Cara Memutihkan Kulit Ketiak Secara Alami

Cara memutihkan kulit ketiak secara alami merupakan pilihan utama bagi Anda yang ingin tetap tampil cantik mempesona namun terhindar dari risiko gangguan kesehatan karena penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.

Sebagian besar kaum hawa lebih menyukai membeli produk kecantikan untuk mencerahkan kulit ketiak mereka dengan alasan lebih praktis. Namun jangan salah, cara memutihkan kulit ketiak secara alami pun dapat dilakukan dengan mudah di rumah loh.

cara memutihkan kulit ketiak secara alami


Penyebab Kulit Ketiak Gelap / Hitam

Sebelum blog Dunia Kesehatan membahas mengenai cara memutihkan kulit ketiak secara alami, alangkah baiknya bila kita mengetahui dulu penyebab hitamnya kulit ketiak.

Berikut ini adalah beberapa penyebab menggelapnya kulit ketiak yang perlu diketahui:

1. Kebiasaan mencukur bulu ketiak. Saat mencukur bulu ketiak maka akar bulu ketiak akan tertinggal di pori-pori, itulah yang kemudian menyebabkan gelapnya kulit ketiak.

2. Penggunaan deodorant / antiprespiran. Deodoran / antiprespiran biasanya digunakan untuk menghilangkan bau badan dan mengatasi keringat berlebih. Namun efek samping dari penggunaan kosmetik ini adalah menggelapnya kulit ketiak.

Baca juga: 5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Badan dan Ketiak Yang Menyengat

3. Kurangnya kebersihan. Penyebab menghitamnya kulit ketiak karena mikroorganisme tertentu dan adanya penumpukan sel kulit mati. Bersihkanlah dan mandilah secara teratur dengan menggunakan sabun antiseptic untuk mengurangi penyebaran kuman.

Cara Alami Memutihkan Kulit Ketiak

Langsung saja ke topik pembicaraan, berikut ini adalah beberapa cara mencerahkan kulit ketiak secara alami sehingga ketiak tampak lebih putih dan bebas kehitaman:

1. Hindari Penyebab Kulit Ketiak Menghitam

Cara pertama untuk memutihkan kulit ketiak adalah dengan menghindari penyebab kulit ketiak menghitam, misalnya dengan menghindari pencukuran bulu ketiak dan terus menjaga kebersihan area ketiak. Bila memang Anda menginginkan kulit ketiak yang bebas bulu dan putih bersih, sebaiknya gunakan cara “waxing” untuk melepaskan bulu ketiak sampai ke akarnya.

2. Cara Memutihkan Kulit Ketiak Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan bahan alami yang dapat Anda pilih untuk memutihkan kulit ketiak secara alami:

Lemon
Khasiat lemon untuk mencerahkan kulit memang tidak perlu diragukan lagi. Selain dapat memutihkan kulit ketiak secara alami, lemon pun dapat mengangkat sel kulit mati dan dapat juga digunakan untuk mengatasi bau badan / bau ketiak. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cukup iris buah lemon segar, lalu oleskan irisan tsb di kulit ketiak yang gelap, setelah mengering, bilaslah dengan air bersih. Agar kulit ketiak tidak kering, jangan lupa oleskan pelembap setelahnya ya …

Baca juga: Cara Efektif Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami Menggunakan Lemon

Mentimun
Seperti halnya lemon, mentimun juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit ketiak secara alami. Caranya dapat dengan mengoleskan langsung irisan mentimun ke ketiak, biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga: Ternyata Ini Loh Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Lidah Buaya
Selain enak dikonsumsi sebagai bahan minuman segar, lidah buaya pun dapat digunakan untuk melembapkan kulit dan memutihkan kulit ketiak secara alami. Caranya potong lidah buaya lalu oleskan daging buahnya ke ketiak, biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih.

Kentang
Kentang memang sangat enak digoreng, tetapi selain itu kentang pun ternyata dapat digunakan untuk memutihkan kulit ketiak secara alami. Caranya, iris kentang lalu oleskan di ketiak yang hitam, biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih. Anda pun dapat memarut kentang terlebih dahulu agar diperoleh banyak airnya, lalu oleskan air tsb di ketiak.

3. Cara Mencerahkan Kulit Ketiak Dengan Teknik Pengelupasan Kulit

Salah satu penyebab ketiak menghitam adalah banyaknya sel kulit mati yang menempel di ketiak dan sulit dibersihkan. Untuk itu diperlukan tekhik pengelupasan kulit untuk menghilangkan sel kulit mati tsb.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengelupas kulit mati di area ketiak:

Batu Apung
Bila Anda sudah terbiasa mandi menggunakan batu apung untuk menggosok tangan dan kaki, cobalah menggunakan batu apung untuk menggosok area ketiak pula. Tapi ingat, karena ketiak lebih lunak, cobalah gosok secara perlahan untuk memutihkan kulit ketiak secara alami.

Gula Merah
Gula merah selain dapat digunakan untuk membuat kolak, juga dapat digunakan sebagai bahan pengelupas sel kulit mati sehingga mampu mencerahkan dan memutihkan kulit ketiak secara alami. Caranya, siapkan 1 cangkir gula merah lalu campur dengan 3 sdm minyak zaitun lalu oleskan pada kulit ketiak, biarkan hingga 2 menit lalu bilas.

Baking Soda
Baking soda pun dapat digunakan untuk memutihkan kulit ketiak secara alami. Caranya buatlah pasta dengan mencampur baking soda dengan air atau air mawar, lalu gunakan pasta ini sebagai scrub untuk menggosok dan mengelupaskan sel kulit mati pada ketiak. Jangan lupa untuk membilas menggunakan air hangat yang bersih.

Itulah 3 cara mencerahkan dan memutihkan kulit ketiak secara alami yang mudah dan aman. Untuk hasil terbaik, gunakan cara di atas secara rutin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:   Alodokter.com, klikdokter.com, wikipedia.org   Image credit: lifestylemunch.com 

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

cara alami mengelupas sel kulit mati di ketiak#spf=1 -Cara memutihkan kulit pada bibir dan ketiak -cara mengelupaskan kulit ketiak -cara merawat kulit ketiak yg gatak 2016 -efek samping perawatan kulit ketiak dengan lidah buaya -kecantikan kulit ketiak -pengelupasan kulit mati di ketiak -prosedur pengelupasan sel kulit mati pada sulam bibir -Respon kulit yang sering puasa -

Leave a Reply

error: Content is protected !!