Welcome to javatalk.info

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)

Obat Diabetes dan Cara Mengatasi Diabetes Yang Efektif

Tergantung pada jenis diabetes yang dimiliki namun biasanya cara mengatasi diabetes yang efektif merupakan perpaduan dari pemeriksaan gula darah secara teratur, insulin, dan minum obat diabetes. Selain itu terdapat faktor penting lainnya dalam merawat dan mengendalikan penyakit diabetes yang meliputi makan makanan sehat, menjaga berat badan yang sehat, serta terus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur.

Seperti yang telah Anda ketahui, penyakit diabetes merupakan suatu penyakit karena ada gangguan metabolisme tubuh. Tanda-tanda diabetes yang paling umum adalah tingginya kadar gula / glukosa darah. Setidaknya ada 4 jenis diabetes mellitus yaitu prediabetes (kondisi dimana gula darahnya tinggi di atas normal tapi belum terlalu tinggi untuk dimasukkan ke dalam kategori diabetes), diabetes tipe 1 (karena tubuh tak mampu memproduksi insulin), diabetes tipe 2 (karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin secara cukup atau karena ada resistensi insulin), dan diabetes gestasional (yaitu diabetes yang terjadi pada ibu hamil). Nah apa saja obat diabetes, bagaimana cara pengobatan diabetes, bagaimana pula cara mengatasi diabetes? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

Langkah Pengobatan dan Cara Mengatasi Diabetes Untuk Semua Tipe

Perlu Anda ketahui, penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, walaupun demikian, para penderita diabetes masih dapat hidup normal dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa asalkan melakukan perawatan dan pengendalian penyakit diabetes yang dimilikinya.

Salah cara mengendalikan penyakit diabetes adalah dengan menjaga berat badan sehat melalui diet makanan sehat dan olahraga. Cara mengatasi diabetes tsb sangat efektif dan sebetulnya dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan juga.

Makan Makanan Sehat

Menu diet makanan khusus penderita diabetes saat ini masih pro kontra. Namun intinya untuk menjaga kesehatan tubuh memang diperlukan pola makan sehat yang seimbang. Memperbanyak buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian merupakan jenis makanan yang tinggi nutrisi, kaya serat, rendah lemak dan kalori merupakan salah satu cara mengatasi diabetes secara alami melalui makanan.

Selain itu sebaiknya Anda pun mengurangi konsumsi makanan hewani, produk olahan karbohidrat, dan mengurangi gula atau makanan manis-manis. Cara mengatasi diabetes tsb sebetulnya adalah aturan umum yang sebaiknya diikuti oleh anggota keluarga bila ingin menjaga kesehatan tubuh secara umum pula. Namun Anda jangan salah, bukan berarti Anda tak boleh sama sekali makan makanan bergula loh! Makan yang manis-manis diperbolehkan asalkan tidak sering-sering dan tidak berlebihan.

Salah satu tantangan dalam cara mengatasi diabetes melalui diet adalah menentukan makanan apa yang sebaiknya dimakan dan berapa jumlahnya. Anda dapat berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi / ahli diet untuk membuatkan rencana menu diet yang sesuai dengan tujuan kesehatan Anda, makanan kesukaan, dan gaya hidup Anda.

Tetap Aktif

Semua orang memerlukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk para penderita diabetes. Olahraga teratur dan tetap aktif secara fisik merupakan salah satu cara mengatasi diabetes yang efektif. Salah satu manfaat olahraga adalah menurunkan kadar gula darah dengan cara memindahkan gula ke sel tubuh dimana gula tsb digunakan sebagai sumber energi. Olahraga pun akan meningkatkan sensitivitas pada insulin, itu artinya tubuh akan memerlukan insulin lebih sedikit untuk memindahkan gula ke sel tubuh.

Walaupun olahraga sangat direkomendasi sebagai cara mengatasi diabetes, namun sebaiknya Anda mendapatkan persetujuan dari dokter Anda dulu sebelum melakukannya karena pada beberapa kasus ada jenis olahraga yang justru dapat memperburuk situasi.

Bila dokter Anda setuju, silahkan pilih jenis olahraga yang Anda suka, apakah berjalan kaki, bersepeda, ataupun berenang. Yang paling penting adalah lakukan olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit setiap harinya.

obat diabetes dan cara mengatasi diabetes paling efektif

Ilustrasi obat diabetes dan cara mengatasi diabetes paling efektif (image: everydayhealth.com)

Baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Darah Yang Perlu Diketahui Beserta Gejala dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Diabetes Tipe 1 dan 2

Langkah pengobatan diabetes tipe 1 meliputi injeksi insulin atau menggunakan pompa insulin, pemeriksaan gula darah secara teratur, dan metode penghitungan karbohidrat. Sementara cara mengobati diabetes tipe 2 meliputi pemeriksaan gula darah, pemberian obat anti diabetes, insulin, ataupun gabungan insulin dan obat diabetes.

Cara Mengontrol Diabetes dengan Pemeriksaan Gula Darah

Tergantung pada rencana pengobatan diabetes yang disepakati, Anda dapat memeriksa dan merekam / mencatat gula darah beberapa kali dalam seminggu sampai 4-8 kali / hari. Perlu Anda ketahui, walaupun Anda sudah sangat berhati-hati menjaga gula darah namun kadang-kadang kadar gula darah dapat berubah begitu saja karena perubahan gula darah dapat saja terjadi tergantung pada makanan, aktivitas fisik, pengobatan, penyakit, alkohol, stres, dan perubahan hormon pada wanita.

Selain melakukan pemeriksaan gula darah, dokter juga akan menyarakan para penderita diabetes melakukan tes A1C secara teratur untuk memeriksa kadar gula darah rata-rata untuk 2-3 bulan terakhir. Uji ini akan memberikan hasil lebih baik dalam menentukan seefektif mana cara mengatasi diabetes yang dilakukan sekarang ini. Adanya kenaikan hasil A1C merupakan sinyal agar segara mengganti dosis insulin atau menu diet Anda.

Cara Mengatasi Diabetes dengan Insulin

Penderita diabetes tipe 1 memerlukan terapi insulin untuk bertahan hidup. Cara mengatasi diabetes dengan insulin juga kadang diperlukan oleh beberapa penderita diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional.

Banyak tipe insulin yang dapat digunakan sebagai obat diabetes, diantaranya adalah insulin kerja cepat, insulin kerja panjang, dan insulin kerja sedang. Pemilihan jenis insulin dalam cara mengatasi diabetes tergantung pada kebutuhan Anda, dokter dapat saja meresepkan insulin campuran untuk keperluan siang dan malam hari.

Insulin tidak dapat diminum ataupun ditelan karena enzim pencernaan yang ada di lambung akan mempengaruhi fungsi insulin. Jadi biasanya insulin akan diberikan dalam bentuk injeksi menggunakan jarum suntik atau pena insulin. Ada juga yang menggunakan pompa insulin yang dipasang di kulit perut.

Ada juga metode pengobatan diabetes yang masih dikembangkan sekarang ini, yaitu pankreas buatan dimana nantinya alat ini akan memberikan suplai insulin secara tertutup. Alat ini nantinya akan menghentikan suplai insulin secara otomatis bila gula darah rendah. Nah bagaimana perkembangan alat ini, kita tunggu saja di tahun-tahun mendatang.

Cara Mengendalikan Diabetes dengan Obat Diabetes Oral

Cara mengatasi diabetes lainnya adalah dengan meminum obat diabetes oral. Kadang-kadang ada obat diabetes juga yang disuntikan juga.

Beberapa obat diabetes akan menstimulasi pankreas untuk produksi dan melepaskan lebih banyak insulin.  Sementara beberapa obat diabetes lainnya akan menghambat produksi dan pelepasan glukosa dari hati, ini artinya Anda akan memerlukan insulin lebih sedikit untuk perpindahan glukosa dari darah ke sel tubuh. Ada juga obat diabetes oral yang menghentikan enzim pencernaan yang memecah karbohidrat di lambung atau usus atau meningkatkan sensitivitas insulin.

Jenis obat anti diabetes yang pertama kali digunakan untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2 adalah metformin.

Cara Mengobati Diabetes dengan Pencangkokan Pankreas

Cara mengatasi diabetes lainnya adalah pencangkokan pankreas. Terapi pengobatan diabetes ini merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes tipe 1. Dengan pencangkokan ini para penderita diabetes tidak lagi memerlukan terapi insulin. Namun perlu Anda ketahui, pencangkokan pankreas ini tidak selalu berhasil karena kadang ada penolakan dari tubuh terhadap organ baru tsb. Oleh karena itu diperlukan obat penekan imun sepanjang hidup untuk mencegah penolakan organ tsb. Masalahnya obat penekan imun tsb juga memiliki efek samping yang berbahaya diantaranya meningkatkan risiko infeksi, luka pada organ, dan bahkan kanker. Karena efek sampingnya yang besar, terapi pencangkokan hanya digunakan sebagai cara mengatasi diabetes yang tidak dapat dikendalikan lagi atau pada orang yang memerlukan pencangkokan ginjal.

Cara Mengatasi Diabetes dengan Operasi Bariatrik

Operasi bariatrik adalah operasi pada lambung sehingga dengan membuat jalan bypass sehingga nantinya makanan tidak akan melewati lambung bagian bawah dan usus 12 jari, dengan demikian akan menurunkan penyerapan makanan.

Meskipun operasi bariatrik ini tidak dipertimbangkan sebagai cara mengatasi diabetes tipe 2 namun banyak orang yang memiliki indeks masa tubuh (Body Mass Index / BMI) di atas 35 merasakan manfaat dari operasi bariatrik ini. Dengan operasi ini terdapat penurunan gula darah yang signifikan. Walaupun demikian perbandingan manfaat vs risiko operasi ini secara jangka panjang masih belum diketahui.

Cara Mengatasi Diabetes Gestasional

Mengontrol kadar gula darah saat kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan janin dan mencegah komplikasi saat melahirkan.

Selain dengan melakukan diet makanan sehat dan melakukan olahraga, cara mengatasi diabetes gestasional juga dapat meliputi pemberian insulin dan obat anti diabetes oral.

Dokter juga akan melakukan pengecekan gula darah selama melahirkan. Jika gula darah tinggi maka bayi Anda akan melepaskan banyak insulin yang akan memicu rendahnya gula darah setelah dilahirkan.

Cara Mengobati Prediabetes

Jika Anda memiliki prediabetes maka gaya hidup sehat adalah pilihan tepat untuk mengembalikan kadar gula darah normal atau setidaknya menjaga gula darah tidak semakin tinggi hingga dikategorikan diabetes tipe 2.

Cara mengatasi prediabetes ini diantaranya adalah dengan menjaga berat badan sehat melalui olahraga dan pola makan sehat. Melakukan olahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu dan menurunkan 5-10% berat badan dapat mencegah atau menunda terjadinya diabetes tipe 2.

Kadang-kadang diperlukan juga obat anti diabetes seperti metformin jika Anda memiliki risiko tinggi terkena diabetes termasuk bila kondisi prediabetes Anda memburuk atau bila Anda memiliki penyakit kardiovaskular, penyakit hati berlemak, atau sindrom ovarium polisistik.

Pada beberapa kasus, obat-obat penurun kolesterol seperti statin dan obat penurun tekanan darah tinggi juga diperlukan. Dokter mungkin akan meresepkan terapi aspirin dosis rendah untuk mencegah penyakit kardiovaskular bila Anda berisiko tinggi.

Itulah informasi seputar obat diabetes dan cara mengatasi diabetes yang perlu Anda ketahui. Intinya adalah mulai sekarang yuk kita jaga berat badan sehat dengan “tetap aktif” dan pola makan sehat. Karena sebetulnya kunci penting dalam cara mengobati diabetes adalah gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi: www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/basics/
Istilah Lain untuk Artikel Kesehatan Ini :
Cara mengobati diabetes yang paling efektif -

Leave a Reply

error: Content is protected !!