari.

  1. Makan Cengkeh

Obat penyakit tipes alami lainnya adalah cengkeh. Minyak esensial yang berasal dari cengkeh mengandung zat antibakteri. Cengkeh pun mampu mengatasi muntah-muntah dan diare.

Berikut cara mengobati sakit tipes menggunakan cengkeh yaitu tambahkan 5-7 buah cengkeh ke dalam 8 cangkir air lalu didihkan hingga tersisa setengahnya. Tutup wadah setelah uap panas hilang lalu biarkan dingin kemudian saring lalu minum dalam waktu sehari. Lakukan pengobatan sakit tipes ini setidaknya dalam waktu 1 minggu untuk merasakan khasiatnya.

  1. Makan Pisang

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati sakit tipes adalah pisang. Buah ini dapat menurunkan demam dan mengatasi diare pada penderita tipes. Kandungan pectin dalam pisang merupakan serat yang dapat larut air dan membantu menyerap kelebihan cairan di dalam usus sehingga dapat meredakan diare. Selain itu kandungan kalium dalam pisang dapat menggantikan kehilangan elektrolit selama demam dan diare.

cara mengobati sakit tipes dengan buah pisang

Cara mengobati sakit tipes dengan buah pisang ini cukup mudah, cukup dengan memakan 2-3 buah pisang sehari sampai gejala sakit tipes mereda. Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan 2 buah pisang yang telah dihaluskan ke dalam ½ cangkir yoghurt lalu tambahkan 1 sdt madu. Lalu makanlah campuran buah ini 2-3 kali sehari selama beberapa minggu.

  1. Makan Cacing Tanah

Cara mengobati sakit tipes menggunakan cacing tanah memang sangat populer di Indonesia namun hanya jenis cacing Lumbricus Mallacus saja yang memiliki khasiat yang baik ini. Jenis cacing ini sangat kaya akan protein sehingga sangat baik diberikan untuk membantu penyembuhan sakit tipes.

Bila Anda merasa geli untuk mengolah cacing ini, Anda tenang saja karena sekarang ini banyak sekali produsen obat herbal yang membuat kapsul cacing ini sehingga Anda tinggal meminumnya saja tanpa harus melihat wujud cacing yang menjijikan itu.

  1. Makanan Kaya Nutrisi

Gejala sakit tipes lainnya yang biasa muncul adalah lemah, letih dan lesu. Untuk mengatasi gejala ini sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan kaya nutrisi sehingga dapat mengembalikan kebugaran tubuh Anda.

Makanan kaya nutrisi pun dapat membantu mengatasi kehilangan cairan dan elektrolit tubuh serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa cara mengobati sakit tipes ini meliputi memperbanyak makan makanan berkalori untuk mencukupi kebutuhan energy, mengkonsumi makanan tinggi protein (seperti telur dan susu) untuk mempercepat penyembuhan), mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, minum jus buah, sup dan kaldu.

Tips Lainnya Untuk Mempercepat Penyembuhan Penyakit Tipes

Selain menggunakan cara mengobati sakit tipes secara alami yang disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa tips lainnya yang berguna untuk menyembuhkan penyakit tipes lebih cepat, yaitu:

  • Tambahkan perasan 1 buah jeruk lemon dan sedikit madu kedalam segelas air hangat lalu minumlah 2-3 kali sehari. Minuman ini selain enak rasanya juga dapat memberikan kenyamanan di saluran pencernaan.
  • Minumlah perasan air jeruk segar untuk menjaga suhu tubuh Anda dan mencukupi kebutuhan cairan Anda.
  • Hindari makan daging dan makanan bergula selama beberapa hari.
  • Makanlah makanan yang mudah dicerna seperti bubur, sayuran rebus, smoothie, sup, dll
  • Hindari membeli makanan di pinggir jalan, usahakan mengkonsumsi makanan yang telah dimasak di rumah.
  • Hindari memakan buah dan sayuran mentah yang sulit dicerna.
  • Cucilah tangan sebelum memasak dan makan
  • Jagalah kebersihan pribadi
  • Selalu minumlah air yang telah dididihkan atau air dalam kemasan
  • Hindari minuman beralkohol, berkafein, berkarbonasi, dan makanan pedas.
  • Bila Anda mengalami diare, hindari minum susu atau produk olahan susu.
  • Bila Anda mengalami sembelit, perbanyaknya makanan berserat tinggi.
  • Istirahatlah yang cukup.

Itulah beberapa cara mengobati sakit tipes dan tips untuk mempercepat penyembuhan penyakit tipes. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.nhs.uk/Conditions/Typhoid-fever/Pages/Treatment.aspx
www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-typhoid-fever.html/
image credit: sharecare.com, medicalnewstoday.com, authoritynutrition.com

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

cara menyembuhkan penyakit tipes secara total -bolehkah sakit tipes minum air kelapa -cara menyembuhkan tipes secara total -air kelapa untuk tipes -manfaat air kelapa untuk penyakit tipes -apakah penderita tipes boleh minum air kelapa muda -kelapa muda untuk tipes -manfaat degan ijo untuk tipes -manfaat kelapa muda untuk tipes -air kelapa hijau untuk typus -

Leave a Reply

error: Content is protected !!