Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Tinggi Pada Penderita Diabetes Yang Enak dan Sehat

Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah – Salah satu cara pengendalian penyakit diabetes tipe 2 adalah dengan diet makanan sehat selain melalukan olahraga dan obat penurun gula darah. Bila saat ini Anda memiliki penyakit diabetes tipe 2 maka sebaiknya pilih makanan yang dapat mengendalikan gula darah, mampu mencegah rasa lapar, serta membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Perlu Anda ketahui, tak ada suplemen, minuman, ataupun makanan yang dapat menurunkan gula darah tinggi. Hanya olahraga yang tepat dan obat penurun gula darah lah yang dapat menurunkan gula darah penderita diabetes. Namun makanan dan minuman tsb hanya dapat menurunkan indeks glikemia yaitu tidak meningkatkan gula darah dan dapat membantu Anda menghindari peningkatan gula darah. Walaupun ada diet makanan khusus penderita diabetes namun hal tsb harus dibarengi dengan gaya hidup aktif, tetap melakukan aktivitas fisik yang aktif.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai jenis makanan untuk mengontrol gula darah ataupun makanan yang dapat mencegah kenaikan gula darah pada penderita diabetes, sebaiknya Anda ketahui dulu apa itu penyakit diabetes.

Seseorang dikatakan menderita diabetes bila kadar gula darah / glukosa darahnya lebih tinggi dibandingkan normal. Beberapa gejala gula darah tinggi diantaranya adalah luka yang sulit sembuh dan ditemukannya gula dalam urin.

Beberapa jenis makanan karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, serela, susu, makanan penutup, dan beberapa  buah-buahan dipercayai dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk membuat menu diet yang memperhitungkan jumlah dan jenis karbohidrat yang dimakan setiap harinya.

Banyak orang berpikiran bila makanan diet khusus untuk penyakit diabetes adalah tak enak, terlebih mereka harus membatasi makanan manis / bergula. Namun tenang saja karena ternyata masih banyak makanan sehat dengan rasa enak loh.

Pemilihan makanan yang tepat dalam menu diet dapat mencegah terjadinya prediabetes ataupun diabetes tipe 2. Nah apa saja makanan untuk mengontrol gula darah? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

makanan untuk mengontrol gula darah tinggi

Ilustrasi makanan untuk mengontrol gula darah tinggi (image: indiatimes.com)



Baca juga: 7 Cara Memilih Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung

Jenis Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pengendali gula darah dan jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain menyehatkan, memiliki rasa enak juga dapat dijadikan sebagai alternatif gula dan karbohidrat tinggi indeks glikemik (IG).

Sayuran, Jenis Makanan Pengontrol Kadar Gula Darah #1

Apa saja jenis sayuran yang dapat menurunkan gula darah? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan Anda.

Bila Anda tak menyukai sayuran sebaiknya mulai pikirkan banyaknya manfaat sayuran untuk kesehatan. Sayuran pun termasuk makanan untuk mengontrol gula darah tinggi. Ada banyak warna, rasa, dan tekstur sayuran yang dapat Anda pilih, beberapa diantaranya adalah jamur, bawang, tomat, sayuran hijau seperti bayam, kale, selada, dll. Selain sehat dan enak, sayuran hijau juga merupakan jenis makanan rendah karbohidrat.

Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan untuk mengontrol gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyaknya memakan bawang putting dapat menurunkan gula darah puasa. Bawang putih tidak memiliki kandungan karbohidrat sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Bawang merah juga ternyata memiliki efek yang sama dalam mempengaruhi kadar gula darah.

Sayuran berdaun hijau sangat kaya serat serta nutrisi seperti vitamin A dan magnesium. Kandungan gizi inilah yang dapat menurunkan gula darah. Semua sayuran berdaun hijau memiliki IG rendah, jadi perbanyaklah porsi sayuran untuk mengendalikan gula darah Anda serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah-Buahan, Jenis Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Tinggi #2

Adakah jenis buah penurun gula darah yang cepat? Bukankah kebanyakan buah memiliki rasa manis yang justru dapat meningkatkan kadar gula darah?

Betul sekali, kebanyakan buah memang dapat meningkatkan gula darah, namun ada beberapa jenis buah yang memiliki skor IG rendah dan cocok dijadikan makanan untuk mengontrol gula darah. Beberapa jenis buah-buah tsb diantaranya adalah melon, ceri, blueberi dan blackberi. Buah-buahan tsb kaya nutrisi, kaya serat, rendah karbohidrat dengan rasa manisnya yang enak sehingga cocok sebagai pilihan makanan yang boleh dimakan penderita diabetes.

Blackberrie, blueberrie, dan ceri tidak akan meningkatkan kadar gula darah seperti buah-buahan lainnya, kaya serat, dan kaya antosianin. Antosianin dapat menghambat enzim pencernaan sehingga pencernaan lebih lambat juga mencegah lonjakan kenaikan gula darah setelah makan tinggi karbohidrat.

Jika Anda termasuk penyuka buah-buahan, sebaiknya cobalah makan buah-buahan di atas seperti ceri dan beri sebagai pengganti makan pisang, pir, dan apel.

Jenis Makanan untuk Mengontrol Gula Darah #3: Minuman Enak Selain Air Putih

Minum air putih memang baik untuk kesehatan. Masalahnya banyak yang kurang menyukai air putih karena rasanya yang hambar dan biasa saja. Nah, bila Anda termasuk salah satunya, Anda dapat membuat sesuatu yang lebih menarik misalnya dengan membuat infused water yaitu memasukkan beberapa iris sayuran / buah-buahan ke dalam air putih. Minuman segar ini tentunya memiliki rasa segar selain menyehatkan bukan?

Anda dapat memotong lemon atau mentimun lalu masukkan ke dalam air putih, agar lebih segar Anda pun dapat menambahkan beberapa buah potongan es batu.

Selain itu, Anda pun dapat berkreasi membuat makanan untuk mengontrol gula darah dengan cara membuat teh panas ataupu es teh yang ditambahkan lemon ataupun potongan kayumanis. Selain rendah karbohidrat, manfaat minum teh dapat membantu Anda merasa kenyang untuk tidak mengkonsumsi makanan lain yang justru dapat meningkatkan kadar gula darah.

Selain teh, Anda juga dapat mengganti air putih dengan minum kopi. Salah satu manfaat minum kopi (baik yang mengandung kafein ataupun tanpa kafein) adalah dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan gula, sirup ataupu susu.

Jenis Makanan Pengontrol Gula Darah Tinggi #4: Biji-Bijian dan Makanan Kaya Serat

Keinginan untuk makan memang kerap sekali mendera penderita diabetes. Cobalah membuat perut Anda lebih kenyang dengan makanan yang mengandung biji-bijian dan kaya serat seperti kacang-kacangan. Jenis makanan tsb rendah karbohidrat namun dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Kacang almond dapat mengatur dan menurunkan peningkatan kadar gula setelah makan dan mencegah diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi almond dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang mengalami prediabetes.

Kebanyakan kacang-kacangan memiliki skor IG rendah antara 0-20. Kacang mete termasuk kacang-kacangan yang memiliki skor IG tertinggi.

Jenis Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Tinggi #5: Lemak Boleh asal Sehat

Makanan berlemak merupakan jenis pantangan makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol. Walaupun demikian lemak tetap diperlukan oleh tubuh loh. Jadi makan secukupnya dan pertimbangkan pula memiliki lemak sehat misalnya dari minyak zaitun, buah alpukat, dan lemak ikan.

Asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal merupakan komponen penting dalam menu makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol. Kedua jenis asam ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin, dapat memberikan rasa kenyang, dan memiliki dampak positif untuk tekanan darah dan peradangan. Tahukah Anda bahwa kedua jenis asam lemak ini merupakan nutrisi yang dimiliki buah alpukat?

Buah alpukat merupakan salah satu makanan untuk mengontrol gula darah tinggi selain itu juga merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes dan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah alpukat mampu menurunkan risiko gangguan metabolisme tubuh seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Buah alpukat juga memiliki indeks glikemik rendah, jadi setiap kali Anda ingin camilan, cobalah pikirkan alpukat untuk menu Anda.

Selain mendapatkan lemak sehat dari buah alpukat, Anda pun dapat mengkonsumsi ikan sepeti tuna dan halibut yang kaya akan asam lemak omega 3.

Jenis Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Tinggi #6: Perbanyak Protein

Protein dapat membantu menjaga fungsi tubuh dan uniknya, protein pun tak mempengaruhi kadar gula darah dan tidak meningkatkan kadar gula darah juga. Protein juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi daripada Anda menambah porsi nasi, pasta ataupun roti, cobalah ganti dengan protein yang merupakan jenis makanan untuk mengontrol gula darah. Dan salah satu sumber protein yang baik adalah ikan. Ikan pun kaya akan asam lemak omega 3 yang sehat. Beberapa contoh ikan yang baik sebagai sumber protein adalah salmon, tuna, makerel, halibut.

Telur juga merupakan sumber protein yang banyak disukai. Namun masalahnya memakan telur dipercayai dapat meningkatkan kolesterol darah. Namun Anda tak perlu takut karena memakan telur tidaklah berbahaya bagi Anda yang memiliki prediabetes ataupun menderita diabetes tipe 2. Telur memiliki skor IG=0, memberikan rasa kenyang, dan menurunkan napsu makan sehingga cocok menjadi makanan untuk mengontrol gula darah. Namun sebaiknya konsumsi telur secukupnya dan akan lebih baik lagi bila Anda mengkonsumsinya dalam bentuk telur rebus dan bukan telur ceplok ataupun telur dadar ya.

Jenis Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Tinggi #7: Coklat Penambah Semangat

Selain dengan teh dan kopi, Anda pun dapat mengkonsumsi coklat untuk memperbaiki mood dan menambah semangat. Coklat pun termasuk camilan yang sehat, namun ingat konsumsi coklat hitam (dark chocolate) yang memiliki rasa pahit dan tanpa pemanis ya.

Coklat termasuk makanan untuk mengontrol gula darah tinggi. Makanan ini sangat kaya antioksidan juga mengandung flavanol yang bernama epicatechin yang dapat mengatur produksi glukosa dalam tubuh, mampu menstabilkan gula darah termasuk pada penderita diabetes.

Daripada minum susu coklat cobalah ganti dengan minuman coklat hitam atau tambahkan coklat hitam tsb pada yogurt tanpa rasa atau smoothies.

Penutup

Makanan yang memiliki skor IG tinggi merupakan pantangan makanan untuk penderita diabetes. Mengurangi gula, mengurangi karbohidrat dengan alternatif jenis makanan untuk mengontrol gula darah di atas adalah cara terbaik dalam mencegah diabetes dan prediabetes.

Diet semata tidak akan dapat mengatasi penyakit diabetes secara efektif, namun perlu keseimbangan antara makanan dan olahraga.

Itulah informasi menarik seputar makanan untuk mengontrol gula darah tinggi. Gunakan contoh makanan di atas sebagai contoh makanan yang boleh dimakan penderita diabetes. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: www.healthline.com/health/foods-lower-blood-sugar#takeaway15; www.webmd.com/diabetes/features/diabetic-diet-6-foods-control-blood-sugar#1

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

apakah telur dapat menghambat naiknya guls darah -gula apa yang enak -khasiat dan kegunaanya baking soda cap hammer -peningkatan gula darah sekali makan -

Leave a Reply

error: Content is protected !!