Welcome to javatalk.info

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Vs Efek Sampingnya, Baik atau Buruk?

Manfaat minum kopi di pagi hari tak hanya rutinitas yang dapat meningkatkan semangat untuk memulai aktivitas loh! Pasalnya para peneliti memperkirakan adanya manfaat kesehatan kopi di dalamnya. Khasiat kopi pahit tsb diantaranya adalah mencegah diabetes hingga menurunkan risiko penyakit liver.

Namun sebelum jauh membahas manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh, tahukah Anda bahwa minuman kopi merupakan minuman paling populer saat ini? Mulai dari kaki lima hingga hotel bintang lima, minuman yang satu ini selalu tersedia dengan aneka penyajiannya.

Walaupun banyak orang bilang jangan minum kopi banyak-banyak karena beberapa efek samping kopi untuk kesehatan, namun tetap saja banyak sekali penggemar minuman yang satu ini. Terlepas dari bahaya minum kopi, tak perlu diragukan lagi karena ternyata terdapat banyak manfaat kopi bagi pria maupun wanita, baik untuk kesehatan, diet, maupun untuk kecantikan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat dan Khasiat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan diantaranya adalah mencegah penyakit diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit liver, kanker hati, dan memperbaiki kesehatan jantung. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat kesehatan dari minum kopi dan apakah ada bahaya minum kopi? silahkan simak ulasan berikut ini …

manfaat minum kopi bagi kesehatan

Ilustrasi manfaat minum kopi bagi kesehatan

Baca juga: 6+ Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh Sungguh Luar Biasa!

Manfaat Minum Kopi dalam Mencegah Diabetes Tipe 2

Para peneliti dari UCLA menyebutkan bahwa salah satu efek minum kopi adalah meningkatkan jumlah protein SHBG (Sex Hormone Binding Globulin) dalam plasma. Fungsi SHBG sendiri adalah mengontrol aktivitas hormon reproduksi (seperti testosteron dan estrogen) yang berperan dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Manfaat minum kopi dalam menurunkan risiko penyakit diabetes juga didapat dari hasil penelitian Harvard yang dilakukan dalam waktu 4 tahun. Partisipan yang menambah minum kopi lebih dari 1 cangkir per hari memiliki risiko terkena diabetes lebih rendah 11% dibandingkan yang tidak menambah minum kopi.

Manfaat Kopi Bagi Pria dan Wanita serta Kaitannya dengan Penyakit Parkinson

Para peneliti di Amerika menemukan hubungan antara minum kopi dan risiko penyakit Parkinson. Memperbanyak minum kopi dan asupan kafein dapat menurunkan terjadinya penyakit Parkinson.

Menurut hasil penelitian Universitas McGill, kandungan kafein dalam kopi juga dapat membantu mengontrol gerakan tubuh penderita Parkonson.

Khasiat Kopi dalam Mencegah Kanker Hati

Peneliti dari Italia menemukan bahwa manfaat minum kopi dapat menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%. Dari penelitian juga disebutkan bila minum kopi sehari 3 cangkir dapat menurunkan terjadinya kanker hati sebanyak 50%. Mereka pun menyimpulkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan hati.

Kegunaan Kopi dalam Mencegah Penyakit Liver

Salah satu manfaat minum kopi secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit sklerosis kolangitis primer yaitu suatu penyakit auto imun langka yang terjadi pada saluran empedu di hati.

Berdasarkan hasil penelitian di Amerika Serikat, manfaat minum kopi lainnya adalah menurunkan terjadinya sirosis hati pada peminum alkohol sebanyak 22%.

Khasiat minum kopi sebanyak 2 cangkir atau lebih per hari dapat menurunkan risiko kematian karena sirosis hati sebanyak 66%. Manfaat kesehatan minum kopi ini tidak ada kaitannya dengan kandungan kafein di dalamnya karena peserta yang minum kopi dekaf (tanpa kafein) juga mendapatkan manfaat kesehatan yang sama.

Manfaat Minum Kopi dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Hasil penelitian dari Harvard menyebutkan bahwa salah satu manfaat minum kopi adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya gagal jantung. Orang yang yang minum 4 cangkir per hari dapat menurunkan risiko gagal jantung sebanyak 11% dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

Kandungan Nutrisi Kopi

Kopi hitam (tanpa susu ataupun krim) memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Dalam secangkir kopi hitam hanya mengandung 2 kalori saja. Kandungan kalori ini tentu saja dapat bertambah bila anda menambah gula ataupun susu.

Kopi sangat kaya akan antioksidan, baik kopi dengan ataupun tanpa kafein memiliki kadar antioksidan yang sama.

Efek Samping Kopi dan Bahaya Minum Kopi Terlalu Banyak

Walaupun terdapat banyak manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh, namun sebaiknya hindari minum kopi terlalu banyak karena dikhawatirkan adanya efek samping kopi.

Beberapa efek samping kopi yang dikhawatirkan adalah dapat meningkatkan detak jantung, menyebabkan gangguan jantung, stroke, hingga kematian. Padahal dari hasil penelitian terbaru disebutkan bahwa justru konsumsi kafein secara rutin tidak menyebabkan peningkatan detak jantung tsb loh.

Jadi apa saja efek samping kopi? Berikut ini adalah bahaya minum kopi terlalu banyak yang dapat saja terjadi, yaitu:

  • Kafein dapat menyebabkan gejala kecemasan terutama bagi orang yang pernah mengalami kecemasan sebelumnya.
  • Kafein juga dapat menyebabkan gejala depresi
  • Sebaiknya wanita yang sedang merencanakan kehamilan berhati-hati minum kopi pasalnya salah satu efek samping minum kopi secara rutin adalah menurunkan kesempatan hamil pada wanita.

Jadi Apakah Minum Kopi Baik Untuk Kesehatan?

Nah itulah informasi seputar manfaat minum kopi bagi kesehatan dan beberapa efek samping / bahaya minum kopi yang dapat tejadi. Selama Anda tak merasakan gejala kecemasan / depresi, Anda tak perlu khawatir untuk minum kopi setiap pagi.

Namun ingat, agar Anda merasakan manfaat kopi untuk diet dan menghindari risiko kebanyakan minum bergula, sebaiknya minum kopi hitam / pahit ya.

Semoga informasi mengenai manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Sumber Referensi: www.medicalnewstoday.com/articles/270202.php
Istilah Lain untuk Artikel Kesehatan Ini :
manfaat dan penyakitan minum kopi -

Leave a Reply

error: Content is protected !!