Vaksin Adalah Apa Ya?

Belakangan ini kasus vaksin palsu seringkali terdengar di berbagai media. Memang kasus ini telah menyedot banyak perhatian masyarakat saat ini. Tapi tahukah Anda apa yang dimaksud dengan vaksin dan vaksinasi? Vaksin adalah apa ya?

Ada yang bilang vaksin adalah suatu produk yang diberikan untuk mencegah penyakit tertentu. Atau ada yang bilang juga bahwa vaksin adalah suatu produk yang diberikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pengertian vaksin tsb memang tidak salah, namun agar Anda lebih memahaminya silahkan refresh pengetahuan Anda dengan uraian yang akan dibahas Dunia Kesehatan berikut ini.

pengertian vaksin adalah

Apa Itu Vaksin ? (theblaze.com)



Jadi Vaksin Adalah …

Vaksin adalah sebuah produk yang terbuat dari virus / bakteri (pathogen) yang telah dilemahkan atau dimatikan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh / imunitas seseorang terhadap patogen tsb.

Sementara vaksinasi adalah proses pemberian vaksin sesuai jadwal tertentu dengan harapan mendapatkan sistem imunitas yang lebih baik sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi oleh pathogen tsb. Kata vaksinasi ini dikenal juga dengan nama imunisasi.

Mungkin Anda sudah mengetahui, setidaknya ada beberapa jenis vaksin yang merupakan jadwal imunisasi wajib pada anak, seperti vaksin polio, vaksin BCG, vaksin campak, dll. Tapi tahukah Anda apa tujuan imunisasi tsb?

Manfaat vaksinasi sebetulnya adalah untuk merangsang pembentukan antibodi spesifik terhadap jenis patogen yang terdapat pada vaksin yang diberikan sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan patogen tsb di kemudian hari.

Baca juga: Cara Membedakan Vaksin Asli dan Palsu Dalam 3 Langkah

Jenis – Jenis Vaksin

Berdasarkan dari cara pembuatannya, setidaknya ada 4 jenis vaksin yaitu:

  1. Vaksin adalah virus atau bakteri hidup yang telah dilemahkan, misalnya vaksin campak, cacar air, dan gondongan.
  2. Vaksin adalah virus atau bakteri yang telah mati / dinonaktifkan, misalnya vaksin polio.
  3. Jenis vaksin toksoid adalah dibuat dari racun bakteri yang telah dilemahkan, seperti pada vaksin DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus).
  4. Jenis vaksin aseluler dan subunit adalah vaksin yang dibuat hanya dengan menggunakan sebagian virus atau bakteri, misalnya pada vaksin hepatitis, vaksin hemofilus influenza tipe b (Hib).

Itulah beberapa pengertian vaksin dan vaksinasi yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat …

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

vaksin -vaksin adalah -apa itu vaksin -faksin -pengertian vaksin palsu -pengertian vaksin -paksin -artikel tentang vaksin -vaks -paksin adalah -

Leave a Reply

error: Content is protected !!