Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan – Salah satu cara agar kita selalu sehat adalah berolahraga agar tubuh kita selalu aktif. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu kita terlindung dari aneka penyakit serius seperti kegemukan / obesitas, penyakit jantung, sakit mental, diabetes, artritis, dan kanker.

Salah satu cara membuat kita selalu aktif adalah dengan bersepeda. Manfaat bersepeda yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan gaya hidup tak sehat.

Baca juga: Buah Semangka: Manfaat Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Bahkan karena banyaknya manfaat bersepeda untuk kesehatan dan semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam menggunakan kendaraan ramah lingkungan, maka sekarang ini semakin banyak saja orang yang sengaja menaiki sepeda ke sekolah, tempat kerja, berolahraga, ataupun menyalurkan hobi. Yuk simak ulasan javatalk.info berikut ini …

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Setidaknya diperlukan waktu 2-4 jam per minggu untuk mendapakan manfaat kesehatan dari bersepeda untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Bersepeda sekarang ini menjadi pilihan terbaik karena relatif tidak berbahaya, mudah digunakan, hemat biaya dan waktu, baik untuk melatih otot untuk mendapatkan kekuatan dan stamina, dan bagusnya lagi bersepeda itu menyenangkan karena kita dapat melakukannya sambil menikmati pemandangan cantik di perbukitan, taman, ataupun pantai.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh (pixabay.com)

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh (pixabay.com)



Beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah:

  • Meningkatkan kebugaran jantung
  • Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot
  • Meningkatkan mobilitas sendi
  • Menurunkan stres, kecemasan, dan depresi
  • Memperbaiki postur dan koordinasi tubuh
  • Menguatkan tulang
  • Menurunkan kadar lemak

Manfaat Bersepeda Dalam Mengontrol Berat Badan Dan Mengatasi Obesitas

Bersepeda merupakan cara yang baik untuk mengontrol dan menurunkan berat badan. Dengan kegiatan ini akan meningkatkan kecepatan metabolisme, meningkatkan pembentukan otot, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat bersepeda dalam menurunkan berat badan secara cepat, sebaiknya barengi juga olahraga Anda dengan menu diet makanan sehat.

Baca juga: 10 Sayuran dan Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Para peneliti menyebutkan untuk mendapatkan berat badan ideal diperlukan pembakaran sekitar 2000 kalori per minggu melalui olahraga. Sementara kalori yang dibakar saat bersepeda adalah sekitar 300 kalori per jam. Pendapat ahli lainnya adalah dengan bersepeda setiap hari selama ½ jam setiap hari dapat membakar sekitar 5 kg lemak selama setahun.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Jantung

Berbagai penyakit jantung meliputi stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung dapat dicegah dengan melakukan aktivitas fisik. Salah satu manfaat bersepeda secara teratur adalah memperbaiki jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Dengan naik sepeda dapat menguatkan otot jantung dan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Kegunaan Bersepeda Untuk Mencegah Kanker

Banyak para peneliti yang melakukan riset tentang hubungan antara olahraga dan kanker terutama kanker usus dan kanker payudara. Para peneliti tsb menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat menurunkan risiko kanker usus dan risiko kanker payudara.

Manfaat Naik Sepeda Untuk Mencegah Diabetes

Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini semakin banyak saja orang yang terkena diabetes tipe 2 yang pada umumnya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Para peneliti menyebutkan bahwa manfaat bersepeda selama 30 menit tiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes hingga 40%.

Manfaat Kesehatan Bersepeda Untuk Mencegah Cedera Tulang dan Artritis

Seperti yang telah diulas sedikit di atas, manfaat bersepeda secara teratur dapat memperbaiki kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh. Dengan demikian akan mencegah tubuh untuk jatuh dan terjadi retakan tulang.

Mengendarai sepeda adalah jenis olahraga yang ideal untuk Anda yang memiliki penyakit osteoarthritis karena bersifat “low impact” (bahayanya rendah) sehingga tidak terlalu menyebabkan tegangan pada sendi tulang.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Mental

Mengendarai sepeda pun sangat baik untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini dimungkinkan selain karena dampak dari olahraga itu sendiri juga kita pun dapat menikmati keindahan selama berkendara.

Manfaat bersepeda secara teratur dapat melindungi seseorang terkena penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, beberapa kanker, diabetes, depresi, obesitas, dan artritis. Selain itu manfaat menaiki sepeda adalah menyehatkan dan menyenangkan. Jadi sudahkah Anda bersepeda hari ini?

Sumber Refensi:  www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

bersepeda kebugaran -manfaat bersepeda setahun -

Leave a Reply

error: Content is protected !!