Dampak dan Bahaya Terlalu Banyak Tidur Apakah Hal Serius?

Bahaya Terlalu Banyak Tidur – Semua orang setuju bahwa tidur sangat baik untuk kesehatan. Namun ternyata tidur yang memiliki manfaat kesehatan itu ada kriterianya tersendiri, yaitu tidur cukup, tidak kurang, dan tidak pula berlebihan. Beberapa dampak buruk tidur terlalu banyak diantaranya adalah penyakit jantung, diabetes, dan meningkatnya risiko kematian. Hmm ngeri ya … Bila Anda sekarang ini sangat suka tidur, inginnya tidur melulu sebaiknya hati-hati …

Para peneliti menyebutkan 2 faktor penyebab tidur berlebih adalah depresi dan rendahnya tingkatan status sosioekonomik. Kedua faktor inilah yang mungkin menjadi alasan terjadinya gangguan kesehatan yang sering dikaitkan dengan bahaya terlalu banyak tidur.

Baca juga: Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan di Balik Manfaatnya

Bagaimana Seseorang Dikatakan Mengalami Kebanyakan Tidur?

Betul sekali, jumlah waktu tidur yang diperlukan seseorang adalah berbeda bagi tiap individu. Waktu tidur yang cukup tergantung pada umur / usia seseorang, tingkat aktivitas, kondisi kesehatan, dan kebiasaan hidupnya. Contohnya, saat Anda sedang sakit atau mengalami stress mungkin Anda akan merasa perlu tidur lebih banyak. Walaupun demikian, para pakar kesehatan menyarankan orang dewasa untuk tidur antara 7-9 jam setiap malamnya.

bahaya terlalu banyak tidur

bahaya terlalu banyak tidur (image: greatist.com)



Baca juga: Bagaimana Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Duduk?

Mengapa Seseorang Tidur Terlalu Banyak?

Berikut ini adalah beberapa penyebab terlalu banyak tidur yaitu:

  1. Hipersomnia (Tidur Terlalu Panjang)

Pada kasus hipersomnia, tidur berlebih ini merupakan gangguan kesehatan. Kondisi ini menyebabkan seseorang merasa kurang tidur dan mengalami kantuk yang ekstrim sepanjang hari, yang biasanya tidak hilang walaupun sudah tidur siang. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengapa tidur terlalu lama di malam hari. Banyak orang yang menderita hipersomnia ini mengalami gejala kecemasan, merasa kurang berenergi / bersemangat, dan gangguan ingatan sebagai akibat perlunya tidur tsb.

  1. Sleep Apnea Obstruktif

Sleep apnea obstruktif adalah gangguan serius pada pernapasan yang terjadi saat tidur di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Kondisi yang ditandai dengan tidur mengorok ini dapat meningkatkan kebutuhan untuk tidur karena menganggu siklus tidur normal.

  1. Penyebab Lainnya

Penyebab terlalu banyak tidur lainnya adalah penggunaan alkohol dan obat-obatan tertentu seperti obat anti depresi, dll.

Bahaya Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang erat kaitannya dengan kondisi tidur terlalu banyak, yaitu:

  1. Sakit Kepala

Bahaya terlalu banyak tidur lainnya adalah sakit kepala. Untuk orang yang mudah sakit kepala, tidur melulu di hari libur atau tidak seperti biasanya dapat menyebabkan sakit kepala. Orang yang tidur terlalu lama di siang hari dan mengganggu waktu tidurnya di malam hari juga seringkali mengalami sakit kepala keesokan paginya.

  1. Nyeri Punggung

Selain sakit kepala, dampak buruk tidur terlalu lama adalah nyeri punggung. Dulu, salah satu cara mengatasi sakit punggung adalah dengan tidur telentang di kasur yang rata atau melakukan latihan fisik tertentu. Namun sekarang, dokter mungkin akan menyarankan lain yaitu untuk tetap menjaga siklus tidur, usahakan untuk tidak tidur melebihi yang biasanya untuk meredakan nyeri punggung tsb.

  1. Diabetes

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak tidur terlalu lama atau tidak cukup setiap malamnya dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.

  1. Obesitas

Bahaya terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit tidur dapat meningkatkan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan seseorang yang tidur 9 atau 10 jam setiap malam memiliki potensi obesitas sebanyak 21% dalam 6 tahun dibandingkan orang yang tidur 7-8 jam setiap harinya. Kondisi ini tetap tidak membaik walaupun orang tsb mengurangi porsi makan ataupun melakukan olahraga.

  1. Penyakit Jantung

Menurut hasil penelitian, wanita yang tidur antara 9-11 jam tiap malam mengalami kenaikan risiko penyakit jantung koroner sebanyak 38% dibandingkan wanita yang tidur 8 jam per malam. Walaupun demikian, para ahli masih belum dapat menemukan alasan yang tepat antara penyakit jantung sebagai salah satu bahaya terlalu banyak tidur.

  1. Depresi

Seperti yang telah disebutkan di atas salah satu penyebab terlalu banyak tidur adalah depresi. Masalahnya ternyata bahaya terlalu banyak pada depresi adalah membuat depresi yang dialami tambah buruk. Nah untuk mengatasi depresi yang dialami adalah dengan melakukan kebiasaan tidur seperti biasanya.

  1. Kematian

Menurut beberapa penelitian, orang yang tidur 9 jam atau lebih memiliki tingkat kematian lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 7-8 jam per malam. Bahaya terlalu banyak tidur inipun belum dapat dijelaskan secara tepat. Para ahli baru berspekulasi bahwa depresi dan rendahnya status sosial ekonomilah yang berkaitan dengan lamanya tidur juga meningkatkan tingkat kematian.

Cara Mendapatkan Manfaat Tidur Tanpa Harus Berlebihan

Jika belakangan ini Anda mengalami tidur lebih dari 7 atau 8 jam per malam sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab tidur berlebihan tsb.

Jika Anda mengalami terlalu banyak tidur karena alkohol atau obat-obatan tertentu, menghentikan penggunaan alkohol atau obat tsb dapat membantu. Namun ingat, jika Anda menggunakan obat yang diresepkan dokter, sebaiknya jangan hentikan pengobatan Anda, kecuali bila dokter memang meminta demikian.

Nah agar Anda terhindar dari bahaya terlalu banyak tidur, sebaiknya Anda coba untuk tidur 7-8 jam setiap malamnya. Berikut ini tips agar Anda dapat tidur normal setiap malamnya, yaitu:

  • Disiplin dalam berangkat tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.
  • Hindari penggunaan kafein dan alkohol sebelum tidur.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Buatlah tempat tidur senyaman mungkin sehingga Anda dapat tidur nyenyak di malam hari.

Nah itulah informasi seputar dampak dan bahaya terlalu banyak tidur serta penyebabnya. Sekarang coba Anda perhatikan siklus tidur Anda, apakah normal atau berlebihan? Bila berlebih sebaiknya periksakan diri ke dokter agar Anda terhindar dari efek sampir tidur melulu tsb. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: www.webmd.com/sleep-disorders/guide/physical-side-effects-oversleeping#1

Leave a Reply

error: Content is protected !!