4 Fakta Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan Yang Mengejutkan

Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan – Sebagian besar orang sudah mengetahui kegunaan dan khasiat sayuran bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Walaupun demikian, masih banyak saja yang tidak mengkonsumsi sumber makanan sehat secara cukup. Alasannya cukup klise, biasanya karena rasa sayuran yang kurang enak padahal cukup banyak resep makanan berbahan dasar sayur yang cukup menggoda bila Anda mengetahuinya.

khasiat dan manfaat sayuran bagi kesehatan



Baca juga: 5 Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Bila Anda salah seorang yang kurang menyukai sayur, mungkin beberapa alasan berikut ini mampu memotivasi Anda untuk meningkatkan jumlah asupan sayuran setiap harinya.

  1. Khasiat Sayuran Dalam Mengatasi Perut Kembung

Bukannya sayuran justru membuat perut kembung? Bila Anda beranggapan demikian, itu memang betul tapi tak sepenuhnya benar karena sebetulnya justru lebih banyak sayuran yang dapat mengatasi perut kembung.

Berikut ini adalah beberapa fakta yang menunjang manfaat sayuran dalam mengatasi perut kembung:

  • Sayuran sangat kaya serat yang dapat membantu melancarkan saluranan pencernaan sehingga mempercepat pembuangan zat sisa, zat yang dapat mengiritasi lambung, dan mencegah konstipasi.
  • Perut kembung juga bisa terjadi karena banyaknya konsumsi garam sementara sayuran kaya kalium dan air yang akan mengeluarkan kelebihan natrium di dalam tubuh namun tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat sayuran untuk menghilangkan rasa penuh di perut / rasa begah, cobalah mengkonsumsi mentimun, selada, atau tomat.

Jika Anda mengalami kembung di saat pertama kali mengkonsumsi sayuran, cobalah makan sayuran yang telah dikukus terlebih dahulu dibandingkan makan secara langsung.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

  1. Manfaat Sayuran Membuat Kulit Tampak Awet Muda

Siapa sih yang tak menginginkan memiliki kulit awet muda, cerah dan bersinar? Tak hanya kaum hawa yang memimpikannya tapi kaum adam pun sangat menyukainya. Manfaat sayuran yang Anda konsumsi akan mencegah tanda-tanda penuaan yang tidak Anda harapkan (baca: kerutan) dan menjaga kulit tetap muda. Hal ini terjadi karena sayuran kaya akan fitonutrien, vitamin C dan kadar air yang tinggi.

Beberapa alasan mengapa manfaat sayuran dapat membuat Anda tampak awet muda. Pada umumnya sayuran mengandung air hingga 85-95% yang mampu menghidrasi kulit (memenuhi kebutuhan cairan kulit) dan mengurangi kerutan. Fitonutrien yang terdapat pada sayuran dapat menjaga kulit Anda terkena penuaan dini dengan cara mencegah kerusakan sel karena stres, sinar matahari, polusi, dan racun-racun lainnya yang ada di lingkungan sekitar Anda. Sementara vitamin C akan membantu pembentukan kolagen untuk regenerasi kulit.

Agar Anda dapat mendapatkan manfaat sayuran untuk kesehatan dan kecantikan kulit ini, cobalah konsumsi sayuran yang berwarna merah terang dan oranye seperti wortel dll karena sayuran semacam ini sangat kaya beta carotene yang merupakan anti oksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan karena sinar matahari. Selain itu pada sayuran berwarna merah seperti tomat juga mengandung likopen yang dapat bertindak sebagai sunscreen alami.

  1. Kegunaan Sayuran Dalam Mengurangi Stres

Apakah Anda sedang mengalami banyak tekanan belakangan ini? Tentu rasanya sangat tidak nyaman ya karena stres dapat membuat lelah dan emosi Anda menjadi tidak stabil / “moody”. Dalam hal makanan pun, stres seringkali memicu seseorang makan berlebih, dan bila tidak segera ditindaklanjuti dapat memicu terjadinya kegemukan / obesitas.

Hasil penelitian menunjukkan manfaat sayuran untuk mengurangi stres sangat berkaitan dengan kandungan magnesium dan vitamin C. Dan kabar baiknya, selain mengandung kedua nutrisi ini, sayuran pun mengandungn asam lemak omega 3 dan vitamin B yang dapat melawan kecemasan dan depresi.

Baca juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat sayuran untuk meredakan stres juga didukung oleh kandungan magnesium dan kalium yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah sehingga Anda akan merasa lebih rileks. Sementara kandungan seratnya dapat menjaga gula darah di level stabil, mencegah turunnya energy dan perubahan mood.

Bila Anda ingin mengambil manfaat sayuran dalam mengurangi stres ini, cobalah makan jamur, sayuran berdaun hijau, labu, kentang, paprika, bayam, pakcoy, edamame yang sangat kaya vitamin dan mineral.

  1. Manfaat Sayuran Untuk Melindungi Tulang

Bicara tentang osteoporosis, kebanyakan orang berpikir bahwa makanan berbahan susu lah yang sangat baik untuk melindungi tulangnya. Namun sebetulnya kesehatan tulang dapat pula diperoleh dari manfaat sayuran loh. Sayuran kaya vitamin K, vitamin D, kalsium, dan serat prebiotic yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tomat sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. Tomat sangat kaya likopen dan saat Anda tidak mengkonsumsi likopen maka risiko Anda terkena osteoporosis akan meningkat.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat sayuran untuk tulang Anda, cobalah mulai mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kale, bayam (untuk mendapatkan kalsium lebih banyak sebaiknya dimasak terlebih dahulu), brokoli, kacang hijau untuk kalsium dan vitamin K. Sementara untuk mendapatkan vitamin D dan serat prebiotik cobalah mengkonsumsi jamur, asparagus, kale, dan bawang.

Itulah beberapa manfaat sayuran untuk kesehatan Anda yang mungkin belum Anda ketahui. Jadi mulailah perbanyak makan sayuran sekarang juga. Ingat kesehatan Anda akan sangat bergantung pada apa yang Anda makan saat ini .. semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
edition.cnn.com/2014/06/19/health/benefits-of-vegetables

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

fakta sayuran -fakta sayur sayuran -manfaat sayuran -fakta tentang sayur -rekomendasi tentang pentingnya makan sayur untuk kesehatan -manfaat sayuran basgi wanita -info unik tentang sayuran -fakta sayuran hijau -fakta kesehatan sayuran -fakta fakta sayuran -

Leave a Reply

error: Content is protected !!