Ternyata Ini Loh Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita – Sakit perut termasuk salah satu penyakit yang sering dialami para wanita. Tak hanya membuat penderitanya tak nyaman, namun rasa nyeri perut ini dapat menunjukkan adanya gangguan perut karena penyakit tertentu loh ..

Rasa nyeri perut yang muncul dapat beranekaragam. Ada yang mengeluh sakit perut sebelah kiri bawah dan pinggang, sakit perut kiri atas / perut sebelah kiri atas sakit, nyeri perut di sebelah kanan atas, nyeri perut di kanan bawah, atau nyeri perut di bagian tengah. Selain pada orang dewasa, sakit perut sebelah kiri ataupun kanan dapat terjadi pada anak-anak.

Agar lebih fokus dan terperinci, pada kesempatan kali ini, Dunia Kesehatan akan membahas mengenai penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita saja. Sementara bagian lainnya akan di bahas di artikel terpisah. Biasanya yang perlu Anda waspadai adalah rasa nyeri yang muncul tiba-tiba parah dan rasa sakit perut yang terus muncul berulang. Yuk simak ulasan kenapa perut sebelah kiri sakit pada wanita atau perempuan.

penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita

source: youtube.com



Baca juga: Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Kanan Yang Wajib Diketahui

Kemungkinan Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

Salah satu penyebab nyeri perut pada wanita yang umum terjadi adalah saat menstruasi. Selain siklus bulanan, masih ada beberapa gangguan nyeri perut yang disebabkan sistem reproduksi lainnya, sistem pencernaan, dan penyakit lainnya.

Rasa nyeri yang muncul pun bisa biasa saja, sedang dan bahkan parah hingga penderita tak dapat melakukan aktivitas lainnya. Bila Anda mengalami hal demikian, jangan biarkan sakit perut mengganggu Anda, segera periksakan diri Anda dan kenalilah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita yang umum terjadi.

Yuk simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita baik nyeri perut kiri bawah maupun sakit perut sebelah kiri atas.

Baca juga: Cara Mengatasi dan Menyembuhkan Sakit Perut Berdasarkan Penyebabnya

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Pada Wanita #1: Cedera

Cedera pada bagian perut baik terkena benda tajam maupun benda tumpul seperti terjatuh, terpukul, dll dapat menyebabkan nyeri perut. Bahkan olahraga yang menggunakan otot perut secara berlebihan pun dapat pula menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita #2: Gangguan Saluran Pencernaan

Salah satu tanda umum yang muncul bila terjadi gangguan pada sistem pencernaan adalah adanya rasa sakit di perut. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita, yaitu:

Gangguan Lambung

Beberapa penyakit gangguan lambung seperti gastritis (radang lambung), tukak lambung, dan esophagitis (radang esofagus) dapat menjadi penyebab nyeri perut sebelah kiri karena memang letak lambung ada di sebelah kiri.

Gangguan lambung penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita

source: webmd.com

Bila Anda merasa memiliki riwayat penyakit ini, Anda patut curiga bahwa rasa nyeri yang sering Anda alami sekarang ini mungkin disebabkan oleh penyakit tsb. Untuk mengatasinya, lakukan dulu tindakan pengobatan penyakit tsb seperti menggunakan obat lansoprazole.

Radang Pankreas

Selain gangguan lambung, penyakit radang pakreas juga mungkin menjadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita. Seperti halnya lambung, organ pankreas pun terletak di sebelah kiri.

Sembelit / Sulit BAB

Sembelit atau konstipasi juga dapat menjadi penyebab sakit perut bagian kiri ataupun kanan. Rasa nyeri ini biasanya muncul saat akan buang air besar hingga setelahnya. Cara terbaik mengatasi sembelit adalah memperbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti pada sayuran dan buah-buahan serta menjaga tubuh tetap aktif. Salah satu buah yang berkhasiat mengatasi sembelit adalah pepaya.

Divertikulitis

diverkulitis penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita

Diverkulitis atau radang pada kantong-kantong yang ada di usur besar merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita terutama untuk Anda yang berusia di atas 60 tahun.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita #3: Gangguan Sistem Reproduksi

Gangguan sistem reproduksi merupakah salah satu penyebab nyeri perut pada wanita yang perlu diwaspadai. Beberapa gangguan tsb diantaranya adalah:

Endometriosis

endometriosis penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita

source: newkidscenter.com

Bila rasa nyeri perut yang muncul terasa sangat parah saat menstruasi, Anda patut curiga bahwa penyebabnya adalah endometriosis. Endometriosis adalah suatu penyakit dimana sel endometrium / selaput dalam rahim tumbuh dan berkembang di luar rongga rahim. Selain nyeri perut, penyakit inipun biasanya ditandai dengan pendarahan berlebih saat menstruasi.

Kista Ovarium

kista ovarium penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita

source: ovarian-cancer-facts.com

Kista ovarium adalah terbentuknya kantong berisi cairan di dalam ovarium / indung telur. Pada kasus normal, kista ini akan hilang sendiri namun pada kasus tak normal kista ini membesar dan bila pecah akan menyebabkan nyeri perut.  Penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita bisa jadi disebabkan oleh adanya kista ovarium abnormal di sebelah kiri.

Kehamilan Ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah adalah tanda hamil abnormal. Kehamilan ektopik atau kehamilan yang terjadi di luar kandungan juga merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita. Bila Anda nyeri perut dan sedang hamil, sebaiknya Anda patut curiga dan segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Tanda lainnya yang muncul adalah pendarahan saat hamil.

Baca juga: Menstruasi Saat Hamil, Mungkinkah?

Fibroid

Fibroid atau dikenal juga dengan istilah batu rahim adalah suatu kondisi dimana otot-otot di dalam rahim tumbuh secara abnormal. Jaringan keras ini akan membelah dan tumbuh secara perlahan. Kondisi ini pun bisa saja merupakan penyebab nyeri perut pada wanita.

Pelvic Inflammatory Disease / Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul disebabkan oleh infeksi bakteri pada bagian rahim, ovarium, dan juga tuba falopi. Penyakit yang termasuk penyakit menular melalui hubungan seksual ini dapat pula menjadi penyebab nyeri perut pada wanita. Selain rasa nyeri pada perut bagian bawah hingga panggul, penyakit ini pun ditandai dengan keputihan berlebih.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita #4: Penyakit Ginjal

Gangguan pada ginjal dapat pula menjadi penyebab munculnya nyeri perut seperti infeksi ginjal dan batu ginjal. Bila gangguan ginjal tsb terjadi di sebelah kiri maka menyebabkan rasa nyeri di perut kiri.

Baca juga: Tanda dan Ciri Penyakit Ginjal Yang Perlu Diketahui

Penyebab Nyeri Perut Kiri Pada Wanita #5: Penyebab Lainnya

Selain gangguan pada saluran pencernaan dan sistem reproduksi, masih ada penyebab nyeri perut sebelah kiri pada wanita lainnya seperti kanker dan pecahnya pembuluh darah di perut.

Kanker

Beberapa penyakit kanker dapat ditandai dengan nyeri perut seperti kanker usus, kanker rahim, dll. Selain nyeri perut, sakit kanker pun biasanya ditandai dengan penurunan berat badan drastis yang bukan diakibatkan karena diet ataupun latihan fisik.

Aneurisma Aorta Perut

Penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita berikutnya adalah aneurisma aorta perut yaitu suatu kondisi dimana pembuluh darah aorta perut (yang membawa darah dari jantung ke perut) pecah. Rasa nyeri yang muncul selain di bagian kiri juga dapat menyebab ke perut bagian tengah dan belakang.

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita yang perlu diketahui. Untuk penanganan dan cara mengatasi nyeri perut tsb adalah dengan cara menangani penyebabnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat …

Artikel Kesehatan ini dikenal, sbb :

sakit perut sebelah kiri -sakit perut sebelah kiri bawah dan pinggang -sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil -sakit perut kiri bawah -sakit perut sebelah kiri bawah -perut sebelah kiri sakit -nyeri perut kiri bawah -nyeri perut sebelah kiri -nyeri perut sebelah kiri bawah disertai keputihan -sakit perut bagian kiri -

Leave a Reply

error: Content is protected !!