Ciri-Ciri HIV Pada Pria dan Gejala AIDS Pada Pria

Ciri-Ciri HIV Pada Pria – Tanda dan gejala HIV pada pria dapat bervariasi mulai dari gejala seperti flu, demensia, kehilangan berat badan, dan kelelahan. Walaupun demikian, infeksi HIV dapat saja tidak menjukkan gejala apapun untuk beberapa tahun. Sehingga satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui seseorang terkena HIV atau tidak adalah dengan melakukan pengujian / tes HIV di klinik atau rumah sakit terdekat.

Sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri HIV pada pria dan gejala AIDS pada pria sehingga Anda dapat mengambil langkah persiapan saat interaksi sosial dengan teman Anda. Dengan demikian Anda tak tertular atau ikut menularkan penyakit mematikan ini. Untuk lebih jelasnya yuk ikuti ulasan Dunia Kesehatan berikut ini mengenai tanda-tanda HIV / AIDS pada pria …

Namun sebelum membahas mengenai ciri-ciri HIV pada pria, sebaiknya Anda baca dulu artikel berikut ini untuk membantu pemahaman Anda …

Baca juga:

Mengenal Gejala HIV Awal Pada Pria

Pada umumnya, ciri-ciri HIV pada pria tidaklah jauh berbeda dengan gejala HIV pada wanita. Yang membedakan adalah perubahan menstruasi dan tanda-tanda di area genital saja.

Ciri-ciri HIV pada pria dapat berbeda-beda tergantung kondisi pasien tsb. Tidak ada 2 orang pria dengan HIV positif akan menunjukkan gejala HIV yang sama.

Secara umum, infeksi HIV pada pria akan mengikuti pola umum sbb:

  • Nyeri akut – Pada tahap ini, penderita dapat saja mengalami gejala atau tidak sama sekali. Namun sekitar 70% penderita HIV akan mengalami gejala ini yang akan terjadi pada 1-2 minggu setelah terjadinya infeksi. Ciri-ciri HIV pada pria pada tahap awal ini akan meliputi demam, rasa nyeri, dan menggigil.
  • Periode asimptomatik – Tahap dimana penderita HIV tidak akan mengamali gejala HIV sama sekali, keadaan ini biasanya berlangsung dalam waktu yang lama hingga 10 tahun.
  • Periode infeksi lanjutan – Pada tahap ini penderita akan kekurangan daya tahan tubuhnya sehingga mudah sekali terserang penyakit yang berbeda-beda.

Baca juga: Gejala dan Ciri-Ciri Terkena HIV / AIDS

Ciri-Ciri HIV Pada Pria #1: Rasa Nyeri Seperti Sedang Flu

Gejala HIV awal pada pria dapat berupa gejala seperti sakit flu. Sakit kepala, demam, mengigil, berkeringat dingin, lelah, nyeri otot, diare merupakan tanda-tanda HIV yang muncul karena ada perubahan pada darah yang awalnya HIV negative menjadi HIV positif yang diikuti dengan pembentukan antibodi.

Ciri-Ciri HIV Pada Pria #2: Gangguan Kulit

Gangguan kulit dapat terjadi sebagai gejala HIV awal atau akhir pada pria, meliputi:

gejala aids dan ciri-ciri hiv pada pria

Masalah Kulit Sebagai Ciri-Ciri HIV Pada Pria (digestground.com)



  • Ruam kulit dapat muncul di area-area yang lembap seperti selangkangan, penis, atau anus. Ruam ini dapat pula muncul di muka, leher, dada, dan telapak tangan. Ruam yang muncul ini dapat disertai gatal, sedikit nyeri, atau bahkan tidak nyeri sama sekali.
  • Bisul pada mulut dan tenggorokan dapat terjadi sehingga membuat kesulitan saat makan.

Ciri-Ciri HIV Pada Pria #3: Periode Asimptommatik (Periode Tanpa Gejala)

Pada periode ini, penderita HIV tidak akan merasakan gejala HIV apapun dan merasa sehat. Periode ini biasanya akan berlangsung hingga 10 tahun. Pada masa ini, virus HIV akan berkembang biak di dalam tubuh dan mulai merusak sistem kekebalan tubuh.

Beberapa pria mengeluarkan pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, selangkangan, atau keduanya. Gejala ini mungkin satu-satunya ciri-ciri HIV pada pria yang akan muncul pada periode ini.

Ciri-Ciri HIV Pada Pria #4: Gejala AIDS Pada Pria / Infeksi Lanjutan

Virus HIV akan memerlukan beberapa minggu, beberapa bulan atau beberapa tahun untuk merusak sistem imun seseorang. Saat sistem kekebalan tubuh lemah atau menurun maka tubuh akan sangat rentan terhadap serangan penyakit.

Pada kondisi tubuh yang normal sebetulnya serangan penyakit tsb dapat dilawan namun pada penderita HIV, tubuh akan kehilangan fungsinya sehingga penderita HIV sangat mudah terserang penyakit lainnya.

Berikut ini addalah berapa ciri-ciri HIV pada pria / gejala AIDS pada pria yang akan muncul adalah:

  • Terjadinya infeksi jamur yang terus berulang seperti infeksi jamur kuku walaupun sudah menggunakan obat anti jamur sekalipun.
  • Terjadinya infeksi virus yang terurs berulang seperti flu.
  • Demensia (pikun), kebingungan, dan kemampuan untuk menggerakkan tubuh.

Itulah beberapa ciri-ciri HIV pada pria yang perlu diketahui. Jika Anda merasa mendapatkan gejala HIV / AIDS di atas, segeralah periksakan diri ke dokter / klinik / rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:  www.dred.com/uk/what-are-the-hiv-symptoms-in-men.html

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

gejala hiv pada pria -ciri ciri hiv pada pria -ciri ciri hiv -contoh ciri ciri hiv pada pria -ciri hiv -ciri ciri penyakit Hiv pada pria -gejala hiv -gejala awal hiv pada pria -gejala hiv aids pada pria -Tanda Tanda HIV pada pria -

Leave a Reply

error: Content is protected !!