Vaksin HIV Penting Untuk Mencegah AIDS

Vaksin HIV – Vaksin adalah zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mempu melawan bakteri dan virus penyebab infeksi yang berbahaya.

Penyakit HIV / AIDS termasuk salah satu penyakit infeksi yang terus berkembang dan bertambah penderitanya setiap tahun. Bahkan kasus kematian karena penyakit ini pun tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, virus penyebab HIV menyerang sistem kekebalan tubuh maka setiap orang yang terkena jenis penyakit ini akan sangat rentan sekali terkena penyakit infeksi lainnya seperti flu, infeksi paru, dll. Untuk itu banyak para peneliti yang terus berusaha melakukan riset vaksin HIV untuk mencegah penyebaran HIV / AIDS di dunia.

Baca juga: Vaksin Adalah Apa Ya?

Sebelum Dunia Kesehatan membahas mengenai vaksin HIV lebih lanjut, sebaiknya Anda ketahui dulu jenis-jenis vaksin.

Jenis-Jenis Vaksin

Dari segi mekanisme kerjanya, ada 2 jenis vaksin yaitu vakin untuk pencegahan atau vaksin profilaksis dan vaksin terapetik. Vaksin profilaksis dimaksudkan untuk pencegahan penyakit dan biasanya diberikan saat seseorang sehat atau belum terjangkit penyakit tsb. Contoh jenis vaksin ini adalah polio, campak, flu, hepatitis A dan V, serta human papillomavirus (HPV). Sementara vaksin terapetik adalah vaksin yang diberikan kepada pasien yang telah menderita penyakit dengan tujuan menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan penyakit tsb.

Baca juga: Jenis-Jenis Imunisasi Wajib Pada Bayi Dan Jadwalnya

Informasi Seputar Vaksin HIV Yang Perlu Diketahui

Oke kita kembali ke vaksin HIV, apakah ada vaksin untuk mencegah HIV atau adakah vaksin untuk melawan virus HIV bagi orang yang sudah terlanjur terjangkiti?

Jawabannya … BELUM ADA saat ini ….

Sekarang ini yang ada barulah vaksin-vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit infeksi lanjutan seperti flu, pneumonia, meningitis, dll ..

Baca juga: Rekomendasi Vaksin Untuk Penderita HIV

vaksin hiv untuk mencegah aids

Vaksin HIV Untuk Mencegah AIDS (zimdaily.com)



Mengapa Kita Memerlukan Vaksin HIV ?

Saat ini banyak penderita HIV yang dapat bertahan hidup dengan melakukan terapi antiretrovirus. Namun masalahnya penularan penyakit HIV / AIDS terus bertambah setiap tahunnya sehingga diperlukan cara mencegah penyakit HIV / AIDS yang efektif.

Salah satu cara mencegah penyakit infeksi berbahaya saat ini yang paling efektif adalah pemberian vaksin / melakukan imunisasi. Imunisasi ini terbilang efektif dengan biaya rendah mampu mencegah kematian karena penyakit berbahaya tsb.

Untuk itulah kita memerlukan vaksin HIV agar penyebaran penyakit ini dapat dihentikan atau setidaknya dikurangi di dunia ini. Namun vaksin HIV ini tak hanya untuk pencegahan namun pula untuk memberikan efek terapetik bagi penderita penyakit ini sehingga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Baca juga: Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengobati HIV / AIDS

Bila Memang Efektif, Kenapa Kita Belum Memiliki Vaksin HIV Sekarang Ini?

HIV termasuk jenis virus yang sangat komplek, virus yang mudah bermutasi sehingga sangat sulit sekali mengembangkan vaksin HIV yang efektif untuk pencegahan penyakit HIV/AIDS. Perlu Anda ketahui, sebuah vaksin hanya dapat efektif pada jenis / strain virus yang sama. Walaupun demikian tak ada yang tak mungkin di dunia ini, betul ngga?

Para peneliti dari beberapa tahun yang lalu sampai sekarang ini masih melalukan penelitian mengenai vaksin HIV yang benar-benar aman dan efektif. Jadi kita doakan saja semoga para peneliti tsb segera dapat menemukan jenis vaksin tsb.

Mengapa Virus HIV Berbeda Dengan Virus Lainnya?

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa bila tubuh kita terpapar virus maka sistem kekebalan tubuh kita akan merangsang pembentukan antibodi untuk melawan virus tsb sehingga kita dapat sembuh. Dan saat kita terpapar virus yang sama maka antibodi tsb akan melawannya sehingga kita tidak terserang penyakit yang sama. Fakta inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat vaksin dari virus yang dilemahkan atau telah dimatikan untuk mencegah tertularnya penyakit infeksi berbahaya.

Namun berbeda dengan virus HIV …

Saat kita terjangkit dengan virus HIV maka antibodi yang terbentuk terlambat atau antibodi tsb kurang efektif untuk melawan HIV. Selain itu HIV pun akan berkembang dan merusak sel-sel penting yang terdapat pada sistem kekebalan tubuh. Ini artinya saat seseorang terserang HIV maka akan terjadi kerusakan serius pada tubuh sehingga tak mampu melawan penyakit.

Jadi selama vaksin HIV ini masih terus dikembangkan, sebaiknya kita terus menjaga diri agar tidak tertular penyakit mematikan ini. Dan bila Anda sudah terjangkiti virus HIV positif, sebaiknya Anda berusaha untuk tidak menulari orang lain.

Itulah informasi seputar vaksin HIV yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:  www.aids.gov/hiv-aids-basics/prevention/prevention-research/vaccines/

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

vaksin hiv -vaksin aids -vaksin hiv aids -suntik vaksin hiv -imunisasi hiv -suntik mencegah hiv -vaksin untuk HIV -vaksin hiv 2016 -adakah vaksin hiv -vaksin anti hiv -

Leave a Reply

error: Content is protected !!