Welcome to javatalk.info

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)

Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Indah dan Tidak Rusak

Cara Merawat Rambut Secara Alami – Rambut indah dan berkilau merupakan dambaan setiap wanita. Walaupun demikian perawatan rambut tak hanya baik bagi kaum hawa namun bagi kaum adam pula. Karena tak hanya keindahan, dengan perawatan yang teratur juga akan membuat kesehatan rambut dan kepala Anda tetap terjaga.

Seringkali di antara kita menganggap perawatan rambut adalah hal sepele ataupun kesibukan kita seringkali menyampingkan masalah rambut ini. Padahal bila rambut kita sudah rusak atau kepala kita gatal maka akan lebih sulit lagi untuk mengatasinya. Bila Anda membayangkan perawatan rambut itu mahal dan harus dilakukan di salon, tentunya itu adalah salah karena Anda pun dapat melakukan cara merawat rambut secara alami di rumah loh dengan biaya yang jauh lebih murah.

Cara merawat rambut secara alami pun lebih banyak dipilih oleh sebagian orang karena bahannya yang natural sehingga tidak akan memberikan efek samping pada penggunanya. Berbeda dengan produk perawatan berbahan kimia yang dapat memberikan efek buruk terutama bagi Anda yang berkulit sensitive.

cara merawat rambut secara alami dan tips rambut sehat

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Aneka permasalahan rambut biasanya berkisar pada rambut kusam, rambut kusut sulit diatur, rambut kering, rambut mudah patah, dan rambut rontok. Untuk itu pada kesempatan kali ini Dunia Kesehatan akan membagikan tips rambut sehat dan perawatannya.

Ada beberapa bahan alami yang mudah sekali Anda dapatkan di sekitar Anda yang dapat Anda gunakan dalam cara merawat rambut secara alami seperti lidah buaya, alpukat, madu, telur, dll. Tips rambut sehat berikut ini sebaiknya Anda gunakan sesuai jenis kulit kepala dan jenis kerusakan rambut Anda. Oke langsung saja kita bahas satu per satu …

Cara Merawat Rambut Secara Alami Yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

Sudah sejak lama diketahui bahwa telur merupakan bahan alami yang sangat baik untuk perawatan kulit kepala dan rambut. Kuning telur sangat kaya lemak dan protein ini mampu berperan sebagai pelembab alami sementara putih telur mengandung enzim yang dapat dapat membasmi bakteri dan menghilangkan minyak yang tak diinginkan.

Cara penggunaannya cukup menggunakan ½ cangkir bagian telur atau secukupnya ke rambut basah yang telah dibersihkan, biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin kemudian keramas menggunakan sampo. Berikut cara merawat rambut secara alami menggunakan telur:

  • Untuk rambut normal, gunakan semua bagian telur secukupnya.
  • Untuk rambut berminyak, gunakan hanya putih telur saja.
  • Untuk rambut kering, gunakan kuning telur saja.

Cara merawat rambut secara alami menggunakan seluruh bagian telur dan kuning telur dapat dilakukan sebulan sekali, sementara perawatan rambut dengan putih telur dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok bila dibiarkan maka akan menimbulkan kebotakan. Untuk mencegah kerontokan rambut dapat digunakan sour cream (krim asam) dan plain yoghurt (yoghurt tanpa rasa) karena kandungan asam laktatnya dapat menhilangkan kotoran sementara lemak susunya dapat melembabkan.

Cara merawat rambut rontok secara alami ini dapat dilakukan dengan mengoleskan ½ cangkir krim asam atau plain yoghurt ke rambut basah yang telah dibersihkan, lalu biarkan selama 20 menit. Bilas rambut dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air dingin kemudian cucilah rambut menggunakan sampo. Cara merawat rambut secara alami ini dapat dilakukan setiap minggu.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Untuk Kulit Kepala Yang Gatal

Kulit kepala yang gatal biasanya disebabkan oleh ketombe yang muncuk karena kurangnya nutrisi, stress, pengaruh cuaca, dan faktor lainnya. Untuk memerangi ketombe ini, Anda dapat menggunakan campuran perasan jeruk lemon dan minyak zaitun. Kandungan asam dalam lemon dapat mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe, sementara minyak zaitun dapat melembabkan kulit kepala.

Campurkan 2 sdm perasan jeruk lemon segar dengan 2 sdm minyak zaitun dan 2 sdm air. Oleskan campuran tsb di kulit kepala sambil dipijat, biarkan selama 20 menit. Bilas dan cucilah rambut dengan sampo. Cara merawat rambut secara alami ini dapat dilakukan setiap minggu sampai ketombe tidak muncul lagi.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Untuk Rambut Kering

Terlalu banyak beraktivitas di bawah sinar matahari, penggunaan air sadah, ataupun penggunaan catokan rambut dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan rusak. Untuk mengatasi rambut rusak tsb dapat digunakan madu yang mampu menarik dan menjaga kelembaban rambut.

Pada rambut yang basah dan bersih, oleskan ½ cangkir madu sambil diiringi pemijatan, biarkan hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahakan 1-2 sdm minyak zaitun pada madu untuk memudahkan aplikasinya pada rambut Anda. Cara merawat rambut secara alami ini dapat Anda ulangi setiap bulan.

Bila kerusakan sangat parah, cobalah gunakan madu yang dicampur dengan 1-2 sdm kuning telur atau alpukat (yang telah dihaluskan).

Selain madu, Anda pun dapat menggunakan daging lidah buaya untuk mengembalikan kelembaban rambut.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Untuk Rambut Berminyak

Minyak yang berlebih pada kulit kepala dan rambut dapat diatasi dengan menggunakan tepung jagung. Berikut ini cara merawat rambut secara alami dengan tepung jagung:

Tuang 1 sdm tepung jagung ke dalam wadah yang memiliki tutup berlubang (seperti wadah untuk menyimpan garam ataupun merica). Lalu taburkan tepung tsb di atas kepala dan rambut yang kering, biarkan hingga 10 menit. Gunakan sikat untuk menghilangkan tepung tsb dari kepala. Cara merawat rambut secara alami ini dapat dilakukan setiap hari.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Untuk Rambut Kusut Sulit Diatur

Alpukat tak hanya dapat mengatasi rambut kering namun kandungan minyak dan protein di dalamnya merupakan kombinasi terbaik untuk memberikan nutrisi pada rambut sehingga mampu menghaluskan dan mencegah rambut kusut sulit diatur.

Haluskan ½ daging buah alpukat lalu oleskan dengan pemijatan pada rambut basah dan bersih. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Untuk memberikan efek kelembaban yang lebih kuat, tambahkan 1-2 sdm kuning telur atau mayones. Cara merawat rambut secara alami ini dapat digunakan setiap 2 minggu sekali.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Untuk Mencegah Rambut Bercabang

Permasalahan lainnya yang terjadi pada rambut adalah munculnya cabang pada ujung rambut. Biasanya masalah ini terjadi pada orang yang memiliki rambut panjang. Untuk mengatasinya, lakukanlah pemotongan ujung rambut setiap 3 bulan sekali.

Itulah beberapa cara merawat rambut secara alami yang dapat Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:    www.womansday.com/style/beauty/advice/g2276/homemade-hair-treatments/  image credit: michelemoorary.com  
Istilah Lain untuk Artikel Kesehatan Ini :
apa bagus ngerawat rambut make tepung jagung -cara agar rumah indahnya sekali dengan alami -cara membuat rambut berkilau dan mudah diatur dengan bahan yg ada d sekitar -cara merawat rambut sulaya tidak kuning -tips menjadikan ujung rambut tidak sepeti jagung -

3 Comments

  1. lilik
  2. Nina
    • admin

Leave a Reply

error: Content is protected !!