Welcome to javatalk.info

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)

Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan Dibalik Manfaatnya

Bahaya Minum Kopi – Banyak sekali orang yang memulai aktivitasnya di pagi hari dengan meminum secangkir kopi. Salah satu manfaat minum kopi hitam di pagi hari adalah sebagai stimulan untuk meningkatkan energi.

Dampak positif minum kopi ini ternyata dipicu oleh kandungan kafein di dalamnya. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika, rata-rata kafein yang dikonsumsi setiap orang Amerika adalah 300mg per orang / hari atau setara dengan 2-4 cangkir kopi. Jumlah asupan sedang ini ternyata dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Namun Anda sebagai penikmat kopi jangan senang dulu, karena ada beberapa penelitian menyebutkan pendapat yang berbeda. Terdapat bahaya minum kopi walaupun hanya 1-2 cangkir per hari. Hmm .. jadi mana yang benar ya? Apakah lebih banyak dampak positif minum kopi? Atau lebih banyak efek samping kopi?

Mungkin Anda juga mencari informasi mengenai bahaya kopi bagi wanita, bahaya kopi dan rokok, bahaya kopi instan, bahaya kopi susu, maupun efek minum kopi terhadap hubungan intim. Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak ulasan mengenai manfaat minum kopi hitam termasuk ulasan efek samping minum kopi bagi kesehatan hanya di Dunia Kesehatan berikut ini ..

Beberapa Manfaat Minum Kopi Hitam

Berikut ini adalah beberapa dampak positif minum kopi yang dapat Anda rasakan, yaitu:

Kopi Mengandung Stimulan Alami

Bila Anda merasa tak bersemangat memulai aktivitas hari ini, tak ada salahnya Anda minum kopi terlebih dahulu untuk meningkatkan energi dalam memulai pekerjaan Anda hari ini. Pasalnya kopi merupakan sumber kafein alami sementara kafein sendiri merupakan stimulan alami.

Sebetulnya tak hanya dari kopi, Anda dapat merasakan manfaat kafein ini dengan cara minum teh, makan / minum coklat, atau minum ekstrak kola.

Kafein merupakan stimulan alami dengan cara mengaktifkan sistem syaraf pusat, dapat melawan rasa lelah, membuat Anda lebih fokus dan konsentrasi. Manfaat minum kopi ini dapat Anda rasakan 15 menit setelah minum kopi dan bertahan hingga 6 jam kemudian.

Manfaat Minum Kopi dalam Mencegah Kanker

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, dampak positif minum kopi lainnya adalah dapat menurunkan risiko kanker hati, kanker mulut, dan kanker tenggorokan dengan minum 3-4 cangkir kopi / hari.

Dampak Positif Minum Kopi untuk Kesehatan Otak

Berdasarkan hasil penelitian juga, minum kopi 2-4 cangkir  / hari dapat menurunkan risiko bunuh diri pada orang dewasa, selain itu dengan konsumsi 200mg kafein setiap hari dapat meningkatkan daya ingat.

Manfaat Kesehatan Minum Kopi Lainnya

Berdasarkan hasil penelitian lainnya, asupan kafein juga dapat melindungi tubuh terkena penyakit diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

manfaat minum kopi bagi kesehatan dan bahaya minum kopi

Ilustrasi manfaat minum kopi bagi kesehatan vs bahaya minum kopi untuk kesehatan

Baca juga: Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil dan Janin, Amankah Dikonsumsi Saat Hamil?

Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

Selain memberikan dampak positif, ternyata ada efek samping minum kopi yang perlu Anda ketahui. Namun sebelum membahas mengenai bahaya kopi, tahukah Anda bahwa kafein merupakan zat psikoaktif?

Zat psikoaktif adalah zat yang dapat menembus barier pembuluh darah otak untuk menstimulasi sistem syaraf pusat. Berbeda dengan obat psikoaktif lainnya yang memerlukan resep dokter untuk penggunaannya, ternyata efek kafein ini dapat digunakan dengan bebas. Alasannya karena banyak penggunanya yang tidak merasakan efek negatif dari kafein ini.

Namun tetap saja para penikmat kopi dapat merasakan bahaya minum kopi terutama bila dikonsumsi secara berlebihan atau dalam dosis tinggi. Beberapa efek samping minum kopi lebih dari 500-600mg kafein / hari dapat memicu insomnia (tidak bisa tidur), gugup, gelisah, sensitif / mudah marah, sakit lambung, detak jantung cepat, dan bahkan tremor (tangan bergetar tanpa sadar).

Bahaya minum kopi bagi wanita hamil dengan konsumsi 300mg kafein / hari dapat meningkatkan risiko bayi berbobot rendah, sementara minum 4 cangkir kopi / hari selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kematian bayi.

Bahaya Kopi Bagi Wanita Berbeda dengan Bahaya Minum Kopi Bagi Pria, Efek Samping Kafein Berbeda Untuk Tiap Orang

Dampak negatif minum kopi memang berbeda untuk tiap orangnya. Contohnya, pada perokok kafein dapat dimetabolisme 2 kali lebih cepat dibandingkan bukan perokok. Metabolisme kafein juga lebih rendah pada anak-anak, wanita hamil, dan penderita penyakit liver. Beberapa jenis obat pun dapat menurunkan metabolisme kafein sehingga dapat meningkatkan risiko keracunan kafein. Namun efek kafein ini berbeda-beda untuk tiap orangnya. Efek kafein juga tergantung pada karakteristik genetik dan faktor gaya hidup tiap orang.

Jadi bila Anda merasakan efek samping minum kopi seperti susah tidur atau mengalami tremor, cobalah untuk mengurangi jumlah minum kopi.

Bahaya Kecanduan Kopi

Salah satu manfaat minum kopi adalah sebagai stimulan alami, namun untuk sebagian orang, hal ini justru menimbulkan bahaya kecanduan.

Seperti halnya jenis obat psikotropika, kafein pun dapat memberikan efek yang sama yang mempengaruhi tingkah laku, seperti merasa bersemangat, lebih waspada, dll.

Orang yang telah mengalami bahaya minum kopi kecanduan biasanya akan merasakan gejala kecanduan seperti sakit kepala, lemas, pusing, depresi, cepat marah, susah konsentrasi, mual, dan muntah saat mengurangi ataupun tidak minum kopi sama sekali.

Minum Kopi Sebaiknya Dihindari oleh Anak-Anak dan Remaja

Walaupun sampai saat ini belum diketahui pengaruh asupan kafein terhadap perkembangan otak anak, namun salah satu efek samping kafein adalah mengganggu tidur sementara tidur sendiri sangat penting dalam proses belajar anak dan remaja yang mempengaruhi perkembangan syaraf saat dewasa.

Selain itu bahaya minum kopi bagi anak dan remaja adalah risiko terjadinya kecanduan.

Kesimpulan

Itulah informasi seputar manfaat dan bahaya minum kopi yang perlu diketahui. Anda tak perlu khawatir minum kopi selama Anda tidak merasakan efek samping minum kopi seperti yang dijelaskan di atas. Penggunaan kafein dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan umumnya aman dan tidak memberikan dampak negatif.

Walapun demikian, mengingat bahaya minum kopi lebih besar untuk bayi, anak, remaja, maupun wanita hamil, sebaiknya konsumsi kafein untuk mereka dihindari saja.

Bila Anda merasakan beberapa efek samping minum kopi, cobalah untuk mengurangi atau menghentikan minum kopi tsb dan lihatlah apakah gejala tsb masih muncul. Bila iya, mungkin penyebab tsb bukanlah dari kopi.

Akhir kata, semoga ulasan mengenai manfaat vs bahaya minum kopi tsb menambah wawasan Anda. Apapun itu selama berlebihan tentu akan buruk efeknya. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:www.medicalnewstoday.com/articles/271707.php
Istilah Lain untuk Artikel Kesehatan Ini :
sakit perut sebelah kiri terus perutnya keras dipegangnya -and as the his Bush bags until kesehatan -

Leave a Reply

error: Content is protected !!