Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati Yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati – Pernahkah Anda mengalami sakit ulu hati? Atau pernahkah Anda merasa sakit di bagian tengah atas perut yang kadang disertai dengan rasa mual dan kembung. Apa sih sebetulnya sakit ulu hati? Terus apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi sakit ulu hati? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasannya berikut iniā€¦

Apa Itu Sakit Ulu Hati?

Daerah ulu hati atau disebut juga epigastrium dalam ilmu medis berada di atas pusar, bawah tulang dada, dan di antara tulang rusuk. Tanda-tanda sakit di ulu hati meliputi rasa mual, perut kembung, diiringi sendawa, rasa lapar, kram perut, muntah. Rasa sakit kemudian menjalar ke atas dada atau punggung. Bila dibiarkan, akan terjadi penurunan berat badan pada penderitanya.

penyebab dan cara mengatasi sakit di ulu hati

image credit: healthtap.com



Baca juga: Cara Menyembuhkan dan Cara Mengatasi Sakit Perut Berdasarkan Penyebabnya

Penyebab Sakit di Ulu Hati

Sebelum Dunia Kesehatan membahas mengenai cara mengatasi sakit di ulu hati sebaiknya Anda ketahui apa saja penyebabnya. Rasa sakit di ulu hati jangan dibiarkan begitu saja, karena bisa jadi menjadi tanda-tanda penyakit serius lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit di ulu hati yang patut Anda waspadai:

Tukak Peptik

Tukak peptik yaitu penyakit karena adanya luka pada lapisan dinding lambung atau usus kecil seringkali disebut sebagai penyebab sakit di ulu hati paling umum. Tukak peptik terjadi bila ada zat asam yang mengenai luka di lambung sehingga terasa menyakitkan dan mungkin timbul pendarahan. Sejatinya memang suasana di lambung adalah asam, namun bila asam itu terlalu berlebih malah akan merusak dinding lambung misalnya karena penggunaan obat-obatan bersifat asam (seperti aspirin / asetil salisilat, ibuprofen, ketoprofen, suplemen kalium, dll) atau karena infeksi bakteri.

Penyebab sakit di ulu hati kemungkinan besar adalah sakit tukak lambung bila terjadi pula rasa sakit dari area pusar hingga dada, rasa sakit semakin parah saat perut kosong dan di malam hari, rasa nyeri dapat saja hilang namun kembali lagi pada hitungan hari atau hitungan minggu. Pada sebagian kecil kasus, kadang tukak peptic ditandai juga dengan muntah darah, buang air besar (BAB) berdarah, mual, hilangnya selera makan, dan penurunan berat badan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Penyakit Kantong Empedu

Penyebab sakit di ulu hati berikutnya adalah karena ada penyakit kantong empedu. Kantong empedu adalah sebuah kantong kecil yang berada di bawah hati yang berfungsi untuk menyimpan cairan empedu untuk membantu hati dalam mencerna lemak. Sakit kantong empedu ditandai juga dengan rasa sakit perut yang terjadi secara konstan, diiringi dengan mual, muntah, demam, tubuh gemetaran, nyeri dada, dan perubahan warna kotoran / tinja.

Pankreatitis

Pankreatitis adalanya terjadinya radang pada pankreas yaitu organ tubuh penghasil enzim untuk proses pencernaan dan penghasil hormon untuk mengatur kadar gula. Pakreatitis mungkin saja menjadi penyebab sakit di ulu hati bila Anda merasakan rasa sakit akut yang terasa hingga punggung dan disertai dengan muntah.

Anda pun dapat melihat perubahan warna di sekitar pusar / panggul, perut terasa kaku, dan rasa sakit kian parah seusai makan. Pankreatitis kronis juga ditandai dengan kotoran yang berbau tidak biasa dan berminyak, serta terjadi penurunan berat badan.

Sindrom Iritasi Usus

Penyebab sakit di ulu hati lainnya adalah sindrom iritasi usus. Penyakit ini pun ditandai dengan kram, perut kembung, buang gas, juga terjadi perubahan frekuensi BAB. Iritasi usus dapat terjadi karena otot dinding usus saat membawa makanan bergerak lebih kuat dan lama.

Sebetulnya penyebab pasti penyakit ini belum dapat dipastikan, namun dari hasil pengamatan oleh para peneliti, risiko tinggi terjadi pada wanita, orang yang berumur 45 tahun ke bawah, memiliki anggota keluarga yang mengalami penyakit ini, penderita gangguan kesehatan mental, sering cemas, dan depresi.

Baca juga: Penyebab, Tips Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Usus

Preeklamsia

Preeklamsia adalah suatu kondisi / penyakit yang disebabkan oleh penyakit tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dengan baik pada ibu hamil. Bila dibiarkan kondisi ini mampu merusak organ tubuh, umumnya menyerang ginjal. Penyebab sakit di ulu hati ini biasanya diiringi dengan muntah muntah bila kondisinya sudah parah.

Kanker Lambung

Rasa sakit di ulu hati harus diwaspadai karena bisa saja penyebab sakit di ulu hati tsb adalah kanker lambung. Kanker lambung memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor namun bila Anda pria, berusia 55 tahun ke atas, perokok, sering mengkonsumsi makanan bergaram tinggi, atau memiliki anggota keluarga dengan penyakit yang sama maka Anda memiliki faktor risiko yang tinggi. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya muntah dan penurunan berat badan.

Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab sakit ulu hati, maka sekarang saatnya Anda mengetahui cara mengatasi sakit di ulu hati tsb.

Cara mengatasi sakit di ulu hati dibedakan menjadi 2 yaitu bila gejala yang dirasa tidak parah dan cara mengatasi sakit ulu hati yang parah.

Untuk mengatasi rasa sakit di ulu hati yang tidak parah yaitu hanya terasa / terjadi 1-2 kali maka dapat Anda atasi sendiri di rumah dengan mudah yaitu:

  • Mengonsumsi obat antasida yang biasanya dijual bebas di pasaran. Antasida dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga mengurangi rasa sakit. Antasida yang dijual di pasaran biasanya dikombinasi dengan anti flatulen untuk mengatasi perut kembung. Bacalah aturan pakai penggunaan yang tercantum di tiap kemasan.
  • Hindari mengkonsumsi makanan / minuman penyebab sakit di ulu hati seperti kafein, minuman beralkohol, minuman bersoda, makanan pedas, dan makanan lainnya yang dapat mengiritasi perut.

Untuk mengatasi sakit di ulu hati bila gejala yang dirasakan cukup parah atau selama 2 hari gejala tidak mereda atau bahkan semakin parah seperti diiringi demam, muntah, lemas, sulit bernapas, pembengkakan pada perut, darah pada kotoran, dsb maka segeralah konsultasikan atau periksakan diri pada dokter kepercayaan Anda.

Cara mengatasi sakit di ulu hati yang dilakukan dokter biasanya ditentukan setelah melakukan diagnosis dan serangkaian pemeriksaan. Misalnya bila penyebabnya adalah kanker lambung maka dokter akan memberikan terapi kanker dan bahkan operasi untuk mengatasi sakit di ulu hati tsb.

Itulah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi sakit ulu hati yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat ..

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

sakit ulu hati -sakit di ulu hati -nyeri ulu hati -penyebab ulu hati sakit -ulu hati sakit -sakit pada ulu hati -penyebab sakit ulu hati -rina sering mengalami nyeri pada ulu hati -ulu hati -penyakit ulu hati -

Leave a Reply

error: Content is protected !!