Welcome to javatalk.info

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)

Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan Berdasarkan Jenis Tehnya

Manfaat Minum Teh – Sejak ribuan tahun yang lalu, minum teh dipercayai oleh masyarakat Timur sebagai cara untuk menambah keceriaan, kebahagiaan, dan memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan. Bahkan di beberapa negara, acara minum teh merupakan sesuatu yang sakral.

Beberapa penelitian pun dilakukan untuk mengetahui manfaat minum teh bagi kesehatan serta manfaat teh untuk wajah dan kecantikan.

Beberapa khasiat minum teh diantaranya adalah dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kewaspadaan. Selain itu diketahui pula manfaat teh lainnya yaitu mempunyai zat antimikroba.

Karena banyaknya manfaat minum teh untuk kesehatan inilah maka minum teh dijadikan alternatif sebagai pengganti minum kopi oleh orang Barat. Alasan utamanya karena teh mengandung kafein lebih sedikit dibandingkan kopi, selain itu karena manfaat kesehatan teh dimana terdapat flavonoid didalamnya yang baik untuk jantung dan menurunkan risiko kanker.

Mungkin muncul pertanyaan, apa jenis teh yang baik, berapa banyak teh yang harus dikonsumsi dan berapa lama untuk mendapatkan manfaat minum teh bagi kesehatan? Para ahli gizi tetap yakin apapun jenis teh nya tetap baik untuk kesehatan. Namun jenis teh seduh lebih baik untuk menghindari pemanis buatan dan kalori tambahan.

manfaat minum teh bagi kesehatan

Ilustrasi manfaat minum teh bagi kesehatan

Baca juga: Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Fakta atau Mitos?

Kandungan Teh

Sebelum membahas mengenai khasiat teh, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja kandungan teh.

Teh mengandung antioksidan unik yang bernama flavonoid. Flavonoid ini dapat membantu melawan radikal bebas yang berperan dalam penyakit kanker, penyakit jantung, dan penyumbatan pembuluh darah arteri.

Selain itu, teh pun mengandung kafein dan teanin, yang mempengaruhi otak sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan mental.

Semakin banyak proses yang dilakukan pada daun teh biasanya akan menurunkan kadar polifenolnya / flavonoidnya. Teh hitam dan teh oolong diolah dengan cara dioksidasi / difermentasi sehingga kadar polifenolnya lebih rendah dibandingkan teh hijau. Walaupun demikian, kekuatan antioksidan di dalamnya masih cukup tinggi.

Aneka Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah jenis-jenis teh beserta manfaat kesehatan yang diberikannya berdasarkan hasil penelitian, yaitu:

Khasiat Teh Hijau

Teh hijau dibuat dengan cara menguapi daun teh, memiliki kandungan flavonoid tertinggi. Antioksidan dalam daun teh hijau ini dapat menganggu pertumbuhan kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker paru, kanker lambung, kanker pankreas, dan kanker kolorektal. Selain itu manfaat minum teh hijau lainnya adalah mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri, membakar lemak, mencegah stress oksidatif di otak, menurunkan risiko gangguan syaraf (seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson), menurunkan risiko stroke, dan memperbaiki kadar kolesterol darah.

Manfaat Teh Hitam

Teh hitam dibuat dengan cara fermentasi daun teh, memiliki kandungan kafein tertinggi. Teh hitam inilah yang banyak diolah menjadi teh instan. Dari hasil penelitian, manfaat minum teh hitam dapat melindungi paru-paru dari kerusakan karena merokok. Khasiat teh hitam lainnya adalah dapat menurunkan risiko stroke.

Kegunaan Teh Putih

Teh putih adalah jenis teh yang tidak mengalami proses sama sekali, tanpa fermentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh putih memiliki zat anti kanker terbaik dibandingkan jenis teh yang diolah lainnya.

Khasiat Teh Oolong

Manfaat minum teh oolong bagi kesehatan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Pada hewan, antioksidan dalam teh oolong ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Ada pabrikan juga yang memasarkan teh oolong ini sebagai suplemen penurun berat badan, namun belum ada bukti penelitian yang jelas.

Manfaat Teh Pu-erh

Teh pu-erh dibuat dengan cara fermentasi daun teh tua. Menurut hasil penelitan, hewan yang diberikan jenis teh ini memiliki berat badan serta kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

Manfaat Kehatan Teh Herbal

Teh herbal terbuat dari aneka herbal, buah-buahan, biji-bijian, atau akar yang di rendam dalam air panas. Teh herbal memiliki kadar antioksidan paling rendah dibandingkan teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Kandungan dalam teh herbal ini bervariasi tergantung dari tanaman yang digunakan. Beberapa jenis tanaman yang sering digunakan untuk membuat teh herbal adalah jahe, ginseng, melati, ginkgo biloba, mint, chamomile, dll. Penelitian akan khasiat teh herbal ini telah dilakukan seperti mengobati masuk angin dan membantu tidur lebih nyenyak namun belum ada klaim yang jelas.

Manfaat Kesehatan Teh Instan

Teh instan biasanya mengandung teh dan sejumlah gula atau pemanis buatan. Sebaiknya baca dulu label pada kemasan untuk memeriksa kandungan dari teh instan tsb.

Penutup

Anda tak perlu ragu untuk mendapatkan manfaat minum teh di pagi hari. Selain rasanya yang enak untuk dikonsumsi saat “me-time” atau saat berkumpul dengan keluarga, ternyata banyak khasiat teh yang dapat Anda peroleh. Walaupun demikian, sebaiknya Anda hati-hati minum teh instan karena terdapat kandungan gula / pemanis buatan yang mungkin dapat menganggu program diet Anda. Minum teh tawar atau teh tanpa gula juga enak kok. Selain itu jangan percaya dulu akan khasiat teh herbal yang banyak diklaim oleh produsen suplemen tsb, karena kebanyakan dari manfaat teh tsb belum ada bukti penelitian yang kuat.

Nah itulah beberapa manfaat minum teh bagi kesehatan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sumber Referensi: www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-tehir-health-benefits

Leave a Reply

error: Content is protected !!